Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Semur Daging salah satu masakan khas Indonesia Saat Lebaran

Resep Semur Daging salah satu masakan khas Indonesia Saat Lebaran

Resep Semur Daging

Resep Semur Daging

Recipe By siti
Course: Pemula Cusine:Indonesia Difficulty:Mudah

Servings

4 minutes

Preparing Time

60 minutes

Cooking Time

60 minutes

Calories

500 kcal

INGREDIENTS

  1. daging sapi (biasanya bagian sandung lamur)

  2. bawang merah

  3. bawang putih

  4. kecap manis

  5. gula merah

  6. daun salam

  7. lengkuas

  8. kayu manis

  9. dan beberapa bahan lain sesuai selera

DIRECTION

  1. Pertama-tama

    Pertama-tama, potong daging sapi sesuai selera dan cuci bersih. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada daging.

  2. Tumis

    Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, lalu masukkan daging sapi yang sudah dipotong tadi. Aduk-aduk hingga daging berubah warna.

  3. tambahkan air

    Setelah itu, tambahkan air secukupnya dan masukkan daun salam, lengkuas, kayu manis, gula merah, kecap manis, serta bumbu lainnya. Biarkan semur daging mendidih hingga daging empuk dan bumbu meresap.

  4. Terakhir

    Terakhir, koreksi rasa dan sajikan semur daging dalam keadaan hangat. Anda juga bisa menambahkan potongan kentang goreng sebagai pelengkap.

NOTES

Semur daging adalah salah satu masakan khas Indonesia yang sangat populer di kalangan masyarakat. Rasanya yang gurih dan manis membuat semur daging menjadi pilihan favorit banyak orang, terutama saat acara keluarga atau pun saat menyajikan hidangan istimewa. Daging yang dimasak hingga empuk dan bumbu yang meresap sempurna menjadi ciri khas dari semur daging. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat semur daging sendiri di rumah, berikut adalah resep dan langkah-langkahnya.

Baca Juga :  Resep Papeda, Jajanan Sekolahan yang Sehat

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat semur daging yang lezat, Anda membutuhkan beberapa bahan utama seperti daging sapi (biasanya bagian sandung lamur), bawang merah, bawang putih, kecap manis, gula merah, daun salam, lengkuas, kayu manis, dan beberapa bahan lain sesuai selera. Pastikan untuk memilih daging sapi yang segar dan berkualitas agar hasil masakan semakin nikmat.

Langkah-langkah Memasak

  1. Pertama-tama, potong daging sapi sesuai selera dan cuci bersih. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada daging.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, lalu masukkan daging sapi yang sudah dipotong tadi. Aduk-aduk hingga daging berubah warna.
  3. Setelah itu, tambahkan air secukupnya dan masukkan daun salam, lengkuas, kayu manis, gula merah, kecap manis, serta bumbu lainnya. Biarkan semur daging mendidih hingga daging empuk dan bumbu meresap.
  4. Terakhir, koreksi rasa dan sajikan semur daging dalam keadaan hangat. Anda juga bisa menambahkan potongan kentang goreng sebagai pelengkap.

Tips dan Trik

Agar semur daging yang Anda buat lebih lezat, Anda bisa menambahkan santan ke dalam masakan. Santan akan memberikan tekstur yang kaya dan aroma yang harum pada semur daging. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mencicipi masakan dan koreksi rasa sesuai dengan preferensi Anda. Anda juga bisa menambahkan sedikit cuka untuk memberikan sentuhan asam yang segar pada semur daging.

Variasi Resep

Tak hanya daging sapi, Anda juga bisa menggunakan daging ayam atau bahkan daging kambing untuk membuat semur. Setiap jenis daging akan memberikan cita rasa yang berbeda pada semur daging. Anda juga bisa menambahkan telur rebus atau tahu sebagai pelengkap untuk menambah kelezatan masakan ini.

Baca Juga :  Resep Kari Daging Sapi Khas Jepang dengan Citarasa Nusantara yang Menggoda

Kiat Penyajian

Untuk menyajikan semur daging, Anda bisa meletakkannya di atas piring saji dan tambahkan taburan bawang goreng di atasnya. Sajikan semur daging hangat-hangat bersama nasi putih hangat. Rasakan kelezatan masakan Indonesia ini bersama keluarga tercinta.

Kesimpulan

Dengan mengikuti resep dan langkah-langkah di atas, Anda dapat menciptakan semur daging yang lezat dan lembut di rumah. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan bahan-bahan dan bumbu lain sesuai selera Anda. Sajikan semur daging sebagai hidangan spesial di berbagai acara dan rasakan kelezatannya. Selamat mencoba!

FAQ (Frequently Asked Questions)

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak semur daging? Waktu memasak semur daging bisa bervariasi tergantung dari jenis daging yang digunakan. Namun, secara umum memasak semur daging membutuhkan waktu sekitar 1,5-2 jam hingga daging benar-benar empuk.

Apakah saya bisa menyimpan semur daging di dalam kulkas? Ya, Anda bisa menyimpan semur daging di dalam kulkas untuk disantap di lain waktu. Pastikan untuk menyimpan dalam wadah kedap udara dan hangatkan kembali sebelum disajikan.

Apakah saya bisa menambahkan sayuran ke dalam semur daging? Tentu saja, Anda bisa menambahkan wortel, kentang, atau sayuran lain ke dalam semur daging untuk menambah kelezatan dan gizi pada masakan Anda. Potong sayuran kecil-kecil agar mudah matang.

Baca Juga :  Resep Chicken Katsu Saus Opor yang Enak dan Aromatic

Bisakah saya menggunakan slow cooker untuk memasak semur daging? Ya, Anda bisa menggunakan slow cooker untuk memasak semur daging. Dengan slow cooker, daging akan menjadi lebih empuk dan bumbu akan meresap sempurna. Tetap ikuti langkah-langkah memasak seperti biasa namun atur waktu dan suhu sesuai dengan petunjuk slow cooker yang Anda gunakan.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan