Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Yuk, Memasak Resep Cah Sayur Udang untuk Lauk Makan yang Lezat

Yuk, Memasak Resep Cah Sayur Udang untuk Lauk Makan yang Lezat

Resep Cah Sayur Udang (1)

Resep cah sayur udang

Apakah Anda sudah pernah memasak resep cah sayur udang? Jika belum dan penasaran dengan rasanya, silahkan saja coba memasaknya di rumah.

Beberapa jenis sayuran ada di dalam masakannya, seperti brokoli, wortel, kacang kapri, dan paprika.

Ditambah udang sebagai protein hewaninya. Dengan begitu, kandungan gizi di masakannya sudah cukup lengkap sekaligus lezat untuk disantap.

Menu masakan yang satu ini biasanya dijual di warung Tegal atau khas Jawa. Rasa gurih pedasnya sangat cocok dipadukan dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.

Anda yang ingin segera memasaknya silahkan membaca dulu resep cah sayur udang selengkapnya berikut. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Bahan dan bumbu

  1. 2 siung bawang putih dicincang kasar
  2. ½ butir bawang bombay dipotong kotak
  3. 250 gram udang segar ukuran sedang
  4. 2 buah wortel diiris miring
  5. 3 kuntum brokoli dipotong kecil
  6. 1 genggam kacang kapri
  7. 1 buah paprika merah dipotong sedang
  8. 1 sendok teh garam
  9. 1 sendok teh gula pasir
  10. ½ sendok teh kaldu bubuk
  11. ¼ sendok teh merica bubuk
  12. 100 ml kaldu udang
  13. 2 sendok makan minyak goreng
Baca Juga :  Resep Chicken Parmigiana ala Kafe yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Cara memasak cah sayur udang

Setelah semua bahan diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep cah sayur udang dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua udang yang sudah disediakan di bawah air mengalir. Ambil semua cangkang dan bagian kepalanya. Sisihkan dulu.
  2. Setelah itu, rebus bagian kepala dan cangkang udang hingga mendidih dan berkaldu. Matikan kompor dan saring kaldunya. Air kaldunya disisihkan karena masih digunakan memasak.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu dan harum.
  4. Masukkan semua udang ke dalam wajan dan masak hingga berubah warna. Setelah itu, tambahkan potongan wortel, brokoli, kacang kapri, dan paprika merah. Aduk merata lagi dan masak hingga semuanya tercampur.
  5. Bumbui dengan garam, gula pasir, kaldu bubuk, dan merica bubuk. Aduk merata lagi. Setelah itu, tuangkan kaldu udangnya ke dalam wajan dan kecilkan api kompor.
  6. Masak dan aduk merata hingga mendidih. Silahkan mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika dirasa masih kurang sedap, Anda bisa menambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu mengaduknya lagi sebentar.
  7. Setelah matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu tuangkan masakan cah sayur udang yang sudah matang. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menjadikannya lauk.
Baca Juga :  Tips dan Resep Bistik Lidah Sapi Lengkap

Selesai memasak resep cah sayur udang, Anda bisa mengajak seluruh keluarga tercinta dan orang terdekat untuk mencicipi hasil masakannya. Sangat cocok dijadikan lauk makan siang. Selamat mencoba.

Lihat video Resep Cah Sayur Udang

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info