Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Gulai Ikan Mas, Alternatif Masakan Khas Lebaran yang Tidak Kalah Sedapnya

Resep Gulai Ikan Mas, Alternatif Masakan Khas Lebaran yang Tidak Kalah Sedapnya

Gulai Ikan Mas1

Resep gulai ikan mas

Resep gulai ikan mas juga dapat dimasak untuk menu lebaran yang pastinya lezat, menggugah selera, dan dijamin menggoyang lidah.

Biasanya menu masakan khas lebaran didominasi oleh bahan protein daging ayam atau sapi. Atau bahkan, jeroan dari kedua bahan tersebut yang kurang menyehatkan tubuh.

Namun sekarang, Anda bisa menggantinya dengan bahan protein ikan. Dimana dipilih ikan mas yang mempunyai tekstur daging cukup tebal dan lembut.

Selanjutnya, ikan mas tersebut akan dimasak dengan bumbu gulai yang benar-benar sedap. Bumbu gulainya dimasak melalui bumbu dasar kuning yang identik dengan rasa gurih dan pedas.

Setelah matang nanti, masakannya dapat disantap dengan nasi putih atau potongan lontong. Selain itu, Anda juga dapat melengkapinya dengan sambal goreng krecek/ati, kerupuk udang, dan kuliner khas lebaran lainnya.

Lalu, bagaimana resep gulai ikan mas yang direkomendasikan untuk lebaran? Berikut uraian selengkapnya.

Bahan dan bumbu

  1. 1 – 2 ekor ikan mas segar ukuran besar
  2. 1 sendok makan air jeruk nipis
  3. 1 sendok teh garam
  4. 500 ml santan dari 1 butir kelapa
  5. 150 gram bumbu dasar kuning
  6. 5 buah cabai merah besar dihaluskan
  7. 10 helai kacang panjang dipotong-potong
  8. 2 batang kecombang diiris kecil
  9. 3 cm lengkuas digeprek
  10. 5 cm jahe digeprek
  11. 3 batang serai digeprek
  12. 5 lembar daun jeruk
  13. 2 buah asam Jawa
  14. 2 sendok teh garam
  15. 2 sendok teh gula pasir
  16. 1 sendok teh merica bubuk
Baca Juga :  Ikan Patin Bumbu Jahe Kukus, Lembut dan Bergizi

Cara memasak gulai ikan mas

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep gulai ikan mas dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ikan mas yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang semua sisik di tubuhnya serta kotoran di bagian insang dan perutnya. Setelah itu, potong menjadi 2 – 3 bagian karena ukurannya yang cukup besar.
  2. Masukkan potongan ikan mas ke dalam wadah baskom, lalu beri air jeruk nipis dan haram. Aduk sebentar dan diamkan sekitar 10 menit. Setelah 10 menit, bilas semua ikan dengan air bersih. Sisihkan dulu.
  3. Siapkan wadah baskom yang lain, lalu masukkan potongan ikan mas dan lumuri dengan bumbu dasar kuning beserta cabai merah halus. Aduk merata dan pastikan semua permukaannya terbaluri bumbu. Setelah itu, masukkan potongan kacang panjang ke dalam sela-sela tubuh ikan.
  4. Selanjutnya, siapkan wajan penggorengan dan rebus santan diatas api kompor sedang saja. Lalu, masukkan semua potongan ikan mas yang sudah dimarinasi. Aduk merata perlahan saja.
  5. Tambahkan ke dalam wajan batang serai, kecombrang, lengkuas, jahe, daun jeruk, dan asam Jawa. Aduk perlahan lagi.
  6. Bumbui dengan garam, gula pasir, dan merica bubuk. Kecilkan api kompor, lalu aduk perlahan lagi terus menerus agar santannya tidak pecah.
  7. Masak hingga kuah santan menyusut dan pastikan daging ikan mas sudah empuk. Jangan lupa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  8. Siapkan sebuah piring saji ukuran besar untuk plating, lalu tuangkan masakan gulai ikan mas yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya agar beraroma lebih sedap. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat atau potongan lontong saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Seblak Mie Instan, Sajian Enak kala Musim Hujan

Resep gulai ikan mas selesai dimasak seperti langkah-langkah memasak diatas. Anda yang penasaran dengan rasa masakannya silahkan dicoba memasaknya di rumah untuk disajikan saat lebaran. Selamat mencoba.

Lihat video membuat Gulai Ikan Mas

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan