Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Ceker Pedas, Sajian Tepat Saat Kumpul, Ini Resepnya

Ceker Pedas, Sajian Tepat Saat Kumpul, Ini Resepnya

Resep Ceker Pedas (1)

Resep Ceker Pedas

Bahan Resep Cakar Pedas

Untuk membuat masakan ceker pedas atau “Resep Cakar Pedas” yang lezat, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut [1]: 

  1. 1/2 kg ceker ayam, cuci dengan cuka lalu bilas dengan air mengalir 
  2. 8 bawang merah 
  3. 4 siung bawang putih 
  4. Segenggam cabai keriting 
  5. Garam dan gula pasir secukupnya 
  6. Minyak goreng 

Setelah semua bahan yang diperlukan sudah terkumpul, Anda bisa mulai menyiapkan masakan dengan mencuci dan merebus ceker ayam hingga empuk. 

Sisihkan dan siapkan bahan bumbu dengan cara haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabai hingga halus. Panaskan sedikit minyak dalam wajan dan tumis campuran bumbu hingga harum.

Langkah selanjutnya dalam membuat masakan ceker pedas adalah 

  1. dengan memasukkan ceker ayam yang sudah direbus ke dalam wajan yang sudah diberi campuran bumbu tumis [2]. 
  2. Campur semuanya dengan baik dan masak beberapa menit lagi sampai ceker ayam terlumuri saus pedas sepenuhnya. 
  3. Anda bisa menyesuaikan bumbu dengan menambahkan garam dan gula sesuai selera [3]. 
  4. Setelah hidangan siap, Anda bisa menyajikannya panas dengan nasi putih. 
  5. Agar masakan semakin beraroma, Anda bisa mencoba menambahkan bahan lain seperti jahe, daun jeruk, atau kecap [4]. 
  6. Variasi lainnya adalah membuat ceker pedas ala Korea dengan menaburkan biji wijen di atasnya [5]. 
  7. Ada banyak cara berbeda untuk menyiapkan hidangan ini, jadi silakan bereksperimen dan temukan resep favorit Anda.

Untuk menyimpan sisa masakan ceker pedas, pastikan menyimpannya dalam wadah kedap udara di lemari es. 

Ini akan membantu menjaga rasa dan mencegah pertumbuhan bakteri [6]. Saat memanaskan kembali piring, pastikan melakukannya secara menyeluruh untuk menghindari penyakit bawaan makanan. 

Untuk menyajikan hidangan ini, Anda bisa menghiasinya dengan daun ketumbar cincang atau daun bawang untuk menambah kesegaran dan rasa [7]. 

Hidangan ini sangat cocok untuk dibagikan kepada teman dan keluarga, terutama saat acara atau acara kumpul-kumpul khusus. Ingatlah untuk selalu mencuci ceker ayam hingga bersih sebelum dimasak dan menanganinya dengan hati-hati untuk menghindari kecelakaan [8].

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Cakar Kepiting Segar** – Saat menyiapkan resep ceker kepiting pedas, penting untuk memulai dengan ceker kepiting segar. Carilah cakar yang kokoh, berwarna cerah, dan berbau asin. Hindari cakar yang berbau tidak sedap, karena dapat mengindikasikan pembusukan. Kesegaran adalah kunci untuk mendapatkan rasa dan tekstur terbaik pada hidangan Anda.

Baca Juga :  Resep Dadar Gulung Isi Kelapa Yang Lembut Dan Enak

**Menyeimbangkan Tingkat Rempah** – Mencapai tingkat kepedasan yang sempurna sangat penting untuk keberhasilan hidangan ceker kepiting pedas. Pertimbangkan toleransi panas audiens Anda dan sesuaikan tingkat kepedasannya. Anda bisa menggunakan kombinasi cabai segar, cabai serpih, atau saus pedas untuk menambah rasa pedas, namun hati-hati jangan sampai melebihi rasa manis alami daging kepiting.

**Marinasi untuk Infus Rasa** – Merendam ceker kepiting dalam campuran beraroma sebelum dimasak dapat meningkatkan kualitas hidangan secara signifikan. Buat marinade menggunakan bahan-bahan seperti bawang putih, jahe, kecap asin, dan sedikit jeruk untuk mencerahkannya. Biarkan ceker terendam setidaknya selama 30 menit, atau bahkan semalaman, agar bumbu meresap ke dalam daging sepenuhnya.

**Teknik Memasak Optimal** – Saat memasak ceker kepiting pedas, penting untuk memilih metode yang menjaga tekstur lembut daging kepiting sambil menambahkan rasa pedas ke dalamnya. Pertimbangkan teknik seperti memanggang, mengukus, atau menumis untuk memasak ceker. Misalnya, memanggang ceker dengan bumbu marinasi pedas dapat memberikan rasa smoky sekaligus menjaga kelembutan daging.

**Saran Menghias dan Menyajikan** – Tingkatkan presentasi dan cita rasa ceker kepiting pedas Anda dengan menambahkan hiasan pelengkap. Taburkan daun ketumbar cincang, daun bawang, atau perasan air jeruk nipis segar di atas ceker yang sudah matang untuk menambah semburat warna dan kesegaran. Pertimbangkan untuk menyajikan hidangan dengan tambahan aioli pedas atau salad mentimun dingin untuk menyeimbangkan panas dan menawarkan beragam rasa. Kiat dan praktik terbaik ini akan membantu Anda menciptakan hidangan ceker kepiting pedas yang lezat dan berkesan yang pasti akan mengesankan tamu Anda.

Baca Juga :  Resep Serundeng Daging Pedas, Masakan Istimewa untuk Stok Lauk di Rumah

FAQ

Q: Bahan apa saja yang dibutuhkan untuk resep Cakar Pedas? A: Bahan-bahan yang biasanya dibutuhkan untuk membuat resep Ceker Pedas antara lain ceker ayam, bawang putih, jahe, bawang merah, cabai merah, cabai rawit, terasi asam jawa, gula merah, garam, dan minyak goreng.

Q: Bagaimana cara membuat Cakar Pedas langkah demi langkah? A: Untuk membuat Ceker Pedas, pertama bersihkan ceker ayam lalu marinasi dengan garam. Selanjutnya, goreng ceker ayam hingga berwarna keemasan dan renyah. Di wajan terpisah, tumis bawang putih, jahe, bawang merah, cabai merah, dan cabai rawit. Lalu masukkan pasta asam jawa, gula merah, dan sedikit garam. Terakhir masukkan ceker ayam goreng ke dalam adonan dan aduk hingga terlumuri saus pedas secara merata.

Q: Bisakah Anda memberikan beberapa tips untuk menyajikan dan menyimpan Cakar Pedas? A: Cakar Pedas paling enak disajikan panas dan renyah sebagai hidangan pembuka atau camilan yang lezat. Untuk menyimpan sisa makanan, pastikan makanan sudah benar-benar dingin sebelum dipindahkan ke wadah kedap udara dan didinginkan. Panaskan kembali dalam oven untuk hasil terbaik.

Q: Apakah Spicy Claw mirip dengan resep selada dr kubis pedas lainnya? A: Tidak, Spicy Claw berbeda dengan resep selada dr kubis tradisional seperti coleslaw. Hidangan unik ini menyajikan ceker ayam renyah yang dilumuri saus pedas dan beraroma, berbeda dari hidangan selada dr kubis berbahan dasar kubis suwir pada umumnya.

Q: Seberapa pedas Cakar Pedasnya? A: Pedasnya Spicy Claw bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Jumlah cabai merah dan cabai rawit yang digunakan dapat dimodifikasi untuk menambah atau mengurangi tingkat kepedasan masakan.

Referensi : 

1.   Ceker Pedas (masakan rumah sederhana).  (n.d.)   Diperoleh December 28, 2023, dari cookpad.com 

Baca Juga :  Udang Kentang Tauco, Sensasi Gurih Asin Manis Untuk Bekal Kerja

2.   Cara Membuat Ceker Pedas Menggugah Selera, Mudah ….  (n.d.)   Diperoleh December 28, 2023, dari www.merdeka.com 

3.   Resep Ceker Pedas Mercon Lengkuas, Enak dan Bikin ….  (n.d.)   Diperoleh December 28, 2023, dari www.fimela.com 

4.   Resep Ceker Pedas Manis Empuk dan Simple, Ide Jualan ….  (n.d.)   Diperoleh December 28, 2023, dari www.kompas.com 

5.   Resep Ceker Pedas Korea, Lauk Praktis yang Bikin Boros ….  (n.d.)   Diperoleh December 28, 2023, dari www.idntimes.com 

6.   5 Rekomendasi Resep Ceker Pedas Lezat untuk ….  (n.d.)   Diperoleh December 28, 2023, dari beritajatim.com 

7.   17 Resep olahan ceker ayam paling enak, simpel dan ….  (n.d.)   Diperoleh December 28, 2023, dari www.briliofood.net 

8.   Resep Ceker Pedas ala Resto, Cocok Buat Camilan ….  (n.d.)   Diperoleh December 28, 2023, dari www.sasa.co.id 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan