Lompat ke konten
Home » Resep Soto Tangkar Khas Betawi yang Legendaris

Resep Soto Tangkar Khas Betawi yang Legendaris

Soto Tangkar (1)

Resep soto tangkar

Resep soto tangkar juga merupakan masakan khas Betawi. Diketakui ‘tangkar’ dalam bahasa Betawi berarti iga sapi. Jadi, bahan isian sekaligus protein hewani yang ada di dalam sotonya adalah iga sapi.

Biasanya masih dicampur dengan daging sapi beserta jeroannya, seperti babat, usus, limpa, kikil, dan yang lainnya.

Sepertinya cukup mudah menemukan penjual soto tangkar terutama Anda yang sekarang tinggal di Jakarta dan sekitarnya. Harga per porsinya belasan hingga puluhan ribu tergantung banyak sedikit isiannya.

Untuk membuat dan memasak soto tangkar memang tidak mudah. Bukan hanya bahan dan bumbunya yang banyak, tetapi cara memasaknya juga perlu memperhatikan beberapa hal agar rasa sotonya benar-benar mantul.

Anda yang tertantang ingin memasaknya sendiri di rumah, silahkan membaca terlebih dulu resep soto tangkar selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 250 gram iga sapi segar
  2. 250 gram daging sapi bagian sandung lamur atau bisa ditambahkan jeroannya
  3. 2 batang serai digeprek
  4. 3 cm lengkuas digeprek
  5. 2 lembar daun salam
  6. 4 lembar daun jeruk
  7. 3 butir kapulaga
  8. 2 buah kembang lawang
  9. 4 cm kayu manis
  10. 4 butir cengkih
  11. 1 sendok makan gula Jawa disisir
  12. 2 sendok teh garam
  13. 1,5 liter air
  14. 500 ml santan
  15. 3 sendok makan minyak goreng untuk menumis
  16. Kaldu bubuk secukupnya
Baca Juga :  Donat Kentang Kenyal #dirumahaja : Resep & Langkah

Bumbu yang dihaluskan

  1. 6 siung bawang putih
  2. 4 siung bawang putih
  3. 2 cm jahe
  4. 2 cm kunyit dibakar
  5. 3 butir kemiri disangrai
  6. 2 buah cabai merah besar
  7. 1 sendok teh ketumbar disangrai
  8. ¼ sendok teh jintan disangrai
  9. ½ sendok teh merica butiran
  10. ½ buah pala

Bahan pelengkap

  1. 2 buah tomat merah segar diiris tipis
  2. 2 helai daun bawang dipotong kecil
  3. 1 tangkai seledri dipotong kecil
  4. Bawang merah goreng secukupnya
  5. 2 buah jeruk nipis dibelah dua
  6. Kecam manis secukupnya
  7. Sambal cabai rawit secukupnya
  8. Kerupuk emping secukupnya

Cara memasak soto tangkar

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep soto tangkar dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan semua daging dan iga sapi di bawah air mengalir. Setelah itu, rebus sekitar 45 menit hingga setengah matang. Jika Anda menggunakan panci presto, bisa merebusnya selama 20 menit saja. Angkat dan sisihkan.
  2. Selanjutnya, rebus iga dan daging sapi untuk kedua kalinya di panci biasa dengan 1,5 liter air yang sudah disiapkan. Tambahkan kapulaga, kembang lawang, kayu manis, dan cengkih. Rebus hingga mendidih dengan api kompor kecil saja. 
  3. Langkah berikutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng yang sudah disiapkan untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan batang serai, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk. Tumis hingga semuanya tercampur rata dan layu. Matikan kompor.
  4. Setelah itu, angkat tumisan dan dan masukkan ke dalam panci rebusan daging. Aduk merata. Tuangkan santan ke dalam panci sambil diaduk perlahan agar santan tidak pecah. Bumbui gula Jawa dan garam, lalu aduk terus perlahan. Masak hingga iga dan daging sapi benar-benar matang serta empuk hingga kuahnya menyusut. Setelah itu, matikan kompor dan biarkan sejenak agar tidak terlalu panas..
  5. Angkat daging sapi yang sudah matang untuk dipotong kecil-kecil atau ukuran dadu. Sementara untuk iganya, Anda bisa memotongnya juga jika ukurannya terlalu besar.
  6. Selanjutnya, soto tangkar siap diplating. Siapkan mangkuk ukuran sedang untuk plating. Letakkan dan tata iga beserta potongan daging sapi secukupnya ke dalam mangkuk. Tambahkan irisan tomat, daun bawang, dan daun seledri. Lalu, guyur dengan kuah dan taburi bawang merah goreng secukupnya. Jangan lupa melengkapinya dengan kecap manis, sambal cabai rawit, perasan jeruk nipis, serta kerupuk emping. Lebih lengkap lagi menyantapnya dengan nasi putih hangat.
Baca Juga :  Cara Membuat Cilok Crispy Favorit Anak-anak

Demikianlah cara memasak resep soto tangkar selengkapnya. Anda bisa mencobanya sekarang juga agar bisa mencicipi soto tangkar buatan sendiri. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sponsor topwisata.info