Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Mendol Tempe untuk Hidangan Ngumpul Bareng

Membuat Mendol Tempe untuk Hidangan Ngumpul Bareng

Membuat Mendol Tempe

Membuat Mendol Tempe

Bahan-bahan

  1. 100 gram Tempe Kedelai (sudah 4-5 hari di kulkas)
  2. 1 lembar Daun Jeruk
  3. 2 butir Bawang Merah
  4. 1 siung Bawang Putih
  5. 1 buah Cabe Rawit / sesuai selera
  6. 1/2 sdt Ketumbar
  7. 2 cm Kencur
  8. secukupnya Garam
  9. secukupnya Minyak

Langkah-Langkah Pembuatan Tempe Mendol

  1. Langkah pertama dalam pembuatan tempe mendol adalah merendam dan mengupas kedelai[1]. Rendam kedelai semalaman dalam air hingga lunak, lalu buang kulitnya hingga bersih. Proses ini penting untuk memastikan kedelai bebas dari kotoran dan siap dimasak. Kedelai yang sudah dikupas bisa direbus dengan air dan dikeringkan dengan bunga telang sehingga tempe akan berwarna biru khasnya. Langkah ini sangat penting untuk mendapatkan tekstur dan rasa tempe mendol yang diinginkan.
  2. Setelah kedelai direbus, perlu dicampur dengan cuka dan starter tempe [3]. Cuka adalah larutan cuka yang digunakan untuk mengatur tingkat pH campuran kedelai, yang penting untuk pertumbuhan starter tempe. Starter tempe merupakan kultur jamur Rhizopus yang ditambahkan ke dalam campuran kedelai untuk memulai proses fermentasi. Campuran tersebut kemudian diaduk dan diaduk rata, pastikan starter tempe merata ke seluruh kedelai [1]. Langkah ini penting untuk memastikan kedelai difermentasi secara merata dan tempe memiliki tekstur dan rasa yang konsisten.
  3. Langkah terakhir dalam pembuatan tempe mendol adalah proses fermentasi[4]. Campuran kedelai perlu didiamkan selama 24 hingga 36 jam, tergantung tekstur dan rasa yang diinginkan. Selama waktu tersebut, kapang Rhizopus akan tumbuh dan menyebar ke seluruh tanaman kedelai sehingga membentuk balok tempe yang padat. Setelah proses fermentasi selesai, tempe dapat dipotong segitiga, dibungkus dengan daun pisang, dan dikukus selama 30 hingga 45 menit[6]. Hasil akhirnya adalah camilan atau lauk pauk yang lezat dan bergizi, tinggi protein dan serat, serta rendah lemak.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Kedelai Berkualitas Tinggi** – Pilih kedelai organik non-transgenik untuk pembuatan tempe mendol. Carilah kedelai dengan ukuran yang seragam dan warna yang konsisten, karena ini merupakan indikator kualitas biji yang tinggi. Hindari kedelai yang warnanya berubah, rusak, atau berbau apek, karena dapat mempengaruhi rasa dan tekstur akhir tempe.

Baca Juga :  Resep Sup Bayam Kenari, segar dan kaya akan nutrisi

**Kebersihan dan Sanitasi yang Benar** – Jaga kebersihan dan sanitasi lingkungan saat pembuatan tempe mendol untuk mencegah tumbuhnya bakteri berbahaya. Ini termasuk mensterilkan peralatan seperti nampan, wadah, dan peralatan sebelum digunakan. Praktik kebersihan yang benar, seperti mencuci tangan dengan bersih dan menggunakan kain bersih, sangat penting untuk mencegah kontaminasi selama proses fermentasi.

**Kondisi Fermentasi Optimal** – Pertahankan suhu dan tingkat kelembapan yang konsisten selama proses fermentasi. Suhu ideal untuk fermentasi tempe mendol adalah sekitar 30°C (86°F), dengan tingkat kelembapan sekitar 80%. Gunakan termometer dan higrometer untuk memantau dan mengatur kondisi ini, karena variasi dapat mempengaruhi kualitas tempe.

