Lompat ke konten
Home » Resep » Tongkol Suwir Kecombrang, Rasanya Memang Nagih

Tongkol Suwir Kecombrang, Rasanya Memang Nagih

Tongkol Suwir Kecombrang

Resep tongkol suwir kecombrang

Resep tongkol suwir kecombrang bisa dijadikan pilihan alternatif menu makan siang atau malam Anda sekalian.

Jika sudah bosan dengan menu yang itu-itu saja, tidak ada salahnya coba masakan lain. Menu masakan yang mungkin belum pernah Anda cicipi, tetapi rasanya dijamin mantul.

Salah satunya adalah tongkol suwir kecombrang. Daging ikan tongkol yang dimasak dengan bumbu spesial, sehingga rasanya gurih pedas. Ditambah ada bunga kecombrang yang menjadikannya lebih spesial. Anda harus mencobanya sendiri.

Semua bahannya mudah didapatkan dengan harga cukup terjangkau. Lalu, bagaimana resep tongkol suwir kecombrang selengkapnya? Untuk lebih lengkapnya, silahkan membaca uraian di bawah ini.

Bahan-bahan

  1. 2 ekor ikan tongkol segar ukuran sedang
  2. 1 batang serai digeprek
  3. 1 genggam bunga kecombrang dipotong kasar
  4. 2 cm jahe digeprek
  5. 2 buah cabai merah besar dipotong tipis
  6. 2 buah cabai hijau besar dipotong tipis
  7. 1 sendok makan gula Jawa disisir
  8. ½ sendok teh garam
  9. Kaldu bubuk secukupnya
  10. Minyak goreng secukupnya
  11. 3 buah jeruk limo
Baca Juga :  Resep Membuat Tahu Bakso yang Enak Kenyal

Cara memasak tongkol suwir kecombrang

Setelah semua bahan diatas disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep tongkol suwir kecombrang dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ikan tongkol di bawah air mengalir, lalu potong menjadi dua bagian jika ukurannya cukup besar.
  2. Setelah itu, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ikan tongkol. Setelah minyak panas, goreng potongan ikan tongkol hingga berwarna kecoklatan dan matang. Angkat dan tiriskan.
  3. Diamkan beberapa saat agar agak mendingin. Setelah itu, suwir-suwir daging ikan tongkol. Sisihkan.
  4. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan lagi dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis jahe dan batang serai hingga harum.
  5. Masukkan suwiran daging ikan tongkol dan bunga kecombrang. Aduk merata. Bumbui dengan garam, gula Jawa, dan kaldu bubuk secukupnya. Aduk merata lagi.
  6. Masukkan semua potongan cabai dan beri perasan jeruk limo. Aduk merata dan masak hingga matang. Jangan lupa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika dirasa masih belum sedap, Anda dapat menambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk merata lagi. Setelah itu, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  7. Siapkan piring saji untuk plating. Tuangkan semua masakan tongkol suwir kecombrang yang sudah matang diatas piring. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Lengkapi dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Mau Buat Nasi Panggang Nugget Sederhana? Ini Resepnya

Langkah-langkah memasak resep tongkol suwir kecombrang diatas silahkan Anda praktikkan di rumah. Setelah matang, ajak seluruh keluarga dan orang terdekat mencicipinya. Dijamin rasanya mantap dan lezat. Selamat mencoba.

Lihat Videonya :

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info