Lompat ke konten
Home » Anda Ingin Memasak Resep Nasi Gandul yang Benar-Benar Maknyus Rasanya? Baca Dulu Informasi Berikut

Anda Ingin Memasak Resep Nasi Gandul yang Benar-Benar Maknyus Rasanya? Baca Dulu Informasi Berikut

Nasi Gandul (1)

Resep nasi gandul

Informasi mengenai resep nasi gandul ini visa menambah wawasan Anda sekalian di bidang kuliner khas Nusantara. Apakah Anda pernah mencicipi atau menyantap nasi gandul khas Pati, Jawa Tengah?

Masakan yang satu ini menggunakan bahan utama daging sapi. Citarasanya mirip semur daging atau gulai berkuah encer yang ringan di lidah.

Biasanya, nasi gandul disajikan dengan piring yang diberi alas daun pisang. Lalu, diatasnya diberi nasi putih dan disiram masakannya.

Bahkan, Anda bisa merasakan makan nasi gandul dengan sendok dari daun pisang yang dilipat disebut suru, saat membelinya di kota asalnya tersebut.

Meskipun sudah ada daging sapi di dalam masakannya, menyantap nasi gandul bisa dilengkapi dengan perkedel kentang, kerupuk, telur bacem, dan sate jeroan sapi.

Anda yang belum pernah mencicipinya dan ingin sekali merasakan kuliner ini, silahkan dimasak sendiri saja di rumah. Disini akan diinformasikan resep nasi gandul selengkapnya untuk Anda.

Bahan-bahan

  1. 250 gram daging sapi atau bisa dipilih yang berlemak
  2. 500 ml santan cair
  3. 2 lembar daun salam
  4. 3 cm lengkuas digeprek
  5. 2 batang serai digeprek dan diambil bagian putihnya
  6. Minyak goreng secukupnya untuk menumis
  7. Daun pisang secukupnya
Baca Juga :  Ikan Kakap Goreng Lada Hitam, Sajian Cocok untuk Makan Siang

Bumbu yang dihaluskan

  1. 9 siung bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 3 buah cabai merah
  4. 1 cm kencur
  5. 1 buah kluwek diambil isinya
  6. ¼ sendok teh jintan
  7. ¼ sendok teh ketumbar
  8. ½ sendok teh merica
  9. 1 sendok teh garam

Bahan pelengkap (jika ada)

  1. Bawang goreng secukupnya
  2. Perkedel kentang
  3. Kerupuk
  4. Telur bacem

Cara memasak nasi gandul

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah siap semua, Anda bisa segera memasak resep nasi gandul dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan terlebih dulu daging sapi di bawah air mengalir, lalu rebus sekitar 60 menit hingga empuk. Setelah itu, angkat dan potong daging ukuran sedang atau sesuai selera Anda.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. Setelah itu, masukkan daun salam, lengkuas, dan batang serai. Tumis terus hingga layu.
  3. Masukkan potongan daging sapi. Masak hingga berubah warna.
  4. Tambahkan santan kelapa dan kecilkan api kompor. Aduk perlahan dan masak hingga kuah menyusut. Pastikan daging sudah empuk, sehingga bumbunya meresap dan rasanya enak.
  5. Jangan lupa mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasa masakannya. Jika rasanya masih kurang asin, tambahkan garam secukupnya dan aduk perlahan lagi sebentar. Matikan kompor dan masakan sudah matang, siap dihidangkan.
  6. Siapkan sebuah piring makan untuk plating. Beri daun pisang secukupnya yang di bagian ujungnya sudah disematkan. Setelah itu, beri nasi putih hangat diatasnya dan siram dengan masakannya yang sudah matang. Taburi bawang goreng secukupnya biar tambah sedap.
  7. Akhirnya, nasi gandul sudah matang dan siap disantap. Lebih lengkap lagi menyantapnya dengan kerupuk, perkedel kentang, atau telur bacem.
Baca Juga :  Resep Sop Buntut Goreng Berikut Harus Anda Coba Masak dan Nikmati Kelezatannya

Itulah resep nasi gandul yang bisa Anda coba praktikkan memasaknya di rumah sekarang juga. Dijamin rasanya lezat dan tidak mengecewakan. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info