Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Opor Ayam hidangan tradisional Lebaran

Resep Opor Ayam hidangan tradisional Lebaran

Resep Opor Ayam (2)

Resep Opor Ayam

Recipe By siti
Course: Mahir Cusine:Indonesia Difficulty:Med

Servings

4 minutes

Preparing Time

60 minutes

Cooking Time

120 minutes

Calories

450 kcal

INGREDIENTS

  1. ayam

  2. santan kental

  3. serai

  4. daun salam

  5. lengkuas

  6. jahe

  7. bawang merah

  8. bawang putih

  9. ketumbar

  10. merica

  11. garam

  12. gula

  13. minyak goreng

DIRECTION

  1. Langkah-langkah Memasak Opor Ayam Lebaran

    <br>Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yang telah Anda persiapkan sebelumnya. <br>Bersihkan ayam dan potong sesuai selera, kemudian haluskan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, jahe, dan ketumbar. Tumis bumbu-bumbu hingga harum, kemudian tambahkan ayam dan aduk hingga ayam berubah warna. <br>Setelah itu, tambahkan santan, serai, daun salam, lengkuas, garam, gula, dan merica. <br>Masak hingga ayam empuk dan bumbu meresap, lalu hidangkan dengan nasi putih hangat.

NOTES

Selamat datang di artikel kami yang akan membahas tentang resep opor ayam khas Lebaran. Opor ayam merupakan salah satu hidangan tradisional yang sangat populer di Indonesia, terutama saat momen Lebaran tiba. Hidangan yang kaya rempah ini memiliki cita rasa yang lezat dan gurih, sehingga cocok disajikan sebagai menu utama saat berkumpul dengan keluarga dan kerabat di hari raya.

Asal Usul Opor Ayam Lebaran

Opor ayam merupakan hidangan khas Indonesia yang biasanya disajikan saat Lebaran tiba. Hidangan ini memiliki sejarah yang panjang dan berkembang dari masa ke masa. Opor sendiri berasal dari kata Jawa yang berarti santan. Santan menjadi bahan utama dalam masakan ini, memberikan kelezatan dan kekayaan rasa pada hidangan. Daging ayam yang diolah dengan rempah-rempah kemudian dimasak dalam santan yang kental, menciptakan kuah yang gurih dan lezat.

Baca Juga :  Resep Mie Yamin Ayam Jamur ala Rumahan yang Rasanya Dijamin Mantul

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat opor ayam Lebaran yang lezat, Anda memerlukan berbagai bahan yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di pasar tradisional maupun supermarket terdekat. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain ayam, santan kental, serai, daun salam, lengkuas, jahe, bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, garam, gula, dan minyak goreng. Pastikan untuk memilih bahan-bahan yang segar dan berkualitas agar hasil masakan Anda lebih nikmat.

Langkah-langkah Memasak Opor Ayam Lebaran

  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yang telah Anda persiapkan sebelumnya. 
  2. Bersihkan ayam dan potong sesuai selera, kemudian haluskan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, jahe, dan ketumbar. Tumis bumbu-bumbu hingga harum, kemudian tambahkan ayam dan aduk hingga ayam berubah warna. 
  3. Setelah itu, tambahkan santan, serai, daun salam, lengkuas, garam, gula, dan merica. 
  4. Masak hingga ayam empuk dan bumbu meresap, lalu hidangkan dengan nasi putih hangat.

Variasi Opor Ayam Lebaran

Meskipun opor ayam Lebaran memiliki rasa yang lezat dan khas, Anda juga dapat bereksperimen dengan berbagai variasi untuk menciptakan hidangan yang lebih menarik. Salah satu variasi yang populer adalah opor telur, dimana telur direbus dan dimasak bersama dengan bumbu-bumbu opor. Anda juga dapat menambahkan kentang, tahu, atau tempe untuk variasi lebih beragam. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan daging ayam tanpa tulang untuk memudahkan saat menyantap hidangan.

Baca Juga :  Resep Cheese Ball Tahu Putih, Makanan Gorengan Kekinian yang Disukai Banyak Orang

Manfaat Konsumsi Opor Ayam Lebaran

Opor ayam Lebaran tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Daging ayam kaya akan protein yang penting untuk membangun otot dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, santan juga mengandung lemak sehat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Rempah-rempah yang digunakan dalam opor ayam juga memiliki manfaat sebagai antioksidan alami yang baik untuk tubuh.

Kesimpulan

Opor ayam Lebaran adalah hidangan yang sangat populer di Indonesia, terutama saat momen Lebaran tiba. Hidangan ini memiliki cita rasa yang lezat dan gurih, serta kaya akan rempah-rempah yang membuatnya semakin istimewa. Dengan mengikuti resep dan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat menciptakan hidangan opor ayam Lebaran yang lezat dan nikmat untuk disantap bersama keluarga dan kerabat.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak opor ayam Lebaran? Untuk memasak opor ayam Lebaran, waktu yang dibutuhkan sekitar 1,5 – 2 jam hingga daging ayam empuk dan bumbu meresap sempurna.

Apakah bisa menggunakan ayam kampung untuk membuat opor ayam Lebaran? Tentu saja, Anda dapat menggunakan ayam kampung untuk membuat opor ayam Lebaran. Daging ayam kampung memiliki tekstur yang lebih kenyal dan kaya akan rasa, memberikan cita rasa yang lebih autentik pada hidangan.

Baca Juga :  Memasak Resep Nasi Krawu Khas Gresik yang Mudah Lezat

Apakah opor ayam Lebaran bisa disimpan dalam freezer? Ya, opor ayam Lebaran bisa disimpan dalam freezer untuk menikmati kembali di lain waktu. Pastikan untuk menyimpan dalam wadah kedap udara dan disimpan dalam suhu yang tepat agar tetap segar.

Apakah opor ayam Lebaran cocok disajikan dengan nasi impit? Tentu saja, opor ayam Lebaran sangat cocok disajikan dengan nasi impit atau nasi putih hangat. Paduan antara kuah gurih opor ayam dengan nasi putih akan menciptakan sensasi rasa yang luar biasa.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan