Sabtu, 17 Oktober 2020

Resep Mendol Tempe, Sensasi Gurihnya Melekat

Resep Mendol Tempe



Indonesia memang surganya kuliner, hal ini memang di Indonesia sangat kaya bahan alam termasuk rempah-rempahnya. Sehingga dengan sedikit sentuhan saja sudah menjadi berbagai macam produk yang berbeda.

salah satu kuliner yang memiliki fans sendiri yaitu olahan Mendol. Mendol sendiri adalah olahan tempe yang disandingkan dengan nasi pecel, nasi urap atau rawon. Mendol sendiri memang mirip dengan perkedel seperti rasanya yang pedas, wangi dan gurih.

Bahan untuk membuat mendol sendiri adalah tempe basi, atau orang jawa biasanya menyebut dengan tempe bosok. Tempe bosok ini kemudian dicampur dengan berbagai rempah Indonesia dan terciptalah Mendol yang enak banget.

Membuat Mendol Tempe Goreng tidaklah sulit ya moms, bahan dasarnya pasti tempe bosok dan dicampur dengan rempah lainnya yang mudah sekali didapatkan. Oke deh, tanpa berlama-lama lagi. Yuk, kita buat Mendol Tempe Goreng dirumah aja.

Bahan-Bahan:

  1. 300 gram tempe
  2. 500 gram minyak untuk menggoreng
  3. 1/4 sendok teh gula pasir
  4. 2 lembar daun jeruk, iris halus
  5. 1 sendok makan daun bawang iris halus
  6. 1 sendok teh garam

Bumbu yang Dihaluskan:

  1. 3 butir bawang merah
  2. 2 cm kencur
  3. 1/4 sendok teh ketumbar
  4. 2 siung bawang putih
  5. Cabai Rawit ( optional )

Langkah-langkah membuat Mendol Tempe yang enak dan gurih :

  1. Potong tempe basi atau tempe bosoknya menjadi bagian yang lebih kecil kemudian masukan ke dalam wadah ulekan.
  2. Hancurkan tempe potongan tadi dengan menggunakan ulekan sampai sedikit kasar, atau jika ingin lebih mudah gunakan pemukul agar lebih mudah menghaluskan. tumbuk tempe hingga menghasilkan serpihan kasar.
  3. Setelah sudah terlihat serpihan kasar, kemudian tempe masukan ke dalam baskom. Sisihkan
  4. Siapkan bumbu-bumbunya, bersihkan kulit dan potong tipis-tipis.
  5. Masukan bumbu-bumbunya yang sudah diiris-iris tipis tadi ke dalam baskom tempe seperti daun jeruk, daun bawang, gula dan garam. aduk-aduk sampai merata.
  6. Setelah semua tercampur, tambahkan bumbu halusnya ke dalam baskom dan aduk-aduk lagi hingga merata.
  7. Adonan sudah merata, kali ini tinggal mempersiapkan untuk mencetak adonan sesuai selera. Siapkan plastik sebagai alas, ambil sedikit adonan kemudian gulungkan hingga menjadi bentuk pipih dan sisihkan. Lakukan hal ini sampai semua adonan habis.
  8. Siapkan panci dan minyak, panaskan. Nyalakan dengan api sedang kemudian goreng satu persatu Mendol Tempenya hingga matang.
  9. Mendol Tempe Goreng yang lezat, gurih dan nikmat siap di hidangkan selagi panas. Selamat menikmati dan mencoba ya moms.

TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments