Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Opor Ayam khas Lebaran yang lezat dan nikmat

Resep Opor Ayam khas Lebaran yang lezat dan nikmat

Resep Opor Ayam khas Lebaran

Resep Opor Ayam khas Lebaran

Recipe By siti
Course: Opor Cusine:Indonesia Difficulty:Mudah

Servings

4 minutes

Preparing Time

50 minutes

Cooking Time

60 minutes

Calories

500 kcal

INGREDIENTS

  1. ayam

  2. santan

  3. bawang putih

  4. bawang merah

  5. jahe

  6. lengkuas

  7. ketumbar

  8. kunyit

  9. daun salam

  10. serai

  11. garam

DIRECTION

  1. Langkah pertama

    Langkah pertama dalam membuat opor ayam Lebaran adalah menghaluskan bumbu-bumbu dapur seperti bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas, ketumbar, dan kunyit.

  2. Tumis bumbu

    Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum, lalu masukkan ayam yang telah dipotong-potong ke dalam tumisan bumbu tersebut.

  3. Setelah itu

    Setelah itu, tambahkan santan, daun salam, serai, dan garam secukupnya. Biarkan ayam matang dan bumbu meresap sempurna.

  4. Setelah matang

    Setelah matang, opor ayam siap disajikan dengan nasi putih hangat.

NOTES

Selamat datang di artikel kami yang akan membahas tentang resep opor ayam khas Lebaran yang lezat dan nikmat. Opor ayam merupakan salah satu hidangan tradisional Indonesia yang sering disajikan saat Lebaran tiba. Hidangan ini memiliki cita rasa yang gurih dan lezat, sehingga menjadi favorit banyak orang. Berikut ini kami akan membagikan resep opor ayam Lebaran yang mudah dan praktis untuk Anda coba di rumah.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat opor ayam Lebaran, Anda memerlukan bahan-bahan yang mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket terdekat. Beberapa bahan yang perlu disiapkan antara lain ayam, santan, bumbu dapur seperti bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas, ketumbar, dan kunyit, serta bumbu pelengkap lainnya seperti daun salam, serai, dan garam. Pastikan untuk memilih bahan-bahan yang segar demi mendapatkan hasil masakan yang terbaik.

Baca Juga :  Membuat Kolak Pisang untuk Menu Berbuka Puasa, Uih Enaknya

Langkah-langkah Memasak

Langkah pertama dalam membuat opor ayam Lebaran adalah menghaluskan bumbu-bumbu dapur seperti bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas, ketumbar, dan kunyit. Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum, lalu masukkan ayam yang telah dipotong-potong ke dalam tumisan bumbu tersebut. Setelah itu, tambahkan santan, daun salam, serai, dan garam secukupnya. Biarkan ayam matang dan bumbu meresap sempurna. Setelah matang, opor ayam siap disajikan dengan nasi putih hangat.

Tips dan Trik

Agar opor ayam Lebaran yang Anda buat memiliki cita rasa yang lezat dan autentik, ada beberapa tips dan trik yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan untuk menggunakan santan kental yang segar agar hasil masakan lebih gurih dan lezat. Kedua, jangan lupa untuk mencicipi masakan dan sesuaikan dengan selera masing-masing. Terakhir, simpan sisa opor ayam di dalam wadah kedap udara dan simpan di dalam lemari es untuk dihangatkan kembali sebelum disajikan.

Variasi Opor Ayam

Selain opor ayam Lebaran yang klasik, Anda juga dapat mencoba variasi opor ayam lain yang tidak kalah lezat. Misalnya, Anda bisa menambahkan kentang dan telur rebus ke dalam opor ayam untuk menambah tekstur dan cita rasa. Anda juga bisa menambahkan santan lebih banyak untuk opor ayam yang lebih kental dan gurih. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan sambal atau irisan cabai rawit untuk opor ayam yang lebih pedas.

Baca Juga :  Resep Tahu dengan Kecap Pedas Khas Korea

Manfaat Konsumsi Opor Ayam

Opor ayam tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Ayam mengandung protein tinggi yang baik untuk pertumbuhan otot dan memperbaiki jaringan tubuh. Selain itu, santan yang digunakan dalam opor ayam mengandung lemak sehat yang baik untuk kesehatan jantung. Bumbu-bumbu rempah yang digunakan juga memiliki khasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melancarkan pencernaan.

Kesimpulan

Dengan mengikuti resep opor ayam Lebaran di atas, Anda dapat membuat hidangan lezat dan nikmat untuk disajikan saat Lebaran tiba. Jangan lupa untuk memilih bahan-bahan yang berkualitas dan mengikuti langkah-langkah memasak dengan teliti agar hasilnya maksimal. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan opor ayam Lebaran bersama keluarga tercinta!

FAQ (Frequently Asked Questions)

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk memasak opor ayam Lebaran? Waktu memasak opor ayam Lebaran biasanya memakan waktu sekitar 1,5 jam hingga 2 jam tergantung pada jumlah ayam yang digunakan dan besar kecilnya potongan ayam.

Apakah bisa menggunakan daging ayam tanpa tulang untuk membuat opor ayam Lebaran? Tentu saja bisa. Anda dapat menggunakan daging ayam tanpa tulang untuk membuat opor ayam Lebaran, namun perlu diperhatikan bahwa waktu memasaknya mungkin akan sedikit lebih singkat.

Baca Juga :  Soba Goreng Ayam yang Spesial dan Nikmat, Cara Membuatnya Cukup Mudah

Apakah opor ayam Lebaran bisa disimpan dalam freezer? Opor ayam Lebaran dapat disimpan dalam freezer selama 1-2 minggu jika disimpan dalam wadah kedap udara. Sebelum disantap lagi, Anda hanya perlu menghangatkannya kembali.

Bolehkah menambahkan kacang mede ke dalam opor ayam Lebaran? Tentu saja. Menambahkan kacang mede ke dalam opor ayam Lebaran akan memberikan tekstur yang renyah dan gurih. Anda dapat menambahkan kacang mede saat memasak opor ayam agar lebih nikmat.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan