Lompat ke konten
Home » Uncategorized » Resep Soto Tangkar dari Betawi

Resep Soto Tangkar dari Betawi

Resep Soto tangkar1

Resep Soto Tangkar dari Betawi

Recipe By siti
Course: Soto Tangkar Cusine:indonesia Difficulty:mudah

Servings

2 minutes

Preparing Time

60 minutes

Cooking Time

30 minutes

Calories

500 kcal

INGREDIENTS

  1. daging sapi (biasanya bagian iga atau tetelan)

  2. tulang rawan sapi

  3. santan kelapa

  4. serai

  5. daun salam

  6. lengkuas

  7. bawang merah

  8. bawang putih

  9. ketumbar

  10. merica

  11. jintan

  12. garam

  13. gula

  14. minyak

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Pertama-tama, rebus daging sapi dan tulang rawan sapi hingga empuk. Tiriskan dan potong daging sapi sesuai selera.

  2. Langkah 2

    Tumis bumbu halus (bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, jintan) hingga harum. Tambahkan serai, daun salam, dan lengkuas.

  3. Langkah 3

    Masukkan daging sapi yang telah dipotong ke dalam tumisan bumbu, aduk hingga merata

  4. Langkah 4

    Tuangkan santan kelapa dan air secukupnya, masak hingga matang dan bumbu meresap ke dalam daging

  5. Langkah 5

    Sajikan Soto Tangkar hangat dengan nasi, bawang goreng, seledri, daun bawang, dan jeruk nipis

NOTES

    Kelezatan Soto Tangkar terletak pada kuahnya yang kental dan gurih, serta daging sapi yang empuk dan tulang rawan sapi yang kenyal. Paduan rempah-rempah yang digunakan dalam bumbu membuat cita rasa soto ini begitu khas dan menggugah selera. Tambahkan sedikit sambal dan perasan jeruk nipis untuk menambah sensasi pedas dan segar pada hidangan ini. Sajikan Soto Tangkar selagi hangat untuk menikmati sensasi cita rasa yang luar biasa.

Soto Tangkar merupakan salah satu jenis soto yang berasal dari Betawi, Jakarta. Soto ini terkenal dengan kuah kental yang gurih dan daging sapi yang empuk. Di dalam soto ini terdapat tambahan tulang rawan sapi yang memberikan rasa khas dan tekstur yang lezat. Soto Tangkar biasanya disajikan dengan nasi dan dilengkapi dengan bawang goreng, seledri, dan jeruk nipis sebagai pelengkapnya. Bagi pecinta kuliner, Soto Tangkar menjadi salah satu hidangan yang wajib dicoba untuk menggoyang lidah.

Baca Juga :  Nasi Bakar Teri Satu Ini Dijamin Menggoyang Lidah Anda

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Untuk membuat Soto Tangkar, Anda memerlukan bahan-bahan utama seperti daging sapi (biasanya bagian iga atau tetelan), tulang rawan sapi, santan kelapa, serai, daun salam, lengkuas, bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, jintan, garam, gula, minyak untuk menumis, dan air secukupnya. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan bahan pelengkap seperti tomat, daun bawang, bawang goreng, seledri, dan jeruk nipis sesuai selera.

Langkah Pembuatan Soto Tangkar

  1. Pertama-tama, rebus daging sapi dan tulang rawan sapi hingga empuk. Tiriskan dan potong daging sapi sesuai selera.
  2. Tumis bumbu halus (bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, jintan) hingga harum. Tambahkan serai, daun salam, dan lengkuas.
  3. Masukkan daging sapi yang telah dipotong ke dalam tumisan bumbu, aduk hingga merata.
  4. Tuangkan santan kelapa dan air secukupnya, masak hingga matang dan bumbu meresap ke dalam daging.
  5. Sajikan Soto Tangkar hangat dengan nasi, bawang goreng, seledri, daun bawang, dan jeruk nipis.

Kelezatan Soto Tangkar Betawi

Kelezatan Soto Tangkar terletak pada kuahnya yang kental dan gurih, serta daging sapi yang empuk dan tulang rawan sapi yang kenyal. Paduan rempah-rempah yang digunakan dalam bumbu membuat cita rasa soto ini begitu khas dan menggugah selera. Tambahkan sedikit sambal dan perasan jeruk nipis untuk menambah sensasi pedas dan segar pada hidangan ini. Sajikan Soto Tangkar selagi hangat untuk menikmati sensasi cita rasa yang luar biasa.

Baca Juga :  Resep Garang Asem Ayam Tanpa Santan

Variasi Soto Tangkar yang Menarik

Meskipun Soto Tangkar memiliki cita rasa yang lezat, Anda juga dapat bereksperimen dengan variasi tambahan bahan seperti kentang rebus, telur, tauge, atau bihun goreng sebagai pelengkapnya. Anda juga dapat menyesuaikan tingkat kepedasan soto ini dengan menambahkan cabai sesuai selera. Variasi ini akan memberikan sentuhan baru pada Soto Tangkar dan membuat hidangan ini semakin beragam dan menarik untuk dinikmati.

Khasiat Soto Tangkar untuk Kesehatan

Soto Tangkar mengandung protein tinggi dari daging sapi yang baik untuk membangun otot dan menjaga kesehatan tubuh. Tambahan tulang rawan sapi dalam soto ini juga mengandung kolagen yang baik untuk kesehatan kulit, rambut, dan sendi. Rempah-rempah yang digunakan dalam bumbu soto juga memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan metabolisme. Dengan mengonsumsi Soto Tangkar secara teratur, Anda dapat mendapatkan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kesimpulan

Soto Tangkar adalah salah satu hidangan tradisional Betawi yang memiliki cita rasa gurih dan khas. Dengan bahan utama daging sapi dan tulang rawan sapi, serta rempah-rempah yang khas, Soto Tangkar menjadi hidangan yang cocok dinikmati sebagai penutup pekan bersama keluarga. Anda dapat mencoba membuat Soto Tangkar di rumah dengan mengikuti langkah-langkah pembuatannya dan menyesuaikan bahan tambahan sesuai selera. Nikmati kelezatan Soto Tangkar hangat sebagai sajian spesial di meja makan Anda.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

Dapatkah Soto Tangkar disimpan dalam lemari es? Ya, Anda dapat menyimpan sisa Soto Tangkar dalam lemari es selama 2-3 hari. Pastikan untuk memanaskannya kembali sebelum disajikan.

Baca Juga :  Resep Sayap Goreng Saus Keju, Menu Masakan Lezat Kekinian Disukai Banyak Orang

Apakah Soto Tangkar dapat dibekukan? Ya, Anda dapat membekukan Soto Tangkar dalam wadah kedap udara dan menyimpannya dalam lemari es selama 1 bulan. Panaskan kembali sebelum disajikan.

Apakah bisa mengganti daging sapi dengan daging ayam? Meskipun tidak akan sama persis, Anda dapat mencoba mengganti daging sapi dengan daging ayam untuk variasi rasa Soto Tangkar.

Bagaimana cara membuat Soto Tangkar vegetarian? Anda dapat mengganti daging sapi dengan tahu atau tempe, serta menggunakan kaldu sayuran sebagai pengganti kaldu sapi untuk membuat Soto Tangkar vegetarian.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info