Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Sayur Ketupat, hidangan yang selalu hadir saat Hari Raya Idul Fitri

Resep Sayur Ketupat, hidangan yang selalu hadir saat Hari Raya Idul Fitri

Resep Sayur Ketupat

Resep Sayur Ketupat

Recipe By siti
Course: sayur Cusine:indonesia Difficulty:mudah

Servings

4 minutes

Preparing Time

30 minutes

Cooking Time

20 minutes

Calories

200 kcal

INGREDIENTS

  1. ketupat matang yang sudah dipotong-potong

  2. sayuran seperti kacang panjang

  3. wortel

  4. labu siam yang telah dipotong sesuai selera

  5. santan encer

  6. santan kental

  7. bawang merah

  8. bawang putih

  9. ketumbar

  10. kunyit

  11. jahe

  12. daun salam

DIRECTION

  1. Pertama-tama

    Pertama-tama, tumis bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, jahe, dan daun salam hingga harum.

  2. Setelah itu

    Setelah itu, masukkan sayuran yang telah dipotong-potong ke dalam tumisan bumbu dan aduk hingga sayuran setengah matang.

  3. Tuangkan

    Tuangkan santan encer dan santan kental ke dalam tumisan sayuran, lalu aduk rata dan masak hingga mendidih.

  4. Tambahkan

    Tambahkan potongan ketupat ke dalam kuah sayur dan biarkan hingga bumbu meresap sempurna ke dalam ketupat dan sayuran.

  5. Jika sudah matang

    Jika sudah matang, angkat sayur ketupat dari kompor dan sajikan selagi hangat.

NOTES

Selamat datang di artikel kami yang akan membahas tentang resep sayur ketupat Lebaran. Sayur ketupat merupakan salah satu hidangan khas yang selalu hadir di meja makan saat Hari Raya Idul Fitri tiba. Kombinasi antara ketupat yang empuk dan kuah sayur yang gurih membuat hidangan ini sangat disukai oleh banyak orang. Tidak hanya lezat, sayur ketupat juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, kami akan membagikan resep sayur ketupat Lebaran yang mudah dan praktis untuk Anda coba di rumah.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat sayur ketupat Lebaran, Anda memerlukan beberapa bahan utama seperti ketupat, sayuran segar, santan, dan bumbu dapur. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain ketupat matang yang sudah dipotong-potong, sayuran seperti kacang panjang, wortel, dan labu siam yang telah dipotong sesuai selera, santan encer dan santan kental, serta bumbu seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, jahe, dan daun salam. Pastikan untuk menyiapkan semua bahan dengan baik sebelum memasak sayur ketupat agar proses memasak berjalan lancar.

Baca Juga :  Kue Gemblong, Si Legit Legend, Coba deh Resepnya

Langkah Pembuatan Sayur Ketupat Lebaran

Pertama-tama, tumis bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, jahe, dan daun salam hingga harum. Setelah itu, masukkan sayuran yang telah dipotong-potong ke dalam tumisan bumbu dan aduk hingga sayuran setengah matang. Tuangkan santan encer dan santan kental ke dalam tumisan sayuran, lalu aduk rata dan masak hingga mendidih. Tambahkan potongan ketupat ke dalam kuah sayur dan biarkan hingga bumbu meresap sempurna ke dalam ketupat dan sayuran. Jika sudah matang, angkat sayur ketupat dari kompor dan sajikan selagi hangat.

Tips Tambahan

Agar sayur ketupat Lebaran yang Anda buat memiliki rasa yang lebih gurih dan lezat, Anda dapat menambahkan beberapa potong daging sapi rebus ke dalam kuah sayur. Daging sapi akan memberikan cita rasa yang kaya pada kuah sayur dan membuat hidangan ini semakin lezat. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan telur rebus atau tahu goreng sebagai pelengkap sayur ketupat. Kombinasi antara ketupat, sayur, dan daging sapi akan menciptakan hidangan yang nikmat dan bergizi untuk Anda sajikan bersama keluarga saat Lebaran tiba.

Variasi Sayur Ketupat Lebaran

Selain menggunakan sayuran seperti kacang panjang, wortel, dan labu siam, Anda juga bisa bereksperimen dengan bahan lain untuk membuat sayur ketupat Lebaran. Beberapa variasi sayuran yang bisa Anda tambahkan adalah daun singkong, daun melinjo, rebung, dan tauge. Penggunaan berbagai macam sayuran akan menambahkan tekstur dan cita rasa yang beragam pada hidangan ini. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan sambal atau irisan cabai rawit untuk memberikan sensasi pedas yang nikmat pada sayur ketupat.

Baca Juga :  Sedap dan Menggugah Selera Makan, Resep Ikan Woku Belanga Harus Dicoba!

Manfaat Sayur Ketupat Lebaran

Sayur ketupat Lebaran tidak hanya enak dan lezat, tetapi juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Sayuran yang digunakan dalam hidangan ini mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan kesehatan usus. Selain itu, santan yang digunakan sebagai bahan kuah sayur mengandung lemak sehat yang baik untuk menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh. Dengan mengonsumsi sayur ketupat secara teratur, Anda dapat menjaga kesehatan tubuh dan mendapatkan asupan nutrisi yang cukup saat Lebaran tiba.

Kesimpulan

Dengan mengikuti resep sayur ketupat Lebaran yang kami bagikan di atas, Anda dapat dengan mudah membuat hidangan lezat dan bergizi untuk disajikan saat Lebaran tiba. Kombinasi antara ketupat, sayuran, santan, dan bumbu dapur akan menciptakan hidangan yang nikmat dan khas untuk Anda nikmati bersama keluarga. Jangan lupa untuk berkreasi dengan variasi sayuran dan tambahan daging sapi agar sayur ketupat semakin lezat dan bergizi. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan sayur ketupat Lebaran bersama orang-orang terkasih!

FAQ (Frequently Asked Questions)

Apakah sayur ketupat Lebaran hanya cocok disajikan saat Idul Fitri?

Tidak, sayur ketupat Lebaran dapat disajikan kapan pun Anda inginkan. Hidangan ini dapat menjadi pilihan yang lezat untuk santapan sehari-hari atau acara spesial lainnya.

Baca Juga :  Tumis kikil sapi pedas manis nikmat yang mengguggah selera

Apakah saya bisa menggunakan ketupat yang belum matang untuk membuat sayur ketupat?

Sebaiknya gunakan ketupat yang sudah matang untuk membuat sayur ketupat. Ketupat matang lebih mudah diserap oleh kuah sayur dan memiliki tekstur yang lebih lembut.

Apakah saya bisa mengganti santan dengan susu untuk membuat sayur ketupat Lebaran?

Anda dapat mengganti santan dengan susu sebagai bahan pengganti, namun rasanya akan sedikit berbeda. Santan memberikan cita rasa khas pada sayur ketupat yang tidak bisa digantikan oleh susu.

Berapa lama sayur ketupat Lebaran bisa disimpan dalam lemari pendingin?

Sayur ketupat Lebaran dapat disimpan dalam lemari pendingin selama 2-3 hari. Pastikan untuk menyimpannya dalam wadah kedap udara agar tidak cepat basi dan tetap segar.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info