**Inokulasi Rhizopus Oligosporus** – Gunakan kultur starter berkualitas tinggi yang mengandung Rhizopus oligosporus untuk menginokulasi kedelai. Inokulum harus didistribusikan secara merata ke seluruh kedelai untuk memastikan fermentasi seragam. Mengikuti tingkat inokulasi yang direkomendasikan oleh produsen kultur starter sangat penting untuk mencapai tekstur dan rasa yang diinginkan pada produk akhir tempe.

**Memantau Kemajuan Fermentasi** – Pantau secara rutin perkembangan fermentasi dengan mengamati pertumbuhan miselium putih pada kedelai. Hal ini menunjukkan perkembangan tempe yang baik. Selain itu, perhatikan bau tidak sedap atau perubahan warna yang mungkin menandakan pembusukan. Pemantauan yang tepat memungkinkan dilakukannya penyesuaian tepat waktu dan memastikan produksi tempe mendol berkualitas tinggi. Dengan mengikuti tips dan praktik terbaik berikut, Anda dapat meningkatkan kualitas dan konsistensi produksi tempe mendol sekaligus memastikan keamanan pangan dan hasil yang lezat.

Baca Juga :  Asinan Rambutan, MANIS KECUT PEDAS KEMECER DI LIDAH

FAQ

Q: Bagaimana langkah-langkah pembuatan tempe mendol? A: Prosesnya yaitu dengan merendam dan mengupas kedelai, memasaknya, mencampurkannya dengan cuka dan starter tempe, lalu memfermentasi campuran tersebut hingga menjadi tempe.

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat tempe mendol? A: Keseluruhan proses pembuatan tempe mendol biasanya memakan waktu sekitar 48-72 jam, meliputi perendaman, pemasakan, fermentasi, dan pendiaman tempe.

Q: Apa tujuan perendaman dan pengupasan kedelai pada proses pembuatan tempe mendol? A: Merendam kedelai membantu melembutkannya sehingga kulit luarnya lebih mudah dihilangkan. Mengupas kedelai penting dilakukan karena kulitnya dapat menghambat fermentasi yang baik dan mempengaruhi tekstur tempe.

Q: Apa peranan cuka dan starter tempe dalam pembuatan tempe mendol? A: Cuka memberikan keasaman, menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan kultur starter tempe. Starter tempe mengandung spora Rhizopus oligosporus, jamur yang memulai proses fermentasi dan mengubah kedelai menjadi tempe.

Q: Apakah tempe mendol bisa dibuat dengan variasi atau bahan tambahan yang berbeda? A: Meskipun metode tradisional menggunakan kedelai, cuka, dan starter tempe, variasi dapat dilakukan dengan menambahkan biji-bijian atau biji-bijian lain seperti kacang polong, buncis, atau millet. Namun proses fermentasi dan penggunaan starter tempe tetap penting dalam pembuatan tempe.

Referensi : 

1.   Cara Membuat Tempe untuk Pemula ala Tempe Movement.  (n.d.)   Diperoleh February 9, 2024, dari www.kompas.com 

Baca Juga :  Resep Puding Susu Nutrijell, tekstur lembut dan rasa manis yang lezat

2.   Cara Bikin Tempe Bunga Telang Homemade.  (n.d.)   Diperoleh February 9, 2024, dari cookpad.web.id 

3.   Mendol Tempe Kacang Balut Tepung (Khas Malang).  (n.d.)   Diperoleh February 9, 2024, dari cookpad.com 

4.   5 Resep Tempe Rumahan Enak yang Sederhana dan Sedap.  (n.d.)   Diperoleh February 9, 2024, dari www.ninikpsmalang.net 

5.   resep mendol tempe | KERIPIK | KRIPIK | OLEH OLEH | KHAS.  (n.d.)   Diperoleh February 9, 2024, dari anekakeripikmalang.com/tag/resep-mendol-tempe/ 

6.   Sejarah Mendol, Makanan Khas Malang dari Tempe Busuk.  (n.d.)   Diperoleh February 9, 2024, dari www.kompas.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info