Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Membuat Tteokbokki Vegan (Kue Beras Pedas) dalam 15 Menit

Resep Membuat Tteokbokki Vegan (Kue Beras Pedas) dalam 15 Menit

Tteokbokki Vegan (1)

Resep Tteokbokki Vegan

Tteokbokki (Kue Beras Korea Pedas), yang secara harfiah diterjemahkan menjadi “kue beras Korea yang ditumis”, adalah jajanan kaki lima Korea yang populer yang akan ditemui lebih banyak selama musim dingin.

Saus gochujang yang pedas, kental, dan manis akan mendidih di atas kue beras yang berbentuk silinder dan kenyal. Selain itu, kata “teokbokki” sering dieja sebagai “ddukbokki”, “topokki”, “dukbokki”, dan “ddeokbokki”.

Sebenarnya ada banyak variasi yang berbeda berdasarkan pedas atau tidaknya, dimasak di atas meja atau tidak, berkuah atau tidak, dan bahan-bahan lain yang digunakan.

Versi asli pertama, yang dikenal sebagai Gungjung Tteokbokki (Royal Tteokbokki), disajikan di istana selama bertahun-tahun sebelum versi pedasnya diperkenalkan di daerah Shindangdong, Seoul.

Jeukseok Tteokbokki mengacu pada versi di mana kue ikan, kubis hijau, wortel, daun bawang, saus gochujang, dan kaldu dipanaskan dalam wajan dangkal di atas meja sebelum kue beras Korea dimasak di atas meja.

Selain itu, jeukseok berarti “instan” atau “segera”. Kamu juga dapat meminta tambahan mie yang biasanya berupa mie Jjolmyeon yang sangat kenyal atau mie Ramyeon.

Gukmul Tteokbokki adalah versi sup dari kue beras Korea yang pedas. Kue beras biasanya disajikan dalam mangkuk dengan banyak Gukmul (kaldu), tetapi hidangan lainnya hampir sama.

Biasanya disajikan hanya dengan saus kental dan tteok, tetapi tidak ada sayuran atau kue ikan yang disertakan.

Baca Juga :  Resep Kacang Telur dengan Kulit Tepung Lebih Tebal Buatan Rumahan

Selain itu, tambahan terbaru adalah Cheese Tteokbokki, di mana anak-anak menyukai keju mozzarella yang lembut dan berserabut yang ditambahkan ke dalam hidangan ini.

Ada juga Rose Tteokbokki, yang dibuat dengan krim dan memiliki saus yang lebih terlihat seperti mawar daripada warna merah cerah.

Kue beras pedas Korea ini adalah versi yang sangat sederhana yang tidak mengandung bawang putih atau bahan lain seperti mie atau sayuran. Namun, saya menyukainya karena rasanya hampir seluruhnya murni.

Apa rasa dari Tteokbokki? Tteokbokki tteok itu sendiri benar-benar memiliki rasa yang relatif sedikit karena dibuat dengan menggunakan beras berbutir pendek, namun memiliki permukaan yang kenyal dan halus.

Saus tteokbokki pada dasarnya adalah gochujang, dan memiliki rasa umami yang luar biasa. Selain itu, Kamu dapat menambahkan bawang putih, gula atau sirup, dan gochugaru (bubuk cabai).

Saus tteokbokki akan memiliki perpaduan kompleks antara rasa funky, pedas, bawang putih, dan manis yang penuh dengan umami karena kaldunya biasanya terbuat dari kaldu ikan teri atau rumput laut.

Karena itu, bentuk Tteokbokki khusus ini adalah versi moderat tanpa variasi rasa dan tidak menggunakan bawang putih.

Resep ini hanya membutuhkan empat bumbu yaitu gula, biji wijen, gochujang, dan kecap asin. Anda mungkin berpikir ini terlalu sederhana, tetapi terkadang yang sederhana itu enak. 

Baca Juga :  Ayam Goreng Serundeng Sambal Pecak, Menu Bekal Liburan yang Simple !

Ada tteokguk tteok (potongan kue beras berbentuk oval untuk sup kue beras) yang memiliki rasa dan permukaan yang mirip dengan tteokbokki tteok, tetapi bentuknya berbeda dan biasanya tidak digunakan untuk resep ini.

Namun, jika kamu tidak dapat menemukan tteokbokki tteok yang lebih kecil dan lebih tipis kamu dapat menggunakannya.

Jika ingin hidangan ini memiliki lebih banyak rasa umami, gunakan kaldu rumput laut sebagai pengganti air dengan merebus sepotong rumput laut dalam air selama 20 menit.

Buatlah bebas gluten dengan mengganti kecap asin dan gochujang dengan gochujang biasa.

Oke, mari kita mulai membuat kue beras pedas Korea vegan, yang hanya membutuhkan lima bahan.

Bahan-Bahan :

Porsi: 1 Waktu memasak: 15 menit Kesulitan: Mudah

  1. 1 cangkir kue beras untuk tteokbokki
  2. 2 sdt pasta kacang pedas Korea (gochujang)
  3. 2 sdt gula pasir
  4. 1 sendok teh kecap asin
  5. 3/4 cangkir air
  6. minyak wijen opsional
  7. biji wijen (opsional)

Cara Membuat :

  1. Sekitar 5 hingga 6 ons terkandung dalam secangkir kue beras. Jika tteok/dduk sudah membeku, cairkan dengan menyerap air virus selama beberapa saat dan salurkan.
  2. Dalam wajan, campurkan gochujang, gula, dan air (atau kaldu rumput laut), lalu didihkan dengan api sedang. Sebelum mengambil gambar ini, saya lupa mengaduknya, tetapi harus mengaduknya sebelum mendidih. Kurangi jumlah gochujang untuk mendapatkan rasa yang lebih ringan.
  3. Ke dalam air gochujang, tambahkan tteokbokki tteok. Kecilkan api, tambahkan 1 sendok teh kecap asin, dan didihkan selama 8 hingga 10 menit.
  4. Kamu harus mencicipi tteokbokki ini, meskipun mungkin rasanya akan sedikit berbeda dari yang pernah di coba sebelumnya. Tteokbokki ini memiliki rasa yang sangat bersih, manis, pedas, dan sederhana, serta cukup membuat ketagihan.
Baca Juga :  Pepes Ayam Bumbu Putih Khas Sunda yang Rasanya Dijamin Mantul

Lihat video membuat Tteokbokki Vegan

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan