Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep membuat Ayam Cabe Ijo Padang Sederhana

Resep membuat Ayam Cabe Ijo Padang Sederhana

Resep membuat Ayam Cabe Ijo (1)

Resep membuat Ayam Cabe Ijo

Langkah-langkah membuat Ayam Cabai Hijau

Untuk membuat Ayam Cabai Hijau, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan[1]. Diantaranya : 

  1. satu ekor ayam utuh, 
  2. jeruk nipis, 
  3. garam, 
  4. daun jeruk, 
  5. serai, 
  6. cabai rawit hijau, 
  7. dan tomat hijau. 

Langkah Membuat Ayam Cabai Ijo : 

  1. Bersihkan ayam dan potong menjadi delapan bagian. 
  2. Kemudian tambahkan 2 sendok teh garam dan air jeruk nipis ke dalam ayam, aduk rata, dan diamkan selama 30 menit. 
  3. Sementara itu, siapkan daun jeruk dan serai dengan cara dihaluskan untuk mengeluarkan aroma harumnya.
  4. Selanjutnya masak ayam dan sayuran beserta bumbunya [2]. Panaskan minyak dalam wajan dan goreng potongan ayam hingga berwarna cokelat keemasan. 
  5. Lalu masukkan cabai rawit hijau dan tomat hijau, aduk hingga layu. 
  6. Tambahkan daun jeruk dan serai, lalu aduk terus hingga harum. 
  7. Tuang 1 sendok makan air dan masak dengan api kecil selama 10-15 menit sampai ayam matang dan sayuran empuk.
  8. Terakhir masukkan sambal hijau dan biarkan hingga ayam matang sempurna[3]. 
  9. Untuk membuat sausnya, haluskan cabai hijau, tomat, bawang merah, bawang putih, dan bumbu halus. 
  10. Tambahkan saus ke ayam dan sayuran, lalu biarkan mendidih lagi selama 5-10 menit hingga saus mengental dan bumbu menyatu. 
  11. Sajikan panas dengan nasi putih dan sayuran[4]. 
  12. Resep Ayam Cabai Hijau yang enak dan pedas ini sangat cocok untuk menghangatkan badan di kala hujan dan pastinya akan disukai oleh teman dan keluarga.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Bahan Segar** – Saat membuat ayam cabai hijau, sangat penting untuk menggunakan bahan-bahan segar untuk mendapatkan rasa terbaik. Cabai hijau segar, daun ketumbar, dan air jeruk nipis dapat menambah cita rasa masakan. Selain itu, menggunakan ayam segar akan menghasilkan daging yang empuk dan lezat.

Baca Juga :  Kreasi tahu telur khas surabaya ini enak untuk disajikan, ini dia resepnya

**Menyeimbangkan Panas** – Rasa khas ayam cabai hijau berasal dari cabai hijaunya. Penting untuk menyeimbangkan panasnya cabai dengan bahan lain seperti krim atau santan. Ini membantu menciptakan profil rasa yang harmonis dan mencegah hidangan menjadi terlalu pedas.

**Marinasi untuk Infus Rasa** – Merendam ayam dalam campuran pasta cabai hijau, yogurt, dan rempah-rempah selama minimal satu jam, atau sebaiknya semalaman, akan memungkinkan rasa meresap ke dalam daging, sehingga menghasilkan hidangan yang lebih beraroma dan empuk. Teknik ini penting untuk mencapai kedalaman rasa pada ayam.

**Sesuaikan Bumbu Sesuai Selera** – Cicipi hidangan saat Anda memasak dan sesuaikan bumbunya. Ini bisa termasuk menambahkan lebih banyak cabai hijau untuk rasa pedas, air jeruk nipis untuk rasa asam, atau garam untuk meningkatkan rasa secara keseluruhan. Ini memastikan bahwa hidangan tersebut memenuhi preferensi pribadi Anda dan menonjolkan rasa yang Anda sukai.

**Teknik Memasak yang Benar** – Saat memasak ayam cabai hijau, yang penting masak ayam sampai matang tapi masih empuk. Memasak terlalu lama dapat menyebabkan daging menjadi kering dan keras. Selain itu, membiarkan rasa menyatu dengan merebus hidangan dalam waktu yang tepat dapat meningkatkan cita rasa secara keseluruhan. Kiat-kiat ini praktis dan dapat ditindaklanjuti, memberikan panduan tentang pemilihan bahan, penyeimbangan rasa, pengasinan, bumbu, dan teknik memasak. Mereka dirancang untuk juru masak rumahan dan calon koki yang ingin membuat hidangan ayam cabai hijau yang lezat.

Baca Juga :  Membuat Sandwich Gandum untuk Diet Sehat

Pertanyaan Umum

Q: Bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat Ayam Cabai Hijau? A: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Ayam Cabai Hijau antara lain daging ayam, cabai hijau, bawang merah, bawang putih, jahe, tomat, bumbu seperti jinten, ketumbar, kunyit, garam, dan minyak untuk memasak.

Q: Bisakah saya menggunakan ayam tanpa tulang untuk resep ini? A: Ya, Anda bisa menggunakan ayam tanpa tulang untuk resep ini. Ini masalah preferensi pribadi. Pastikan ayam dipotong kecil-kecil agar matangnya merata.

Q: Seberapa pedas Ayam Cabai Hijau? A: Pedasnya Ayam Cabai Hijau tergantung dari banyaknya cabai hijau yang digunakan. Anda dapat menyesuaikan tingkat kepedasan sesuai selera dengan menambahkan atau mengurangi jumlah cabai hijau.

Q: Bagaimana cara terbaik menyajikan Ayam Cabai Hijau? A: Ayam Cabai Hijau bisa disajikan dengan nasi kukus, naan, atau roti. Itu membuat hidangan utama lezat dan beraroma.

Q: Bisakah saya membuat Ayam Cabai Hijau terlebih dahulu? A: Ya, Ayam Cabai Hijau bisa Anda siapkan terlebih dahulu. Ini memanas kembali dengan baik dan rasanya cenderung semakin berkembang ketika didiamkan beberapa saat. Ini adalah hidangan yang enak untuk menyiapkan makanan.

Referensi : 

1.   Resep Ayam Goreng Cabe Ijo, Pedas Gurihnya Pasti Bikin ….  (n.d.)   Diperoleh February 2, 2024, dari www.idntimes.com 

Baca Juga :  Membuat Resep Kue Lumpur Labu Kuning Yang Enak

2.   Resep Ayam Cabe Hijau yang Pedas Gurih – detikFood.  (n.d.)   Diperoleh February 2, 2024, dari food.detik.com 

3.   6 Resep Ayam Cabe Ijo yang Menggugah Selera, ….  (n.d.)   Diperoleh February 2, 2024, dari www.merdeka.com 

4.   Resep Ayam Cabe Ijo, Masakan Yang Cocok Untuk ….  (n.d.)   Diperoleh February 2, 2024, dari www.makenyus.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan