Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Tumis Kangkung, Hidangan Enak dan Hemat

Membuat Tumis Kangkung, Hidangan Enak dan Hemat

Membuat Tumis Kangkung (2)

Membuat Tumis Kangkung

Bahan-bahan

  1. 1 ikat kangkung
  2. 2 bawang merah
  3. 1 bawang putih
  4. 2 cabai merah
  5. 3 cabai rawit
  6. Gula garam saus tiram
  7. Minyak untuk menumis

Cara membuat tumis kangkung

  1. Untuk membuat tumis kangkung yang lezat, pertama-tama kita harus menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan[1]. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan: – 3 bawang merah, iris tipis – 3 siung bawang putih, iris tipis – 1 ruas lengkuas, dimemarkan dan potong-potong – 1 ikat kangkung, ambil daunnya dan cuci bersih
  2. Setelah semua bahan siap, langkah selanjutnya adalah memasak hidangan. Untuk memasak tumis kangkung, ikuti langkah-langkah berikut ini[2]: – Panaskan minyak di atas wajan – Tumis bawang merah, bawang putih, dan lengkuas hingga harum – Masukkan kangkung dan aduk hingga lay – Tambahkan garam dan gula secukupnya – Aduk rata dan hidangkan
  3. Setelah hidangan selesai matang, sekarang saatnya menyajikan dan menikmati tumis kangkung. Hidangan ini dapat disajikan sebagai lauk utama atau sebagai pendamping nasi[3]. Tumis kangkung yang lezat dapat disajikan dengan nasi putih hangat dan sambal terasi. Selamat menikmati!

Tip Dan Praktik Terbaik

**Pilih Bayam Air Segar dan Renyah** – Pilih kangkung yang segar, renyah, dan warnanya cerah. Carilah batang yang kokoh dan daun berwarna hijau cerah tanpa ada yang layu atau menguning. Hal ini memastikan kangkung tumis memiliki tekstur yang enak dan rasa yang cerah.

Baca Juga :  Resep Rica-Rica Mentok hidangan khas daerah Bangka Belitung

**Bersihkan dan Keringkan Bayam Air Secara Menyeluruh** – Setelah memilih kangkung, bersihkan secara menyeluruh untuk menghilangkan kotoran atau kotoran. Pangkas ujungnya dan cuci batang dan daunnya dengan air dingin yang mengalir. Tepuk-tepuk kangkung hingga kering dengan tisu atau gunakan alat pemintal salad untuk menghilangkan kelembapan berlebih. Kangkung kering memastikan hasil penggorengan yang lebih baik, mencegah kelembapan berlebih yang mengencerkan rasa dan menyebabkan hidangan menjadi basah.

**Siapkan Bumbu dan Aromatik yang Beraroma** – Tingkatkan cita rasa tumis kangkung dengan menyiapkan bumbu penyedap dan penyedap rasa. Bahan umum termasuk bawang putih cincang, irisan bawang merah, dan cabai segar. Selain itu, pertimbangkan untuk menggunakan saus seperti saus tiram, kecap asin, atau tahu yang difermentasi untuk menambah kedalaman dan kerumitan pada hidangan.

**Pertahankan Panas Tinggi dan Memasak Cepat** – Tumis kangkung dengan api besar sebentar untuk mempertahankan warna cerah, tekstur renyah, dan rasa segar. Panas yang tinggi memastikan kangkung cepat matang, mencegahnya menjadi terlalu matang dan lembek. Penting untuk terus mengaduk kangkung selama proses memasak untuk memastikan pemerataan panas dan mencegah gosong.

**Akhiri dengan Sentuhan Bumbu dan Hiasan** – Setelah kangkung matang, akhiri masakan dengan sedikit bumbu, seperti sedikit minyak wijen atau taburan garam dan gula untuk menyeimbangkan rasa. Pertimbangkan untuk menghiasinya dengan daun ketumbar segar, irisan daun bawang, atau biji wijen panggang untuk menambah daya tarik visual dan rasa akhir pada kangkung tumis. Langkah terakhir ini menambahkan sentuhan profesional pada hidangan dan meningkatkan keseluruhan presentasi dan rasanya.

Baca Juga :  Resep Bebek Betutu Khas Bali dengan Citarasa Autentik dan Dijamin Lezat

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tumis kangkung? A: Untuk membuat tumis kangkung, Anda membutuhkan kangkung, bawang putih, bawang merah, cabai merah, terasi, dan minyak goreng.

Q: Bagaimana cara menyiapkan kangkung untuk ditumis? A: Cuci kangkung sampai bersih dan buang batangnya yang keras. Potong kangkung menjadi panjang yang bisa diatur, biasanya sekitar 2 hingga 3 inci.

Q: Apa kunci memasak kangkung dengan sempurna? A: Kunci memasak kangkung adalah dengan menumisnya dengan cepat dengan api besar. Ini mempertahankan warna hijau cerah dan tekstur sayuran yang renyah, sekaligus menambah rasa bumbu.

Q: Bolehkah saya mengganti bahan apa pun pada resep tumis kangkung? A: Jika Anda tidak dapat menemukan kangkung, Anda bisa menggantinya dengan sayuran berdaun hijau lainnya seperti bayam atau kangkung. Selain itu, jika terasi tidak tersedia, Anda bisa menggunakan kecap ikan sebagai pengganti rasa umami serupa.

Q: Apa saja cara umum menyajikan dan menikmati tumis kangkung? A: Kangkung yang digoreng menjadi lauk yang enak untuk menemani hidangan utama. Cocok dipadukan dengan nasi kukus dan protein seperti ikan bakar atau ayam. Bisa juga dinikmati sebagai hidangan utama vegetarian dengan nasi atau mie.

Baca Juga :  Resep Soto Tangkar Legenda khas Betawi

Referensi : 

1.   7 Cara Membuat Tumis Kangkung Enak dan Sederhana, ….  (n.d.)   Diperoleh February 11, 2024, dari www.liputan6.com 

2.   Resep Tumis Kangkung Biasa oleh Pipiet Handayani.  (n.d.)   Diperoleh February 11, 2024, dari cookpad.com/id/resep/4615358-tumis-kangkung-biasa 

3.   Bumbu Tumis Kangkung Sederhana dan Resepnya Bisa ….  (n.d.)   Diperoleh February 11, 2024, dari food.detik.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan