Lompat ke konten
Home » Resep » Bagaimana Sih Membuat Ayam Goreng Kremes yang Lezat? Baca Dulu Resepnya Berikut

Bagaimana Sih Membuat Ayam Goreng Kremes yang Lezat? Baca Dulu Resepnya Berikut

Resep ayam goreng kremes

Keyword : resep ayam goreng kremes

Apakah Anda sudah mengetahui resep ayam goreng kremes yang rasanya benar-benar kriuk, gurih, dan menggoyang lidah? Ayam goreng yang ditaburi kremesan seperti yang dijual di rumah makan besar.

Jika belum, di sini akan diberikan informasi selengkapnya mengenai bahan, bumbu, dan cara membuat ayam goreng kremes spesial khusus untuk Anda sekalian.
Rasa ayam goreng yang gurih ditambah kremesan yang kriuk. Apalagi ditambah sambal dan lalapan sebagai pelengkapnya.

Memang benar-benar kuliner yang menggugah rasa. Lebih baik memasak ayam goreng kremes sendiri di rumah, daripada membeli atau memesannya dengan harga tinggi. Lalu, bagaimana cara memasak resep ayam goreng kremes yang direkomendasikan? Berikut informasi selengkapnya.

Bahan utama

  1. 1 ekor ayam negeri atau ayam kampung
  2. 3 batang serai
  3. 3 lembar daun salam
  4. 3 lembar daun jeruk
  5. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 7 siung bawang putih
  2. 5 siung bawang merah
  3. 5 butir kemiri
  4. 3 – 5 kunyit ukuran sedang
  5. 3 cm lengkuas
  6. 1 cm jahe
  7. 1 sendok teh ketumbar
  8. ½ sendok teh lada bubuk
  9. 1 sendok teh garam

Bahan kremesan

  1. 20 ml air sisa ungkep ayam
  2. 1 butir telur ayam
  3. 125 gram tepung sagu atau tapioka
  4. 2 sendok makan tepung beras
  5. 1 sendok makan santan kental
  6. ½ sendok teh baking powder
  7. 100 ml air matang
Baca Juga :  Kangen dengan Cemilan Mall, Yuk buat Churros Ala Mall dirumah aja

Bahan pelengkap

  1. Timun dan kubis secukupnya untuk lalapan
  2. 7 buah cabai rawit atau sesuai selera
  3. 1 buah tomat
  4. 5 siung bawang merah
  5. 2 siung bawang putih
  6. 1 sendok teh gula Jawa
  7. ½ sendok teh garam
  8. ½ sendok teh terasi (jika menginginkan)

Cara memasak ayam goreng kremes

Setelah semua bahan dan bumbu di atas siap, segera praktikkan cara memasak resep ayam goreng kremes berikut.

  1. Bersihkan dulu ayam di bawah air mengalir. Anda bisa memotongnya beberapa bagian atau satu ekor ayam utuh. Setelah itu, rebus ayam sekitar 30 menit. Jika Anda menggunakan ayam kampung, waktu merebusnya lebih lama lagi karena tekstur dagingnya lebih keras dan padat. Setelah matang, tiriskan ayam dan sisihkan.
  2. Selanjutnya, haluskan semua bumbu yang sudah disiapkan. lalu, siapkan wajan atau panci yang sudah diberi air secukupnya untuk mengungkep ayam. Masukkan ayam beserta bumbu halus. Aduk sebentar dan kecilkan api kompor. Ungkep ayam hingga airnya menyusut agar bumbu ungkep meresap. Angkat dan tiriskan. Jangan buang air sisa ungkepan ayam karena bisa digunakan untuk membuat kremesan.
  3. Siapkan wajan penggorengan, beri minyak goreng secukupnya, dan nyalakan kompor. Setelah panas, masukkan ayam yang sudah diungkep tadi. Goreng hingga matang berwarna coklat keemasan. Angkat dan tiriskan. Ayam goreng sudah matang.
  4. Selanjutnya, Anda bisa membuat kremesannya. Campurkan air sisa ungkepan dengan semua bahan kremesan yang sudah disiapkan. Aduk merata.
  5. Setelah itu, panaskan wajan penggorengan dengan diberi minyak goreng secukupnya. Tuangkan adonan kremesan dengan sendok sayur ke dalam wajan. Goreng dengan api kecil saja. Jangan lupa membolak-baliknya agar tidak gosong. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Kremesan ayam goreng sudah jadi.
  6. Jangan lupa membuat sambal sebagai pelengkap ayam goreng kremes. Panaskan wajan penggorengan lagi dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Lalu, tumis cabai, tomat, bawang merah, dan bawang putih hingga layu. Angkat dan tiriskan.
  7. Siapkan cobek dan tuang tumisan sambal di atasnya. Tambahkan gula jawa dan garam. Beri sedikit minyak goreng sisa menumis. Setelah itu, campur dan ulek hingga halus dan lembut. Sambal sudah jadi.
  8. Siapkan piring saji untuk plating. Letakkan ayam goreng di atasnya. Beri kremesan secukupnya di atas ayam goreng. Hidangkan dengan irisan timun dan kubis sebagai lalapan. Tuangkan sambal di mangkuk kecil.
  9. Akhirnya, resep ayam goreng kremes sudah matang dan siap disantap. Siapkan juga nasi hangat agar lebih mantap. Selamat mencoba.
Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan