Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Yuk buat Nasi Bakar Tongkol Kemangi di Rumah

Yuk buat Nasi Bakar Tongkol Kemangi di Rumah

Resep Nasi Bakar Tongkol

Resep nasi bakar tongkol kemangi

Resep nasi bakar tongkol kemangi ternyata juga bisa Anda buat di rumah. Jadi, tak perlu membelinya di warung atau rumah makan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa menu kuliner yang satu ini cukup unik. Oleh karenanya, banyak orang penasaran untuk coba mencicipinya.

Nasi bakar bisa diberi tambahan bahan protein beragam. Untuk yang satu ini, diberi potongan daging ikan tongkol. Apalagi setelah dibakar nasi semakin wangi dan menggugah selera karena sudah diberi daun kemangi.

Anda sekalian yang penasaran dengan rasanya, silahkan coba membuatnya sendiri. Semua bahan dan cara membuat dapat Anda baca selengkapnya di resep nasi bakar tongkol kemangi berikut. Semoga bermanfaat.

Bahan nasi gurih

  1. 3 cup beras putih
  2. 1 sachet santan instan
  3. 6 siung bawang merah iris tipis
  4. 3 siung bawang putih iris tipis
  5. 1 batang serai
  6. 1 daun pandan
  7. 2 lembar daun salam
  8. 1 cm lengkuas
  9. 2 sendok teh garam
  10. ½ sendok teh kaldu bubuk
  11. Minyak goreng secukupnya
  12. Air matang matang secukupnya
  13. Daun pisang secukupnya
  14. Tusuk gigi secukupnya

Bahan isian

  1. 2 buah ikan tongkol segar dicuci bersih lalu dikukus hingga matang
  2. 8 siung bawang merah
  3. 4 siung bawang putih
  4. 2 helai daun bawang
  5. 1 ganggam daun kemangi
  6. 1 batang serai
  7. 2 lembar daun salam
  8. 2 lembar daun jeruk
  9. 5 cabai rawit merah atau sesuai selera
  10. ½ sendok teh garam
  11. ½ sendok teh gula pasir
  12. ½ sendok teh kaldu bubuk
  13. 1 papan petai (jika mau)
Baca Juga :  Ayam Panggang Bumbu Merah Khas Nusantara, Rasanya Menggoyang Lidah

Cara membuat nasi bakar tongkol kemangi

Setelah semua bahan diatas disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan resep nasi bakar tongkol kemangi dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, membuat nasi gurih terlebih dulu. Silahkan mencuci beras hingga bersih di bawah air mengalir. Sisihkan.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Sisihkan.
  3. Siapkan rice cooker, lalu masukkan beras yang sudah dicuci bersih ke dalamnya. Tambahkan air secukupnya dengan perkiraan semua beras harus terendam. Setelah itu, masukkan tumisan bawang merah dan bawang putih.
  4. Masukkan juga bahan-bahan membuat nasi gurih lainnya yang sudah disiapkan. Jangan lupa dibumbui garam dan kaldu bubuk. Aduk sebentar, lalu nyalakan rice cooker dengan mengaktifkan panel Cook. Tinggal saja hingga matang atau panel Warm.
  5. Sambil menunggu nasi gurih matang, Anda bisa menyiapkan bahan isiannya. Haluaskan dulu bawang merah dan bawang putih yang sudah disiapkan. Sisihkan.
  6. Setelah itu, panaskan wajan penggorengan lagi dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan daun jeruk, daun salam, batang serai, dan lengkuas. Tumis hingga semua bahan layu.
  7. Bumbui dengan garam, gula pasir, dan kaldu bubuk. Aduk merata dan tuangkan air secukupnya. Kecilkan api kompor dan aduk merata lagi. masukkan potongan ikan tongkol dan petai ke dalam wajan. Masak hingga air menyusut.
  8. Jangan lupa mengkoreksi sedikit masakan untuk mengkoreksi rasanya. Masukkan daun kemangi dan aduk sebentar. Matikan kompor dan sisihkan.
  9. Nasi gurih yang sudah matang keluarkan dari rice cooker. Biarkan sejenak agar tidak terlalu panas. Setelah itu, siapkan selembar daun pisang yang sudah dibersihkan. Beri nasi gurih satu centong atau secukupnya. Tambahkan isian tongkol kemangi diatasnya. Bungkus rapat dan sematkan tusuk gigi di kedua sisi daun pisang agar bungkusannya rapat.
  10. Lakukan langkah tersebut hingga semua nasi gurih dan isian tongkol kemangi habis. Setelah itu, siapkan tempat membakar. Anda juga bisa menggunakan wajan teflon datar yang diberi sedikit minyak goreng. Lalu, letakkan gulungan nasi diatasnya dan bakar hingga daun pisangnya kecoklatan. Jangan lupa dibolak-balik agar matangnya merata. Setelah matang, angkat dan siap disajikan.
  11. Siapkan piring saji untuk plating. Ambil sebungkus nasi bakar dan letakkan diatas piring. Buka bungkusannya dan taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Nasi bakar tongkol kemangi siap disantap.
Baca Juga :  Cara buat Oseng oseng telur cabai pedas, ini dia resepnya

Itulah resep nasi bakar tongkol kemangi selengkapnya yang bisa Anda praktikkan sekarang juga. Rasanya dijamin mantul. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan