Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Cah Kangkung ala Resto

Resep Cah Kangkung ala Resto

Resep Cah Kangkung (2)

Resep Cah Kangkung

Cara membuat Cah Kangkung

Cah Kangkung adalah masakan populer Indonesia yang terbuat dari kangkung atau kangkung. Untuk menyiapkan Cah Kangkung, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut ini[1][2][3]: 

  • 1-2 ikat kangkung atau kangkung 
  • Bawang putih 
  • Bawang bombai 
  • Cabai merah dan hijau 
  • Garam 
  • Minyak goreng

Untuk memasak Cah Kangkung, ikuti langkah-langkah sederhana berikut ini[4][1][2][3][5][6]: – Bersihkan kangkung atau kangkung lalu potong kecil-kecil. 

  • Tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai dalam wajan dengan minyak goreng hingga harum. 
  • Masukkan kangkung atau kangkung ke dalam wajan lalu tumis beberapa menit hingga layu. 
  • Bumbui dengan garam sesuai selera. Resep dasar ini dapat dengan mudah disesuaikan dengan bahan tambahan atau variasi[7][8][9][10]. 

Misalnya, Anda bisa menambahkan udang, bakso, atau saus tiram ke dalam masakan untuk menambah cita rasa.

Jika Anda mencari variasi Cah Kangkung yang berbeda, cobalah Tumis Bayam Air dengan Bakso[2].

Dalam resep ini, kangkung ditumis dengan bakso sapi atau ayam yang diiris tipis, bawang putih, dan terasi. Hasilnya adalah hidangan gurih dan lezat yang bisa disajikan sebagai hidangan utama atau lauk.

Dengan bahan yang sederhana dan cara pembuatan yang mudah, Cah Kangkung menjadi sajian serbaguna dan sehat yang bisa dinikmati siapa saja.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Bahan Segar Itu Penting** – Dalam membuat Cah Kangkung, penggunaan bahan-bahan yang segar dan berkualitas sangatlah penting. Kangkung, juga dikenal sebagai kangkung, harus berwarna hijau cerah dan renyah, sedangkan udangnya harus keras dan tidak berbau. Rasa dan tekstur masakan secara keseluruhan sangat bergantung pada kesegaran bahan.

Baca Juga :  Membuat Kue Akar Kelapa Istimewa untuk Lebaran Spesial

**Bersihkan dan Siapkan Kangkung dengan Benar** – Cuci kangkung sampai bersih untuk menghilangkan kotoran atau kotoran. Pangkas ujung yang keras dan daun yang layu. Dengan membersihkan dan menyiapkan kangkung dengan benar, Anda memastikan hidangan tersebut mempertahankan rasa segar dan cerahnya.

**Menyeimbangkan Rasa** – Mencapai keseimbangan rasa yang sempurna sangat penting dalam Cah Kangkung. Hidangannya harus memiliki perpaduan harmonis antara manis, asin, asam, dan pedas. Menyeimbangkan jumlah kecap, saus tiram, air jeruk nipis, dan cabai memastikan profil rasa yang utuh dan lezat.

**Memasak Cepat** – Cah Kangkung merupakan masakan tumis yang memerlukan pemasakan cepat untuk menjaga kerenyahan kangkung dan kelembutan udang. Memasak terlalu lama dapat menyebabkan tekstur lembek dan hilangnya rasa. Kuncinya adalah menggoreng bahan-bahan dengan api besar dalam waktu singkat, menjaga kesegaran dan integritasnya.

**Sajikan Segera** – Setelah Cah Kangkung matang, sebaiknya segera disajikan untuk menikmatinya sebaik mungkin. Warna-warna cerah dan tekstur hidangan paling menarik saat disajikan segar dan panas. Menunda penyajian dapat menyebabkan kangkung layu dan udang kehilangan tekstur halusnya.

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Cah Kangkung? A: Untuk membuat Cah Kangkung, Anda membutuhkan kangkung, bawang putih, bawang merah, cabai merah, terasi, garam, gula, dan minyak goreng.

Q: Bisakah anda memberikan langkah-langkah membuat Cah Kangkung? A: Tentu. Pertama, cuci kangkung hingga bersih dan potong-potong sesuai panjang yang bisa diatur. Kemudian siapkan bumbu halusnya dengan cara haluskan bawang putih, bawang merah, dan cabai merah. Selanjutnya panaskan sedikit minyak dalam wajan, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan terasi, lalu masukkan kangkung. Terakhir bumbui dengan garam dan gula pasir, lalu tumis hingga kangkung matang.

Baca Juga :  Inilah Resep Tahu Jeletot Sayur yang Harus Anda Coba di Rumah

Q: Apa saja tambahan atau variasi opsional untuk Cah Kangkung? A: Anda bisa menambahkan protein seperti udang, tahu, atau tempe untuk melengkapi hidangannya. Beberapa orang juga suka menambahkan tomat atau kedelai fermentasi (tauco) untuk menambah rasa.

Q: Bolehkah saya mengganti kangkung dengan sayuran lain pada resep ini? A: Meskipun kangkung memiliki rasa dan tekstur yang unik, namun jika tidak tersedia, Anda bisa menggantinya dengan sayuran berdaun hijau lainnya seperti bayam, kangkung, atau bok choy. Namun, profil rasanya akan berbeda.

Q: Apakah Cah Kangkung termasuk masakan yang pedas? A: Tingkat kepedasan Cah Kangkung bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Jika Anda lebih menyukai rasa yang lebih lembut, Anda bisa mengurangi jumlah cabai merah yang digunakan dalam resepnya.

Referensi :

1.   Resep Cah Kangkung Bawang Putih yang Lezat dan Gurih.  (n.d.)   Retrieved January 4, 2024, from www.fimela.com 

2.   8 Resep Cah Kangkung dan Tumis Kangkung yang Enak, ….  (n.d.)   Retrieved January 4, 2024, from www.idntimes.com 

3.   Resep Cah Kangkung oleh nChef Joy.  (n.d.)   Retrieved January 4, 2024, from cookpad.com/id/resep/175537-cah-kangkung 

4.   10 Resep cah kangkung ala rumahan, enak dan praktis.  (n.d.)   Retrieved January 4, 2024, from www.briliofood.net 

5.   5 Resep Cah Kangkung yang Enak dan Sehat, Mudah ….  (n.d.)   Retrieved January 4, 2024, from www.merdeka.com 

Baca Juga :  Resep Udang Mentega Sederhana, Favorit Anak-anak

6.   Resep Cah Kangkung ala Restoran Seafood.  (n.d.)   Retrieved January 4, 2024, from www.kompas.com 

7.   1.738 resep cah kangkung udang enak dan mudah.  (n.d.)   Retrieved January 4, 2024, from cookpad.com/id/cari/cah%20kangkung%20udang 

8.   Resep Tumis Kangkung Saus Tiram, Masakan Rumahan ….  (n.d.)   Retrieved January 4, 2024, from www.kompas.com 

9.   Resep Kangkung Kuah Santan, Variasi Masak ….  (n.d.)   Retrieved January 4, 2024, from www.kompas.com 

10.   Resep Tumis Kangkung Belacan.  (n.d.)   Retrieved January 4, 2024, from www.justtryandtaste.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info