Kamis, 19 November 2020

Membuat Resep Kue Nastar dengan Wajan

Resep Kue Nastar Dengan Wajan

Resep kue nastar dapat dibuat meskipun anda tidak mempunyai oven. Kue nastar ini menjadi cemilan kue yang wajib ada saat hari raya idul fitri datang. Resep kue nastar yang memakai selai nanas ini biasanya diolah memakai oven, namun apabila tidak mempunyai oven anda bisa mengolahnya dengan memakai wajan atau teflon.

Cara Membuat Resep Kue Nastar Dengan Wajan

Cara membuat kue nastar dengan wajan tidaklah sulit namun terbilang mudah, sama pada saat mengolah nastar dengan memakai oven namun yang membuat beda adalah mengolahnya  memakai wajan atau teflon. Pembuatan kue nastar ini berasal dari campuran adonan seperti  terigu, gula, mentega dan telur, cara membuat kue nastar biasanya akan dibentuk model setengah bola dengan tambahan kismis diatasnya. Berikut dibawah ini adalah resep dan bahan yang akan dipakai untuk membuat kue nastar.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue nastar menggunakan wajan yakni:

  1. 260 gr tepung terigu yang rendah protein
  2. 160 gr margarin
  3. 60 gr mentega besar
  4. 3 kuning telur
  5. 3 sdm gula halus
  6. 2 sdm susu bubuk  rasa vanila
  7. 1/4 sendok teh garam

Untuk bahan olesannya adalah:

  1. 3  kuning telur
  2. 1 sdm minyak goreng
  3. 1/4 susu kental manis rasa vanila
  4. Kemudian sejumput garam

Lalu selanjutnya bahan untuk selai nanasnya :

  1. 190 gr gula
  2. 60 gr gula merah
  3. 2 buah nanas dengan ukuran besar
  4. 1 kayu manis
  5. 1 buah pekak
  6. 1 sdm minyak goreng
  7. Dan terakhir garam secukupnya

Setelah itu dibawah ini adalah proses pembuatan untuk selai nanasnya :

  1. Tahap pertama adalah kupas terlebih dahulu buah nanas, lalu potong buah nanas menjadi kecil, jika sudah anda blender buah nanas sampai halus.
  2. Setelah itu panaskan wajan di atas kompor, langkah selanjutnya masukkan nanas yang sudah diblender tadi bersamaan dengan kayu manis, garam, gula aren, dan pekak,  masaklah menggunakan api sedang. 
  3. selanjutnya tunggu hingga adonan selai mengental, jika sudah mengental masukkan gula dan minyak. Aduk rata beberapa saat, kemudian matikan kompor setelah itu sisihkan dan dinginkan selai beberapa menit.
 

Lalu langkah membuat adonan nastar nya :

  1. Campurkan mentega bersama gula halus, lalu aduk hingga halus. Jika sudah masukkan kuning telur. kemudian masukkan terigu pelan-pelan hingga sudah tidak tersisa lalu sambil diaduk hingga tercampur rata, lalu buatlah adonan hingga rata dan lembut . 
  2. Selanjutnya adonan dibentuk bulat, jika sudah bulat beri isian selai nanas lalu bulatkan kembali adonan. Siapkan loyang bulat yang telah  dilapisi kertas roti.   Fungsi dari kertas roti adalah untuk olesan di atas adonan kemudian siapkan 1 pcs kuning telur yang telah dicampur menggunakan 1 sdm minyak goreng. Olesi bagian atas nastar menggunakan campuran telur kuning. Jika sudah semua susun diatas loyang yang telah diberi alas kertas roti.

Proses pemanggangan kue nastar :

Persiapkan  Loyang diatas teflon lalu panaskan. panggang kue nastar selama 20 menit, lalu oles kue nastar memakai bahan olesan yang tadi dibuat. Anda juga dapat memanggang memakai pemanggang electric . jika sudah tutup loyang tunggulah hingga 15 menit hingga kue nastar matang. Jika sudah dirasa matang kue nastar siap untuk diangkat dan dihidangkan.

Sumber referensi:

Disqus Comments