Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Cara membuat kue ape betawi Enak dan Mudah

Cara membuat kue ape betawi Enak dan Mudah

resep kue ape khas betawi (2)

Resep kue ape khas betawi

Kue ape betawi merupakan kue tradisional populer asal Jakarta yang masih mudah ditemukan dan dijual di pinggir jalan[1]. Untuk membuat kue yang enak ini, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah: 

  1. 200 gram tepung beras 
  2. 100 gram tepung terigu protein sedang 
  3. 1 sendok teh baking powder 
  4. 1/2 sendok teh garam 
  5. 175 gram gula pasir 
  6. 2 telur 
  7. 250 ml santan 

Bahan-bahan ini banyak tersedia di sebagian besar supermarket dan pasar tradisional.

Untuk menyiapkan adonan, ikuti petunjuk langkah demi langkah berikut: 

  1. Campur tepung beras, tepung terigu, baking powder, garam, dan gula pasir dalam satu wadah. 
  2. Tambahkan telur dan santan. Aduk rata hingga adonan kalis. 
  3. Panaskan wajan dan olesi sedikit dengan minyak. 
  4. Tuang adonan kedalam loyang lalu masak dengan api kecil hingga matang dan berwarna coklat keemasan. 
  5. Balik kue dan masak sisi lainnya hingga berwarna coklat keemasan. 
  6. Campuran adonan juga dapat dimodifikasi dengan menambahkan jus pandan atau pewarna makanan untuk memberi warna hijau pada kue[1][2]. 
  7. Modifikasi ini menambah cita rasa dan aroma unik pada kue.

Untuk penyajian kue ape betawi disarankan dipotong kecil-kecil dan disajikan bersama secangkir teh atau kopi panas[3]. 

Kue juga dapat disimpan dalam wadah kedap udara pada suhu kamar hingga tiga hari[4]. Agar kue tetap renyah dan segar, sebaiknya panaskan kembali dalam oven pemanggang roti sebelum disajikan[1]. 

Dengan resep yang mudah diikuti ini, siapa pun bisa membuat kue ape Betawi yang lezat di dapurnya sendiri[3].

Tip Dan Praktik Terbaik

**Bahan Asli** – Gunakan bahan-bahan asli Betawi seperti santan, daun pandan, dan gula jawa agar tetap sesuai dengan resep tradisional. Penggantian bahan-bahan tersebut dapat mengubah rasa dan tekstur kue ape Betawi.

Baca Juga :  Resep Sup Jamur Kuping, Enak dan Segar Disantap

**Teknik Mengukus yang Benar** – Pastikan teknik mengukus tepat untuk mendapatkan tekstur yang tepat. Kue sebaiknya dikukus dengan api sedang selama kurang lebih 30-40 menit atau sampai matang sepenuhnya. Mengukus terlalu banyak dapat menghasilkan tekstur kering dan rapuh, sedangkan mengukus terlalu sedikit dapat menyebabkan bagian tengahnya mentah.

**Menyeimbangkan Manisnya** – Sesuaikan tingkat kemanisan kue sesuai selera pribadi. Beberapa resep mungkin memerlukan gula palem dalam jumlah tertentu, tetapi penting untuk mencicipi adonan dan menyesuaikan rasa manisnya sebelum dikukus.

**Teknik Pelapisan** – Perhatikan teknik pelapisan saat merakit kue. Setiap lapisan harus disebar dan dipadatkan secara merata untuk menciptakan efek lapisan yang berbeda dan menarik secara visual. Pelapisan yang tepat memastikan kue menyatu dengan baik saat diiris.

**Gaya Penyajian Tradisional** – Sajikan kue ape Betawi dengan cara tradisional, yaitu sering dipotong berbentuk ketupat atau persegi dan disajikan di atas daun pisang untuk sentuhan otentik. Penyajian ini menambah pengalaman dan keaslian menikmati masakan Betawi secara keseluruhan.

Baca Juga :  Resep dan Cara Pembuatan Rendang Tempe yang Enak

Pertanyaan Umum

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue ape Betawi? A: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue ape Betawi antara lain tepung terigu, gula pasir, gula merah, santan kelapa, pisang, vanili, garam, dan minyak goreng.

Q: Bagaimana langkah-langkah menyiapkan adonan kue ape Betawi? A: Langkah-langkah untuk menyiapkan adonan kue ape Betawi meliputi mencampurkan tepung terigu, gula pasir, gula merah, santan kelapa, pisang, vanili, dan garam hingga menjadi adonan yang kental dan merata. Setelah itu, adonan diisi ke dalam cetakan ape dan digoreng hingga matang.

Q: Apakah ada saran khusus dalam memasak kue ape Betawi? A: Saat memasak kue ape Betawi, pastikan minyak sudah cukup panas sebelum menggoreng adonan. Selain itu, pastikan juga untuk membalik adonan secara merata agar matang sempurna.

Q: Bagaimana cara penyajian kue ape Betawi yang baik? A: Kue ape Betawi disajikan dengan diletakkan di atas piring saji, bisa ditambahkan taburan gula halus diatasnya untuk memberikan tambahan rasa manis. Kue ape Betawi dapat disajikan selagi hangat untuk menikmati teksturnya yang lembut.

Q: Bisakah saya menambahkan bahan lain ke dalam adonan kue ape Betawi? A: Secara tradisional, kue ape Betawi menggunakan bahan-bahan yang telah disebutkan untuk menciptakan rasa dan tekstur khasnya. Namun, Anda bisa bereksperimen dengan menambahkan bahan lain sesuai selera pribadi, meskipun hal ini dapat mempengaruhi rasa dan tekstur akhir dari kue ape Betawi.

Baca Juga :  Resep Sambel Goreng Kentang Ati, Masakan khas Indonesia Terfavorit

Referensi : 

1.   Resep Kue Ape khas Betawi.  (n.d.)   Diperoleh January 28, 2024, dari www.fimela.com/food/read/4678836/resep-kue-ape-khas-betawi 

2.   Resep Kue Ape oleh Karlina.Kitchen.  (n.d.)   Diperoleh January 28, 2024, dari cookpad.com/id/resep/15367160-kue-ape 

3.   Resep Bikin Kue Ape Khas Betawi yang Mudah dan Renyah.  (n.d.)   Diperoleh January 28, 2024, dari www.idntimes.com 

4.   Resep Kue Ape Pandan – Food Fimela.com.  (n.d.)   Diperoleh January 28, 2024, dari www.fimela.com/food/read/5115465/resep-kue-ape-pandan 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan