Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Saus Krim Ayam, Sajian Enak Ayam Kremensan

Saus Krim Ayam, Sajian Enak Ayam Kremensan

saus krim ayam kremesan (1)

Resep membuat saus krim ayam Kremesan

Untuk membuat saus krim ayam kremesan yang lezat, dibutuhkan beberapa bahan yang mudah didapat. Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat saus krim ayam antara lain: 

  1. 350 gr tepung terigu 
  2. 50 gr tepung kanji 
  3. 300 ml kaldu ayam 
  4. 200 ml santan kental 
  5. 1 butir kuning telur 

Bahan-bahan tersebut dapat ditemukan dengan mudah di pasar atau toko bahan makanan terdekat. 

Tepung kanji dan tepung terigu dapat diganti dengan tepung sagu jika tidak tersedia[1].

Setelah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah mengikuti petunjuk langkah demi langkah untuk menyiapkan saus krim ayam kremesan yang lezat[2]. Berikut adalah petunjuk langkah demi langkah untuk menyiapkan saus krim ayam kremesan: 

  1. Campurkan santan kental, kaldu ayam, air dan kuning telur, aduk rata. 
  2. Tambahkan tepung kanji dan tepung terigu, aduk rata. 
  3. Panaskan minyak, masukkan adonan saus, aduk hingga mengental. 

Dengan mengikuti petunjuk langkah demi langkah ini, saus krim ayam yang lezat dapat disajikan dengan mudah.

Setelah menyiapkan saus krim ayam, ada beberapa tips yang dapat diikuti untuk menyajikan dan menyimpan saus[3][4]. 

Tips-tips tersebut antara lain: 

  1. Saus krim ayam dapat disajikan bersama dengan ayam goreng atau kremesan ayam. 
  2. Saus krim ayam dapat disimpan dalam wadah tertutup di dalam lemari es selama beberapa hari. 
  3. Sebelum digunakan kembali, panaskan saus krim ayam terlebih dahulu di atas api kecil hingga panas. 

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, saus krim ayam dapat disajikan dengan sempurna dan tetap lezat disimpan dalam waktu yang lama.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Menyeimbangkan Rasa** – Saat membuat saus krim ayam, penting untuk menyeimbangkan rasa masakan. Sausnya harus memiliki perpaduan harmonis antara gurih, lembut, dan mungkin sedikit asam. Misalnya, jika sausnya terasa terlalu kental, Anda bisa menyeimbangkannya dengan sedikit anggur putih atau perasan jus lemon untuk menambahkan sedikit rasa asam.

Baca Juga :  Daging Sengkel Cabai Hijau Enak, Mudah Membuatnya

**Konsistensi** – Perhatikan kekentalan saus creme. Itu harus lembut dan halus, tidak terlalu encer atau terlalu kental. Sesuaikan jumlah krim atau kaldu dalam saus untuk mencapai konsistensi yang diinginkan. Contoh klasik dari saus krim yang sangat seimbang adalah “Sauce Suprême” Prancis, yang merupakan saus kental dan kental yang sering disajikan dengan hidangan unggas.

**Bumbu** – Bumbu yang tepat sangat penting untuk meningkatkan cita rasa saus krim ayam. Gunakan kombinasi garam, merica, dan mungkin sedikit bumbu atau rempah untuk meningkatkan rasanya. Ingatlah untuk mencicipi sausnya saat Anda memasaknya dan sesuaikan bumbunya. Saus krim yang dibumbui dengan baik dapat mengubah hidangan ayam sederhana menjadi hidangan gourmet.

**Bahan Berkualitas** – Gunakan bahan-bahan berkualitas tinggi saat menyiapkan saus krim. Ramuan segar, kaldu ayam berkualitas baik, dan jenis krim yang beraroma dapat memberikan perbedaan yang signifikan pada rasa akhir saus. Misalnya, menggunakan tarragon yang baru dicincang dalam saus krim tarragon ayam dapat memberikan rasa aromatik yang nikmat pada hidangan.

**Emulsifikasi yang Tepat** – Mengemulsi saus dengan benar adalah kunci untuk mendapatkan tekstur yang halus dan lembut. Untuk mencapai hal ini, penting untuk mengocok saus secara terus menerus sambil menambahkan krim ke dasarnya. Teknik ini membantu mencegah saus menjadi menggumpal dan memastikan tekstur yang konsisten di seluruh bagiannya. Contoh klasik saus krim yang teremulsi dengan baik adalah “Saus Alfredo” Italia, yang terkenal dengan teksturnya yang lembut dan mewah. Dengan mengikuti tips dan praktik terbaik ini, Anda dapat menciptakan saus krim ayam yang lezat dan seimbang yang akan meningkatkan kenikmatan kuliner masakan ayam Anda ke tingkat yang baru.

Baca Juga :  Resep Membuat Chicken Wings ala Restoran

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat saus krim ayam? A: Untuk membuat saus krim ayam, Anda membutuhkan dada ayam, mentega, bawang putih, bawang merah, kaldu ayam, krim kental, keju parmesan, garam, merica, dan peterseli segar.

Q: Bisakah Anda memberikan petunjuk langkah demi langkah untuk menyiapkan saus? A: Tentu! Pertama, Anda perlu memasak dada ayam dalam wajan sampai bagian tengahnya tidak lagi berwarna merah muda. Lalu, keluarkan ayam dari wajan dan sisihkan. Dalam wajan yang sama, lelehkan mentega dan tumis bawang putih dan bawang bombay. Selanjutnya tambahkan kaldu ayam dan biarkan mendidih. Kemudian, tuangkan krim kental dan biarkan campuran mendidih hingga mengental. Terakhir, masukkan keju parmesan, garam, merica, dan peterseli, lalu masukkan kembali ayam ke dalam wajan untuk melapisinya dengan saus.

Q: Bagaimana cara menyajikan dan menyimpan saus krim ayam? A: Saus krim ayam dapat disajikan di atas pasta atau nasi matang, atau bersama sayuran panggang atau kukus. Untuk menyimpan saus, biarkan hingga benar-benar dingin lalu pindahkan ke wadah kedap udara. Dapat disimpan di lemari es hingga 3 hari. Saat memanaskan kembali, hangatkan perlahan saus dalam panci dengan api kecil, aduk sesekali.

Q: Apakah resep saus krim ayam bisa disesuaikan dengan bahan tambahan? A: Ya, Anda dapat menyesuaikan sausnya dengan menambahkan bahan-bahan seperti tomat yang dijemur, bayam, atau jamur untuk menambah rasanya. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai bumbu dan rempah sesuai selera Anda.

Q: Apa saja tips membuat saus krim ayam yang creamy dan beraroma? A: Untuk memastikan saus krim ayam yang lembut dan beraroma, gunakan bahan-bahan segar bila memungkinkan. Selain itu, sesuaikan bumbu sesuai selera Anda dengan menambahkan lebih banyak garam, merica, atau bumbu sesuai kebutuhan. Perhatikan suhu panas saat merebus saus agar saus tidak menggumpal, dan jangan lupa membiarkan saus mendidih hingga mencapai kekentalan yang diinginkan untuk mendapatkan tekstur yang kaya dan lezat.

Baca Juga :  Churros Keju dan Es Krim Goreng, Ide Jualan Snack Kekinian

Referensi : 

1.   Bahan dan Cara Membuat Kremesan untuk Ayam Goreng.  (n.d.)   Diperoleh December 25, 2023, dari www.fimela.com 

2.   7 Resep Kremesan Gurih dan Renyah, Mudah Cara Buatnya!.  (n.d.)   Diperoleh December 25, 2023, dari www.orami.co.id/magazine/resep-kremesan 

3.   Mau Bikin Kremesan Ayam di Rumah Anti Repot? Simak ….  (n.d.)   Diperoleh December 25, 2023, dari food.indozone.id 

4.   Resep Kremesan Ayam Tepung Beras.  (n.d.)   Diperoleh December 25, 2023, dari www.idntimes.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan