Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Kue Kembang Goyang Istimewa untuk Lebaran Spesial

Membuat Kue Kembang Goyang Istimewa untuk Lebaran Spesial

Membuat Kue Kembang Goyang Istimewa (2)

Membuat Kue Kembang Goyang Istimewa

Bahan-bahan

  1. 150 gr tepung beras
  2. 1 sdm tapioka
  3. 5 lembar daun jeruk iris halus
  4. 250 ml santan encer (65gr santan sachet+air)
  5. 1 telur
  6. 1/2 sdt penyedap
  7. 1 sdm margarin (cairkan)

bumbu halus : 

  1. 2 bawang putih
  2. 2 kemiri
  3. seruas kencur
  4. 1 sdt ketumbar
  5. 1/2 sdt garam
  6. minyak untuk menggoreng

Langkah-langkah membuat kue Kembang Goyang spesial

  1. Kembang Goyang merupakan jajanan tradisional Betawi yang mudah dibuat dan bahan-bahannya sederhana[1]. Untuk membuat kue Kembang Goyang spesial ini, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah tepung beras, tepung tapioka, tepung terigu, gula pasir, santan, air, garam, dan vanili[2]. Langkah pertama adalah menyiapkan bahan-bahan dan menimbangnya sesuai ukuran [3]. Lalu, campurkan tepung beras, tepung sagu, gula pasir, dan vanila ke dalam wadah lalu aduk rata. Tambahkan telur dan garam, lalu tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk[4]. Campurannya harus halus dan bebas gumpalan.
  2. Setelah membuat adonan, langkah selanjutnya adalah membentuk kue Kembang Goyang[5]. Panaskan cetakan kue kocok bunga yang diberi minyak banyak dengan api kecil[6]. Celupkan cetakan ke dalam adonan lalu masukkan ke dalam minyak panas. Kocok cetakan hingga adonan lepas dan kue berwarna coklat keemasan[7]. Untuk menambah warna dan membuat kue lebih menarik secara visual, adonan dapat dipisahkan menjadi tiga bagian dan diberi warna berbeda[8][9]. Setelah kue matang, sebaiknya diangkat dan ditiriskan sebelum disimpan dalam wadah kedap udara[5].
  3. Untuk penyajian kue Kembang Goyang disarankan dipadukan dengan minuman panas seperti teh atau kopi[1]. Camilan manis dan renyah ini sangat cocok untuk acara spesial atau hari raya Idul Fitri[1]. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, seseorang bisa membuat kue Kembang Goyang yang super renyah dan enak[10][6]. Penting untuk diperhatikan bahwa jumlah gula yang digunakan dapat disesuaikan dengan preferensi pribadi[1]. Dengan kesabaran dan perhatian terhadap detail, siapa pun bisa membuat jajanan tradisional Betawi ini dan menikmati kelezatan rasanya.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Bahan yang Tepat** – Gunakan bahan-bahan berkualitas tinggi seperti tepung serbaguna, baking powder, gula pasir, telur, mentega, ekstrak vanila, dan susu untuk memastikan rasa dan tekstur terbaik pada kue Kembang Goyang Anda. – Untuk rasa yang unik, pertimbangkan untuk menambahkan bahan-bahan seperti ekstrak pandan atau santan untuk memberikan cita rasa Asia Tenggara ke dalam kuenya.

Baca Juga :  Resep Menu Ayam Kuah Kuning Asam

**Menyeimbangkan Tekstur** – Dapatkan karakteristik tekstur kue Kembang Goyang yang ringan dan lapang dengan mengayak bahan-bahan kering dengan benar dan melipatnya secara hati-hati ke dalam adonan untuk menjaga konsistensi mengembang. – Menambahkan sedikit tepung maizena ke dalam tepung juga dapat menyebabkan tekstur remah yang empuk pada kue.

**Menguasai Teknik Memanggang** – Gunakan loyang tabung dengan bagian bawah yang dapat dilepas untuk memastikan distribusi panas merata dan mencegah kue roboh selama proses pendinginan. – Panaskan oven terlebih dahulu pada suhu yang tepat dan hindari membuka pintu oven terlalu sering untuk mencegah fluktuasi suhu yang dapat mempengaruhi mengembangnya kue.

**Menggabungkan Sentuhan Dekoratif** – Pertimbangkan untuk menambahkan lapisan dekoratif gula halus atau sedikit glasir kelapa untuk meningkatkan daya tarik visual kue Kembang Goyang. – Bereksperimenlah dengan dekorasi kue tradisional Indonesia seperti bunga yang bisa dimakan, kelapa parut, atau daun pandan untuk sentuhan autentik.

**Merangkul Kreativitas dan Tradisi** – Meski tetap berpegang pada resep tradisional, jangan takut bereksperimen dengan rasa dan penyajian untuk menciptakan kue Kembang Goyang yang unik dan personal. – Carilah inspirasi dari tradisi kuliner Indonesia dan gabungkan unsur-unsur yang mencerminkan makna budaya kue Kembang Goyang, seperti kaitannya dengan perayaan dan acara khusus dalam budaya Indonesia.

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue Kembang Goyang spesial? A: Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain tepung terigu, telur, gula pasir, vanili, susu cair, dan minyak goreng. Selain itu, Anda juga memerlukan alat seperti cetakan kembang goyang, wadah untuk mencampur adonan, dan wajan untuk menggoreng kue.

Baca Juga :  Resep Telur Asin Bumbu Kuning, Masakan Sederhana yang Rasanya Tetap Lezat

Q: Bagaimana cara membuat adonan kue Kembang Goyang? A: Untuk membuat adonan kue Kembang Goyang, pertama-tama campurkan tepung terigu, telur, gula pasir, vanili, dan susu cair dalam sebuah wadah. Aduk hingga adonan tercampur rata dan tidak bergerindil. Pastikan konsistensi adonan tidak terlalu encer atau terlalu kental.

Q: Bagaimana cara membentuk kue Kembang Goyang sebelum menggorengnya? A: Setelah adonan dibuat, panaskan minyak goreng dalam wajan. Selanjutnya celupkan cetakan kembang goyang ke dalam minyak panas sebentar, lalu angkat dan tiriskan. Setelah itu celupkan cetakan yang sudah dipanaskan ke dalam adonan kue, pastikan adonan menutupi cetakan, lalu masukkan ke dalam minyak panas. Biarkan hingga kue matang dan berwarna keemasan.

Q: Apakah ada saran khusus dalam menggoreng kue Kembang Goyang? A: Saat menggoreng kue Kembang Goyang, pastikan minyak sudah benar-benar panas sebelum memasukkan adonan kue ke dalamnya. Selain itu, pastikan api tidak terlalu besar agar kue matang merata tanpa terlalu cepat gosong. Setelah matang, tiriskan kue Kembang Goyang di atas tisu dapur untuk menghilangkan sisa minyak.

Q: Bagaimana cara penyajian kue Kembang Goyang spesial? A: Kue Kembang Goyang spesial dapat disajikan dengan taburan gula halus atau meses di atasnya. Anda juga dapat menambahkan topping sesuai selera, seperti keju parut atau cokelat leleh. Pastikan kue disajikan dalam keadaan hangat untuk mendapatkan sensasi lezatnya.

Referensi : 

1.   Resep Kembang Goyang Wijen yang Gurih Renyah Buat ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari food.detik.com 

2.   Resep Kembang Goyang Manis dan Renyah oleh icachan.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari cookpad.com 

Baca Juga :  Mau Mie Spesial? Buat aja Mie Ongklok, Begini Resepnya

3.   Resep Kue Kembang Goyang Renyah oleh Tini.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari cookpad.com/id/resep/16687705-kue-kembang-goyang-renyah 

4.   Resep Kembang Goyang Original untuk Camilan Lebaran.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.kompas.com 

5.   6 Cara Membuat Kembang Goyang Renyah, Camilan ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.merdeka.com 

6.   7 Resep Kembang Goyang Renyah Manis Enak untuk ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.fimela.com 

7.   Cara Membuat Kembang Goyang yang Renyah.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.fimela.com 

8.   Resep Kembang Goyang Renyah dan Tidak Berminyak ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.kompas.com 

9.   Resep Kembang Goyang, Aduk Adonan Setiap Kali Mau ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari jambi.tribunnews.com 

10.   Bikin Lidah Tak Ingin Berhenti Bergoyang, Resep Kembang ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari purwakarta.kilat.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan