Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Tumis Kangkung, sederhana namun lezat

Resep Tumis Kangkung, sederhana namun lezat

Resep Tumis Kangkung (2)

Resep Tumis Kangkung

Recipe By siti
Course: pemula Cusine:china Difficulty:mudah

Servings

4 minutes

Preparing Time

20 minutes

Cooking Time

15 minutes

Calories

150 kcal

INGREDIENTS

  1. kangkung segar yang sudah dicuci bersih

  2. bawang putih

  3. bawang merah

  4. cabai merah besar

  5. garam

  6. gula

  7. minyak goreng untuk menumis

  8. kecap manis

  9. saus tiram

DIRECTION

  1. Langkah pertama

    Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menumis bawang putih dan bawang merah hingga harum.

  2. Setelah itu

    Setelah itu, masukkan cabai merah besar yang sudah diiris tipis dan tumis hingga layu. Kemudian, masukkan kangkung dan aduk merata.

  3. Tambahkan

    Tambahkan garam, gula, kecap manis, dan saus tiram secukupnya. Aduk rata dan masak hingga kangkung layu namun tetap renyah.

  4. Pastikan

    Pastikan untuk terus diaduk agar bumbu meresap sempurna ke dalam kangkung.

  5. Setelah matang

    Setelah matang, angkat dan sajikan tumis kangkung hangat sebagai pelengkap makanan Anda.

NOTES

    <a href="https://www.topwisata.info/2024/04/resep-tumis-kangkung-ini-video-membuatnya.html">Lihat video membuatnya</a>

Siapa yang tidak suka dengan tumis kangkung? Masakan yang sederhana namun lezat ini menjadi favorit banyak orang, baik di rumah maupun di restoran. Tumis kangkung juga dikenal sebagai masakan yang mudah dan cepat untuk disiapkan, sehingga cocok bagi Anda yang memiliki waktu terbatas namun tetap ingin menyajikan hidangan yang lezat dan bergizi. Kangkung sendiri mengandung banyak nutrisi dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Dengan sedikit bumbu dan teknik memasak yang tepat, Anda bisa menyajikan tumis kangkung yang nikmat dan sehat.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Untuk membuat tumis kangkung yang lezat, Anda memerlukan bahan-bahan yang sederhana namun segar. Bahan utama tentu saja adalah kangkung segar yang sudah dicuci bersih. Selain itu, Anda juga memerlukan bawang putih, bawang merah, cabai merah besar, garam, gula, dan minyak goreng untuk menumis. Bahan tambahan seperti kecap manis dan saus tiram bisa ditambahkan untuk menambah cita rasa tumis kangkung Anda. Pastikan semua bahan yang digunakan dalam keadaan segar untuk mendapatkan hasil masakan yang terbaik.

Baca Juga :  Resep Makanan Tongseng Daging Sapi

Langkah-Langkah Memasak Tumis Kangkung

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Setelah itu, masukkan cabai merah besar yang sudah diiris tipis dan tumis hingga layu. Kemudian, masukkan kangkung dan aduk merata. Tambahkan garam, gula, kecap manis, dan saus tiram secukupnya. Aduk rata dan masak hingga kangkung layu namun tetap renyah. Pastikan untuk terus diaduk agar bumbu meresap sempurna ke dalam kangkung. Setelah matang, angkat dan sajikan tumis kangkung hangat sebagai pelengkap makanan Anda.

Tips Memasak Tumis Kangkung yang Lezat

Agar tumis kangkung yang Anda buat memiliki rasa yang lezat, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Pertama, pastikan kangkung yang digunakan masih segar dan tidak layu. Hal ini akan mempengaruhi tekstur dan rasa tumis kangkung Anda. Kedua, jangan terlalu lama memasak kangkung agar tetap renyah dan tidak lembek. Ketiga, sesuaikan penggunaan bumbu dan saus agar sesuai dengan selera Anda. Anda juga bisa menambahkan bahan lain seperti daging ayam atau udang untuk variasi tumis kangkung yang lebih beragam.

Variasi Tumis Kangkung yang Bisa Anda Coba

Selain tumis kangkung biasa, Anda juga bisa mencoba variasi tumis kangkung dengan bahan tambahan yang berbeda. Misalnya, tumis kangkung dengan telur puyuh atau tahu sebagai tambahan protein. Anda juga bisa menambahkan jamur atau wortel untuk menambah tekstur dan rasa pada tumis kangkung Anda. Jika Anda menyukai makanan pedas, tambahkan potongan cabe rawit saat menumis tumis kangkung. Variasi ini akan memberikan sensasi pedas yang menggugah selera.

Baca Juga :  Inilah Tongseng Kambing Ala Rumahan yang Rasanya Dijamin Lezat

Kelezatan Tumis Kangkung yang Menggoda Selera

Tumis kangkung memang tidak pernah gagal untuk memanjakan lidah kita. Dengan rasa yang gurih, segar, dan sedikit pedas, tumis kangkung bisa menjadi pilihan menu sehari-hari yang lezat dan bergizi. Selain mudah dalam penyajiannya, tumis kangkung juga cocok untuk semua kalangan usia. Dengan mengikuti resep dan langkah-langkah di atas, Anda bisa menciptakan tumis kangkung yang lezat dan menggoda selera untuk dinikmati bersama keluarga tercinta.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Apakah saya bisa menggunakan kangkung kalengan untuk membuat tumis kangkung? Ya, Anda bisa menggunakan kangkung kalengan jika tidak menemukan kangkung segar. Namun, pastikan untuk menyaring air kalengan kangkung terlebih dahulu sebelum dimasak untuk menghindari rasa yang terlalu asin.

Bisakah saya menyimpan sisa tumis kangkung di dalam lemari es? Tentu, Anda bisa menyimpan sisa tumis kangkung di dalam lemari es selama 1-2 hari. Pastikan untuk memasukkannya dalam wadah kedap udara agar tetap segar.

Apakah saya bisa menambahkan kecap ikan ke dalam tumis kangkung? Tentu, Anda bisa menambahkan kecap ikan sebagai tambahan bumbu pada tumis kangkung. Kecap ikan akan memberikan cita rasa yang gurih pada masakan Anda.

Baca Juga :  Resep Belut Goreng Sambal Kemiri, Menu Lauk Sederhana, Lezat, dan Tinggi Nutrisi

Bagaimana cara membuat tumis kangkung yang lebih pedas? Untuk membuat tumis kangkung yang lebih pedas, tambahkan potongan cabe rawit atau cabe merah ke dalam tumisan bumbu. Anda juga bisa menambahkan saus sambal untuk menambah tingkat kepedasan tumis kangkung Anda.

Terima kasih telah membaca artikel tentang resep tumis kangkung ini. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam mengolah kangkung menjadi hidangan lezat dan sehat untuk keluarga tercinta. Selamat mencoba dan selamat menikmati tumis kangkung yang Anda buat!

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info