Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Kuah Bakso Lebaran, aroma rempah-rempah yang khas

Resep Kuah Bakso Lebaran, aroma rempah-rempah yang khas

Resep Kuah Bakso Lebaran

Resep Kuah Bakso Lebaran

Recipe By siti
Course: Bakso Cusine:Indonesia Difficulty:mudah

Servings

6 minutes

Preparing Time

60 minutes

Cooking Time

120 minutes

Calories

450 kcal

INGREDIENTS

  1. bawang putih

  2. bawang merah

  3. garam

  4. merica bubuk

  5. penyedap rasa secukupnya

  6. ketumbar

  7. jintan

  8. cengkeh

DIRECTION

  1. Sementara bakso direbus

    Sementara bakso direbus, Anda bisa mulai membuat kuahnya. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum, lalu tambahkan air dan biarkan mendidih. Tambahkan garam, merica bubuk, dan penyedap rasa secukupnya.

  2. Agar kuah bakso Lebaran Anda semakin lezat dan harum

    Agar kuah bakso Lebaran Anda semakin lezat dan harum, Anda bisa menambahkan rempah-rempah pilihan seperti ketumbar, jintan, dan cengkeh. Sangrai rempah-rempah tersebut hingga harum, lalu haluskan. Tambahkan rempah-rempah yang sudah dihaluskan ke dalam kuah bakso dan aduk hingga merata. Diamkan sebentar agar rempah-rempah benar-benar menyatu dengan kuah. Anda akan merasakan aroma rempah yang khas begitu kuah bakso Lebaran Anda disajikan.

NOTES

Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran adalah momen istimewa yang dinantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Selain sebagai ajang untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan sanak saudara, Lebaran juga identik dengan hidangan lezat yang disajikan untuk merayakan hari kemenangan setelah sebulan penuh menjalani ibadah puasa.

Salah satu hidangan yang tidak boleh absen di meja Lebaran adalah bakso. Kuah hangat dengan aroma rempah-rempah yang khas menjadi pilihan favorit bagi banyak orang. Jika Anda ingin mencoba membuat kuah bakso Lebaran sendiri di rumah, berikut adalah resep yang bisa Anda coba.

Baca Juga :  Resep Daging Slice Goreng, lezat dan menggugah selera

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat kuah bakso Lebaran yang lezat, Anda memerlukan beberapa bahan utama seperti daging sapi cincang, tepung sagu, telur ayam, bawang putih, bawang merah, garam, merica bubuk, dan penyedap rasa. Selain itu, Anda juga memerlukan bahan pelengkap seperti daun bawang, seledri, bawang goreng, dan minyak wijen. Pastikan untuk memilih bahan-bahan yang segar dan berkualitas agar hasil akhirnya pun maksimal.

Langkah-langkah Pembuatan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat adonan bakso. Campurkan daging sapi cincang, tepung sagu, telur ayam, bawang putih yang sudah dihaluskan, garam, merica bubuk, dan penyedap rasa. Aduk semua bahan hingga merata dan bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil. Setelah itu, rebus bakso dalam air mendidih hingga matang. Sementara bakso direbus, Anda bisa mulai membuat kuahnya. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum, lalu tambahkan air dan biarkan mendidih. Tambahkan garam, merica bubuk, dan penyedap rasa secukupnya.

Tambahan Rempah-rempah

Agar kuah bakso Lebaran Anda semakin lezat dan harum, Anda bisa menambahkan rempah-rempah pilihan seperti ketumbar, jintan, dan cengkeh. Sangrai rempah-rempah tersebut hingga harum, lalu haluskan. Tambahkan rempah-rempah yang sudah dihaluskan ke dalam kuah bakso dan aduk hingga merata. Diamkan sebentar agar rempah-rempah benar-benar menyatu dengan kuah. Anda akan merasakan aroma rempah yang khas begitu kuah bakso Lebaran Anda disajikan.

Baca Juga :  Pengen Makan Seafood ? Coba Buat Kepiting Saus Lada Hitam

Penyajian dan Hidangan Pendamping

Untuk menyajikan kuah bakso Lebaran, letakkan beberapa bakso dalam mangkuk, lalu tuangkan kuah panas di atasnya. Taburi dengan daun bawang, seledri, bawang goreng, dan tetesan minyak wijen untuk memberikan aroma dan rasa yang semakin menggugah selera. Hidangkan kuah bakso Lebaran selagi hangat sebagai hidangan pembuka sebelum hidangan utama. Anda juga bisa menambahkan mie rebus atau bihun sebagai pelengkap agar hidangan semakin nikmat.

Kesimpulan

Membuat kuah bakso Lebaran di rumah ternyata tidaklah sulit, asalkan Anda memiliki bahan-bahan yang tepat dan mengikuti langkah-langkah dengan teliti. Kuah hangat dengan aroma rempah-rempah khas akan membuat hidangan Lebaran Anda semakin istimewa. Selamat mencoba dan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri bagi Anda yang merayakannya.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat kuah bakso Lebaran? Waktu yang dibutuhkan untuk membuat kuah bakso Lebaran sekitar 1-2 jam, tergantung pada jumlah porsi yang ingin Anda buat.

2. Bisakah saya menggunakan daging ayam untuk membuat bakso Lebaran? Tentu saja, Anda bisa menggunakan daging ayam sebagai alternatif jika tidak menyukai daging sapi. Namun, pastikan untuk memilih daging ayam yang segar dan berkualitas.

3. Apakah kuah bakso Lebaran bisa disimpan dalam freezer? Ya, Anda bisa menyimpan kuah bakso Lebaran dalam freezer untuk disantap di lain waktu. Pastikan untuk menyimpan dalam wadah kedap udara agar tetap segar.

Baca Juga :  Memasak Gulai Daun Singkong Spesial yang Lezat Sendiri di Rumah

4. Apa saja variasi bakso yang bisa ditambahkan ke dalam kuah bakso Lebaran? Selain bakso sapi, Anda juga bisa menambahkan bakso ikan, bakso udang, atau bakso sayuran sesuai selera Anda. Kombinasi berbagai jenis bakso akan menambah kelezatan hidangan.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan