Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Cumi Kangkung Saus Tiram, Cocok untuk Buka Puasa

Cumi Kangkung Saus Tiram, Cocok untuk Buka Puasa

Cumi Kangkung Saus Tiram (1)

Resep cumi kangkung saus tiram

Resep cumi kangkung saus tiram yang satu ini harus Anda coba masak sendiri di rumah, lalu mencicipinya. Tidak begitu sulit memasaknya dan rasanya dijamin menggugah selera.

Asalkan dimasak dengan cara yang direkomendasikan. Pasalnya, memasak cumi harus tepat. Tidak boleh terlalu lama dan terlalu cepat.

Jika terlalu lama, daging cumi menjadi alot atau keras. Sementara jika dimasak terlalu cepat, dagingnya undercook alias masih mentah. Jadi, Anda perlu mengetahui tingkat kesulitan memasaknya.

Daging cumi yang kenyal itu akan dimasak dengan sayur kangkung dan dikombinasikan bumbu saus tiram. Sangat cocok dijadikan menu makan siang keluarga.

Lalu, bagaimana cara memasak resep cumi kangkung saus tiram yang direkomendasikan? Berikut informasi selengkapnya yang harus Anda baca.

Bahan-bahan

  1. 500 gram cumi segar ukuran sedang
  2. 2 ikat kangkung segar dibersihkan dan dipotong-potong
  3. 3 sendok makan saus tiram
  4. 1 sendok teh garam
  5. 1 sendok teh gula pasir
  6. 1 buah jeruk nipis
  7. Air secukupnya
  8. Minyak goreng secukupnya untuk menumis
Baca Juga :  Rabeg Daging Manis Gurih Bikin Ketagihan

Bumbu yang diiris

  1. 5 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 2 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  4. 2 buah cabai merah besar

Cara memasak cumi kangkung saus tiram

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep cumi kangkung saus tiram dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua cumi di bawah air mengalir. Buang tinda dan plastik di dalam tubuhnya. Jika ukuran cumi terlalu besar, Anda dapat memotongnya menjadi beberapa bagian atau sesuai selera.
  2. Setelah itu, masukkan semua cumi ke dalam wadah, lalu beri perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya. Aduk merata dan diamkan sekitar 15 menit. Setelahnya, bersihkan lagi cumi dengan air hingga bersih. Sisihkan.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, masukkan semua bumbu iris ke dalam wajan dan tumis hingga harum.
  4. Masukkan potongan cumi ke dalamnya, lalu aduk merata. Masak hingga cumi berubah warna. Tambahkan potongan kangkung. Masak hingga layu.
  5. Masukkan air secukupnya, lalu bumbui dengan saus tiram, garam, dan gula pasir. Aduk merata. Jangan lupa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah pas, matikan kompor karena masakan sudah matang. Siap disajikan.
  6. Siapkan piring saji untuk plating. Tuangkan masakan cumi kangkung saus tiram yang sudah matang diatas piring. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Lengkapi dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Bakso Bakar dan Bumbunya, Siap Temani Pergantian Tahun

Cukup mudah bukan memasak resep cumi kangkung saus tiram? Oleh karena itu, silahkan coba memasaknya sendiri di rumah. Setelah matang, ajak seluruh anggota keluarga dan orang terdekat untuk menyantapnya bersama. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan