Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Capcay Goreng, Menu Hemat dan enak

Membuat Capcay Goreng, Menu Hemat dan enak

Membuat Capcay Goreng (2)

Membuat Capcay Goreng

Bahan-bahan

  1. 1/2 bj kembang kol
  2. 1 batang wortel
  3. 1 ikat sawi hijau
  4. 1/2 bj sawi putih
  5. Bakso sapi iris iris

Bumbu:

  1. 4 siung bawang putih
  2. 1 bj bawang bombay
  3. 2 sdm saus tiram
  4. 1 sdm kecap asin
  5. 1 sdm saus tomat
  6. 1 sdt minyak wijen
  7. 1 sdm margarine
  8. 1 sdt tepung tapioka dilarutkan dengan 1/2 gelas air
  9. Gula
  10. Garam
  11. Kaldu ayam bubuk (optional)

Langkah-langkah membuat capcay goreng enak

  1. Langkah pertama dalam membuat capcay goreng yang enak adalah menyiapkan bahan-bahannya[1]. Anda membutuhkan berbagai macam sayuran seperti kembang kol, brokoli, sawi putih, dan wortel, serta bakso dan sosis[2]. Bersihkan sayuran secara menyeluruh dan potong kecil-kecil sesuai keinginan Anda. Iris juga bakso dan sosis menjadi potongan-potongan kecil. Setelah semua bahan siap, Anda bisa mulai memasak.
  2. Selanjutnya, tumis sayuran dalam wajan[3]. Panaskan sedikit minyak goreng dalam wajan dan tambahkan bawang putih cincang, bawang bombay, dan cabai rawit[4]. Setelah bawang putih harum, masukkan bakso dan udang, masak hingga udang berubah warna[5]. Lalu masukkan sayuran dan tumis hingga matang namun masih renyah. Berhati-hatilah untuk tidak memasak sayuran terlalu lama karena bisa menjadi lembek dan kehilangan nilai gizinya.
  3. Langkah terakhir adalah menambahkan saus dan bumbu[5]. Anda dapat menggunakan kombinasi bumbu bawang putih kerajaan dan saus tiram untuk memberikan cita rasa yang unik pada masakan[6]. Tambahkan saus ke dalam wajan dan tumis selama beberapa menit hingga sayuran terlapisi secara merata. Anda juga bisa menambahkan sedikit air untuk membuat saus lebih kental[7]. Setelah semuanya tercampur rata, matikan api dan sajikan panas dengan nasi putih[8]. Dengan langkah sederhana ini, Anda bisa membuat capcay goreng enak dan sehat yang disukai semua orang[9].

Tip Dan Praktik Terbaik

**Siapkan Bahan-Bahan Anda** – Sebelum Anda mulai memasak, pastikan semua bahan sudah disiapkan dan siap digunakan. Ini termasuk memotong sayuran, mengiris daging, dan mengukur semua bumbu dan saus. Misalnya, dalam membuat capcay goreng, wortel, paprika, kol, dan sayuran lainnya harus dipotong-potong dan siap dimasukkan ke dalam wajan. Persiapan ini akan memastikan proses memasak lancar dan mencegah gosong atau terlalu matang saat Anda menyiapkan bahan berikutnya.

Baca Juga :  Resep Ayam Woku Kemangi Makanan Yang Menggugah Selera

**Pertahankan Panas Tinggi** – Menumis, yaitu cara memasak pembuatan capcay goreng, memerlukan api yang tinggi. Ini membantu memasak bahan dengan cepat sambil mempertahankan kerenyahan dan warna cerahnya. Pastikan wajan atau wajan Anda panas sebelum menambahkan minyak dan bahan-bahan. Wajan panas memastikan makanan akan cepat gosong, menjaga tekstur dan nutrisi sayuran.

**Tambahkan Bahan Secara Berurutan** – Saat membuat capcay goreng, penting untuk menambahkan bahan-bahan dengan urutan yang benar agar matangnya merata. Mulailah dengan bahan-bahan yang masaknya lebih lama, seperti wortel dan kembang kol, sebelum menambahkan bahan-bahan yang cepat matang, seperti bayam atau tauge. Hal ini membantu menghindari memasak sayuran yang lebih lembut terlalu lama dan memastikan setiap bahan dimasak dengan sempurna.

**Gunakan Bumbu yang Tepat** – Bumbu sangat menentukan dalam membuat capcay goreng. Gunakan kombinasi kecap asin, saus tiram, dan sedikit gula untuk menciptakan rasa yang seimbang, gurih, dan sedikit manis. Hindari menambahkan terlalu banyak garam, karena kecap sudah mengandung cukup banyak natrium. Selain itu, Anda bisa menambahkan sedikit minyak wijen di akhir masakan untuk meningkatkan cita rasa masakan secara keseluruhan.

**Jangan Penuhi Wajan** – Wajan yang terlalu penuh dengan terlalu banyak bahan bisa menyebabkan masakan dikukus, bukan digoreng, sehingga masakan menjadi lembek dan matang tidak merata. Masak secara bertahap jika perlu untuk memastikan bahwa setiap batch sayuran dan daging memiliki cukup ruang untuk dibakar dengan benar. Ini akan membantu mempertahankan panas tinggi yang diperlukan untuk menggoreng dan memastikan capcay goreng Anda lezat dan bersemangat. Kiat dan praktik terbaik ini akan membantu Anda mendapatkan hidangan capcay goreng yang lezat dan disajikan dengan baik, sehingga Anda dapat menikmati cita rasa otentik dari tumisan populer ini.

Baca Juga :  Resep Lontong Kupang Khas Sidoarjo yang Bercita Rasa Gurih dan Nikmat!

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat capcay goreng? A: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat capcay goreng antara sayuran lain seperti wortel, kembang kol, buncis, jamur, sawi, dan sayuran lain sesuai selera. Selain itu, Anda juga memerlukan bawang putih, bawang bombay, saus tiram manis, saus tomat, kecap, minyak wijen, garam, merica, dan bahan tambahan lainnya sesuai selera.

Q: Bagaimana langkah menyiapkan sayuran untuk capcay goreng? A: Langkah pertama adalah membersihkan dan memotong sayuran sesuai preferensi Anda. Potong sayuran seperti wortel, kembang kol, dan buncis menjadi potongan kecil agar mudah untuk dimasak. Selain itu, potong juga bawang bombay dan bawang putih sesuai selera.

Q: Bagaimana cara menumis sayuran saat membuat capcay goreng? A: Setelah sayuran dan bumbu-bumbu disiapkan, panaskan wajan dengan sedikit minyak. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, lalu tambahkan sayuran yang memerlukan waktu memasak lebih lama seperti wortel dan kembang kol. Tumis hingga sayuran setengah matang sebelum menambahkan sayuran lainnya.

Q: Apa saja saus dan bumbu yang perlu ditambahkan saat memasak capcay goreng? A: Untuk memberikan cita rasa khas capcay goreng, Anda dapat menambahkan saus tiram manis, saus tomat, kecap, minyak wijen, garam, dan merica sesuai selera. Selain itu, beberapa orang juga menambahkan bumbu lain seperti lada hitam, saus sambal, atau bumbu lainnya untuk menyesuaikan rasa capcay sesuai keinginan.

Q: Bagaimana cara membuat capcay goreng yang enak dan lezat? A: Untuk membuat capcay goreng yang enak, pastikan sayuran tidak terlalu matang sehingga tetap renyah. Selain itu, pastikan penggunaan bumbu dan saus sesuai dengan selera masing-masing. Anda juga dapat menambahkan daging, seafood, atau tambahan lainnya sesuai preferensi untuk menambahkan variasi rasa pada capcay goreng Anda.

Referensi : 

1.   Resep Capcay Goreng yang Gurih dan Lezat!.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.blibli.com/friends/blog/resep-capcay-goreng-06/ 

Baca Juga :  Yuk, Coba Memasak Resep Ayam Bumbu Rujak yang Menggugah Selara di Rumah

2.   Resep Bumbu Capcay Goreng Jawa.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.fimela.com 

3.   Resep Capcay Goreng Gurih, Renyah, dan Enak!.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.happyfresh.id/blog/resep/resep-capcay-goreng-masak-tv/ 

4.   7 Cara Membuat Capcay Goreng yang Gurih dan Lezat, ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.liputan6.com 

5.   Resep Cap Cay Goreng ala Restoran yang Segar Gurih.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari food.detik.com 

6.   Resep Capcay Goreng Sederhana dengan Bumbu Gurih ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari food.detik.com 

7.   Resep Capcay Goreng, Pakai Bumbu Sederhana.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.kompas.com 

8.   Resep Capcay Goreng #BikinRamadanBerkesan oleh ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari cookpad.com 

9.   Cara Membuat Capcay, Hidangan Sederhana Kaya Nutrisi.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.liputan6.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan