Lompat ke konten
Home » Uncategorized » Cara Memasak Resep Ikan Cakalang Suwir

Cara Memasak Resep Ikan Cakalang Suwir

Cara Memasak Ikan Cakalang Suwir

Cara memasak Cakalang ikan cakalang suwir. Cakalang suwir merupakan salah satu olahan ikan khas yang berada di Manado. Tidak diolah pun rasanya sudah enak loh. 

Jika tidak salah ikan cakalang ini telah dibumbui dan sudah dilakukan proses pengasapan, sehingga  aroma nya harum. Hari ini ikan cakalang akan kita memasak memakai resep cakalang suwir pedas dimana menggunakan bumbu yang sederhana namun enak .
Ikan cakalang merupakan ikan air laut yang mempunyai daging yang padat dan mempunyai rasa yang lezat. Ikan cakalang adalah ikan yang sangat baik untuk dimakan, sebab banyak memiliki kandungan yang bagus untuk kesehatan. 

Diantaranya kandungan yang tinggi dimana berasal pada ikan cakalang yakni kandungan protein dengan kandungan omega 3 yang sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan untuk anak anda dirumah. 

Dengan begitu tentu akan membuat ikan cakalang ini menjadi menu harian anda supaya gizi anak terpenuhi. Banyak aneka masakan ikan cakalang yang dapat anda olah, sedetail itu cara membuat juga cara membuat ikan cakalang ini mempunyai rasa yang enak dan gurih. 

Untuk anda yang suka dengan masakan ikan terutama ikan cakalang, kami akan membagi Resep juga Cara Membuat Ikan Cakalang Suwir Yang Enak juga Mudah. 

Dengan Rasa yang khas pastinya memberikan hasil masakan yang wanginya sangat khas dan enak. Langsung saja, anda lihat langkah-langkahnya seperti dibawah ini.

Resep Untuk Memasak Ikan Cakalang Suwir

Bahan-bahan yang dibutuhkan tentunya bahan utamanya adalah ikan cakalang. Kemudian anda persiapkan bumbu yang akan diolah. Berikut dibawah ini adalah bahan yang harus dipersiapkan untuk proses pembuatannya :

Baca Juga :  Tahu telur puyuh cabai pedas yang menggoda, ini dia resepnya

Bahan-bahan yang disiapkan :

  1. 250 gr ikan cakalang
  2. Gula dan garam secukupnya
  3. 3 lembar daun jeruk
  4. Lalu Minyak goreng secukupnya
  5. 1 jeruk limau
  6. Seikat daun kemangi
  7. 1 ruas lengkuas
  8. 1 batang serai
  9. 1 buah tomat
  10. 1 ruas jahe
 


Bahan yang akan dihaluskan:

  1. 7 buah cabai merah
  2. 9 buah cabai rawit merah
  3. 9 buah bawang merah
  4. 1/2 sdt terasi, dibakar
  5. 1/2 sdt gula pasir
  6. 1 sdt garam

Selanjutnya adalah langkah proses memasaknya :

  1. Langkah pertama yakni kita bersihkan terlebih dahulu ikan cakalangnya, jika sudah bersih ikan kita suwir suwir.

  2. Lalu panaskan minyak goreng dan masukan ikan cakalang yang tadi telah disuwir, angkat kemudian sisihkan. 
  3. Selanjutnya panaskan lagi minyak goreng, jika sudah tumis bumbu yang tadi telah dihaluskan, kemudian tambahkan daun jeruk, jahe, serai dan lengkuas, aduk hingga wangi. 
  4. Setelah itu masukan ikan cakalang suwir, kemudian aduk sampai bumbu merata, jangan lupa sambil diaduk-aduk supaya bumbu benar-benar  meresap. 
  5. Jika sudah agak matang masukan dahulu daun kemangi dan juga jeruk limau,tomat lalu masak lagi sebentar. Angkat dan siap untuk disajikan
Resep Cara memasak Ikan Cakalang Suwir Yang enak yang dapat anda praktekan di rumah. Bahan yang tidak sulit ditemukan juga cara pengolahan yang sederhana. 
Ikan cakalang suwir bisa dinikmati di tengah-tengah keluarga anda. Biasakan untuk anak anda mengkonsumsi masakan ikan cakalang tidak ada salahnya mencoba sebab ikan cakalang ini mengandung banyak protein yang bagus bagi tubuh anda, selain itu, mereka juga merasakan kenikmatan masakan dari ikan cakalang oleh tangan anda sendiri.
Resep Kedua Ikan Cakalang

Bahan yang harus anda siapkan adalah sebagai berikut:

  1. 1 ekor ikan cakalang asap
  2. (350 gram)
  3. 8 lembar daun jeruk purut
  4. 1 ruas jari jahe, dimemarkan
  5. 1 ruas jari lengkuas, dimemarkan
  6. 2 batang serai, dimemarkan 2 sendok teh air jeruk nipis 1 ikat daun kemangi (ambil daunnya)


Bahan yang ditumbuk kasar

  1. 10 buah cabai merah ukuran besar
  2. 10 buah cabai rawit merah
  3. 8 buah bawang merah
  4. 1 sendok makan terasi goreng
  5. 1/4 sendok teh garam
  6. 1/2 sendok teh gula pasir


Cara untuk mengolahnya adalah:

  1. pertama anda mencuci dahulu ikan cakalang, lalu anda suwir-suwir. Lalu anda sisihkan
  2. kedua anda panaskan minyak goreng untuk ditumis dengan bahan bumbu yang telah ditumbuk kasar, kemudian tambah daun jeruk, jahe, lengkuas juga serai, campur sampai matang dan tercium wangi
  3. Ketiga anda tambah ikan cakalang suwir, campurkan, lalu masukan perasan air jeruk dan daun kemangi, campur sampai merata. Setelah Matang anda angkat. Lalu anda hidangkan bersama keluarga dirumah.

Sumber referensi :


Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info