Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Kue kembang goyang, Gurih dan Renyah, Begini Resepnya

Kue kembang goyang, Gurih dan Renyah, Begini Resepnya

Kue kembang goyang (2)

Kue kembang goyang

Cara membuat kue kembang goyang

Untuk membuat kue kembang goyang, ada beberapa bahan yang diperlukan [1]. Bahan-bahan tersebut antara lain 

  1. tepung beras, 
  2. tepung sagu, 
  3. gula pasir, 
  4. garam, 
  5. vanila, 
  6. dan telur. 

Kue ini terkenal dengan teksturnya yang renyah dan gurih. 

Cara membuatnya cukup mudah, namun membutuhkan ketelitian dan kesabaran dalam proses pembuatannya [2]. 

  1. Bahan-bahan tersebut harus dicampur dengan benar dan diaduk hingga merata.
  2. Setelah bahan-bahan tercampur dengan baik, langkah selanjutnya adalah memasak adonan kue di atas api kecil menggunakan cetakan kue kembang goyang yang sudah dipanaskan terlebih dahulu [2]. 
  3. Cara membuatnya cukup dengan menuangkan adonan ke dalam cetakan yang sudah dipanaskan, kemudian digoyangkan hingga kue terlepas dari cetakan. 
  4. Setelah itu, kue kembang goyang siap disajikan.

Untuk mendaftarkan kue kembang goyang, ada beberapa tips yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah dengan menambahkan taburan gula halus atau parutan kelapa di atas kue [3]. 

Selain itu, kue juga dapat diberi hiasan seperti buah-buahan atau siraman saus coklat [4]. Namun perlu diingat bahwa kue kembang goyang terbaik adalah yang masih dalam keadaan segar dan renyah. 

Oleh karena itu, sebaiknya kue disajikan dalam keadaan hangat dan segera dimakan setelah matang.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Bahan yang Tepat** – Saat membuat kue bunga kocok, sangat penting untuk memilih bahan-bahan berkualitas tinggi untuk hasil terbaik. Gunakan buah-buahan segar dan beraroma untuk shake, dan pilih campuran kue premium dan frosting. Kualitas bahan akan sangat mempengaruhi rasa dan penyajian kue secara keseluruhan.

Baca Juga :  Memasak Lele Goreng Sambal Pecak, Mudah dan Maknyus

**Pelapisan dengan Presisi** – Melapisi komponen shake dan kue membutuhkan ketelitian untuk mencapai efek visual yang diinginkan. Pastikan setiap lapisan terdistribusi secara merata dan rata. Hal ini akan menciptakan tampilan estetis saat kue dipotong dan disajikan. Misalnya, saat melapisi shake, gunakan spatula untuk menyebarkannya secara merata ke seluruh lapisan kue, pastikan ketebalannya konsisten di seluruh lapisan.

**Dinginkan untuk Tekstur Optimal** – Setelah menyusun kue bunga kocok, penting untuk mendinginkannya secara menyeluruh untuk mendapatkan tekstur yang ideal. Hal ini memungkinkan kocokan mengeras dan kue mengeras, sehingga menghasilkan makanan penutup yang lebih terstruktur dan kohesif. Untuk hasil terbaik, dinginkan kue selama waktu yang disarankan sesuai resep.

**Hiasi dengan Kreativitas** – Daya tarik visual kue bunga goyang dapat ditingkatkan melalui dekorasi kreatif. Pertimbangkan untuk menggunakan buah segar, bunga yang bisa dimakan, atau taburan warna-warni untuk menghiasi bagian atas kue. Hal ini tidak hanya menambah semburat warna tetapi juga meningkatkan presentasi keseluruhan, membuat kue secara visual menarik. Misalnya, menata irisan stroberi dan kiwi dengan pola bunga di atas kue dapat menciptakan efek visual yang menakjubkan.

**Sajikan dengan Gaya** – Saat menyajikan kue kembang goyang, perhatikan penyajiannya. Gunakan pisau tajam untuk memotong irisan bersih, pastikan lapisannya tetap utuh untuk tampilan yang mengesankan. Pertimbangkan untuk menyajikan kue di piring hias atau tempat kue untuk meningkatkan pengalaman bersantap. Selain itu, menyediakan garpu atau sendok pencuci mulut berukuran kecil dapat menambah sentuhan elegan dalam proses penyajian. Dengan mengikuti tip dan praktik terbaik ini, Anda dapat membuat kue bunga kocok yang menakjubkan secara visual dan lezat yang akan menjadi favorit di pertemuan atau perayaan apa pun.

Baca Juga :  Gurih dan Nikmat Ala Jepang, Buat Ekkado Ayam Menggunakan Resep Ini

FAQ

Q: Apa bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue kembang goyang? A: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue kembang goyang antara lain tepung terigu, telur, gula pasir, mentega, susu cair, serta bahan pewarna dan perasa sesuai selera.

Q: Bagaimana langkah-langkah membuat kue kembang goyang? A: Langkah-langkah membuat kue kembang goyang meliputi mencampurkan tepung terigu, telur, gula pasir, mentega, serta susu cair lalu aduk hingga merata. Setelah itu bagi adonan menjadi beberapa bagian dan tambahkan pewarna serta perasa sesuai selera. Kemudian, tuangkan adonan ke dalam cetakan kue kembang goyang dan panggang hingga matang.

Q: Apakah ada tips untuk mencetak kue kembang goyang? A: Beberapa tips untuk mencetak kue kembang goyang antara lain menggunakan gula halus atau taburan warna-warni untuk memberikan tampilan yang menarik. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan cokelat leleh atau buttercream untuk memberikan sentuhan dekorasi yang lebih kreatif.

Q: Apakah kue kembang goyang memiliki variasi rasa? A: Ya, kue kembang goyang dapat memiliki variasi rasa sesuai dengan selera masing-masing. Anda dapat menambahkan berbagai jenis perasa seperti vanilla, cokelat, stroberi, pandan, dan lain-lain untuk menciptakan variasi rasa yang beragam.

Q: Bagaimana cara menyimpan kue kembang goyang agar tetap segar? A: Untuk menyimpan kue kembang goyang agar tetap segar, pastikan kue telah benar-benar dingin sebelum disimpan. letakkan kue dalam wadah kedap udara atau bungkus dengan plastik cling wrap untuk menghindari udara membuat kue menjadi keras. Simpan kue di tempat yang sejuk dan kering.

Baca Juga :  Cara Membuat Martabak Manis Mini Super Enak dan Nikmat

Referensi : 

1.   Resep Kembang Goyang Original untuk Camilan Lebaran.  (n.d.)   Diperoleh December 29, 2023, dari www.kompas.com 

2.   6 Cara Membuat Kembang Goyang Renyah, Camilan ….  (n.d.)   Diperoleh December 29, 2023, dari www.merdeka.com 

3.   Kue Cantik Kembang Goyang Thailand, Resep Simple Buat ….  (n.d.)   Diperoleh December 29, 2023, dari www.facebook.com 

4.   Resep Kue Kembang Goyang Renyah oleh Tini.  (n.d.)   Diperoleh December 29, 2023, dari cookpad.com/id/resep/16687705-kue-kembang-goyang-renyah 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan