Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Lapis Susu yang lembut dan manis

Resep Lapis Susu yang lembut dan manis

Resep Lapis Susu

Resep Lapis Susu

Recipe By siti
Course: Pemula Cusine:Indonesia Difficulty:Mudah

Servings

4 minutes

Preparing Time

60 minutes

Cooking Time

20 minutes

Calories

400 kcal

INGREDIENTS

  1. 6 butir telur

  2. 200 gram terigu

  3. 200 ml susu cair

  4. 100 gram margarin, lelehkan

  5. 200 gram gula pasir

  6. 1 sdm tepung maizena

  7. 1 sdt baking powder

  8. 1/2 sdt vanili bubuk

  9. Keju parut secukupnya

  10. Pewarna makanan (opsional)

DIRECTION

  1. Pertama-tama

    Pertama-tama, siapkan loyang yang sudah diolesi margarin dan dialasi dengan kertas roti. Panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 180 derajat Celsius.

  2. Selanjutnya

    Selanjutnya, pisahkan kuning telur dan putih telur ke dalam wadah yang berbeda. Kocok putih telur hingga mengembang dan kaku, sisihkan.

  3. Mixer

    Mixer kuning telur dan gula pasir hingga mengembang dan berwarna kekuningan. Tambahkan tepung terigu, baking powder, vanili bubuk, serta maizena. Aduk rata.

  4. Masukkan

    Masukkan susu cair dan margarin leleh, aduk kembali hingga semua bahan tercampur dengan baik. Tambahkan pewarna makanan sesuai selera.

  5. Campurkan

    Setelah adonan tercampur dengan rata, tambahkan putih telur yang telah dikocok tadi ke dalam adonan kuning telur. Aduk perlahan hingga merata.

  6. Tuang adonan

    Tuang adonan ke dalam loyang secara bergantian dengan keju parut. Lakukan hingga adonan habis dan lapisan keju terakhir berada di bagian atas.

  7. Panggang

    Panggang adonan dalam oven yang sudah dipanaskan selama kurang lebih 45-50 menit atau hingga matang dan berwarna kecoklatan. Gunakan metode tusuk gigi untuk memastikan kue sudah matang sempurna.

NOTES

Siapa yang tidak suka dengan kue lapis susu yang lembut dan manis? Kue tradisional Indonesia yang satu ini memang memiliki rasa yang lezat dan tekstur yang unik. Dengan kombinasi antara lapisan keju dan lapisan susu yang lembut, kue lapis susu menjadi pilihan yang tepat untuk hidangan penutup di berbagai acara. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat kue lapis susu sendiri di rumah, berikut adalah resep lapis susu yang mudah dan praktis untuk Anda coba.

Baca Juga :  Membuat Kue Putri Salju untuk Lebaran Istimewa

Bahan-Bahan yang Diperlukan

  1. 6 butir telur
  2. 200 gram terigu
  3. 200 ml susu cair
  4. 100 gram margarin, lelehkan
  5. 200 gram gula pasir
  6. 1 sdm tepung maizena
  7. 1 sdt baking powder
  8. 1/2 sdt vanili bubuk
  9. Keju parut secukupnya
  10. Pewarna makanan (opsional)

Langkah-Langkah Pembuatan

  1. Pertama-tama, siapkan loyang yang sudah diolesi margarin dan dialasi dengan kertas roti. Panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 180 derajat Celsius.
  2. Selanjutnya, pisahkan kuning telur dan putih telur ke dalam wadah yang berbeda. Kocok putih telur hingga mengembang dan kaku, sisihkan.
  3. Mixer kuning telur dan gula pasir hingga mengembang dan berwarna kekuningan. Tambahkan tepung terigu, baking powder, vanili bubuk, serta maizena. Aduk rata.
  4. Masukkan susu cair dan margarin leleh, aduk kembali hingga semua bahan tercampur dengan baik. Tambahkan pewarna makanan sesuai selera.
  5. Proses Pencampuran dan Pemanggangan
  6. Setelah adonan tercampur dengan rata, tambahkan putih telur yang telah dikocok tadi ke dalam adonan kuning telur. Aduk perlahan hingga merata.
  7. Tuang adonan ke dalam loyang secara bergantian dengan keju parut. Lakukan hingga adonan habis dan lapisan keju terakhir berada di bagian atas.
  8. Panggang adonan dalam oven yang sudah dipanaskan selama kurang lebih 45-50 menit atau hingga matang dan berwarna kecoklatan. Gunakan metode tusuk gigi untuk memastikan kue sudah matang sempurna.
Baca Juga :  Membuat sayur asem khas sunda, Hidangan Enak di Musim Hujan

Penyajian dan Penyimpanan

Kue lapis susu siap disajikan dan dinikmati selagi hangat atau dingin. Potong kue sesuai selera dan sajikan sebagai hidangan penutup di berbagai kesempatan. Kue lapis susu juga dapat disimpan dalam wadah kedap udara untuk menjaga kelembutan teksturnya.

Kreativitas dalam Pembuatan

Anda dapat menambahkan variasi rasa dalam pembuatan kue lapis susu ini, seperti menggunakan pewarna makanan untuk memberikan warna yang menarik atau menambahkan aroma pandan atau cokelat. Selain itu, Anda juga bisa bereksperimen dengan menambahkan lapisan selai di antara lapisan keju dan susu untuk menambah cita rasa yang beragam.

Kombinasi Rasa yang Menarik

Kue lapis susu dapat disajikan dengan berbagai kombinasi rasa yang menarik, misalnya dengan tambahan potongan buah di atasnya atau disajikan dengan saus karamel. Kombinasi rasa manis dari kue lapis susu dan keasaman dari buah segar akan menciptakan paduan rasa yang sempurna di lidah Anda.

Kesimpulan

Dengan resep lapis susu yang mudah dan praktis di atas, Anda dapat mencoba membuat kue lapis susu sendiri di rumah. Rasakan sensasi tekstur lembut dan rasa manis yang khas dari kue tradisional Indonesia ini. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan variasi rasa dan tambahan bahan lain sesuai selera Anda. Selamat mencoba dan selamat menikmati kue lapis susu yang lezat!

FAQ (Frequently Asked Questions)

Berapa lama kue lapis susu dapat disimpan? Kue lapis susu dapat disimpan dalam wadah kedap udara di suhu ruang selama 2-3 hari. Pastikan untuk menyimpan kue di tempat yang sejuk dan kering agar tetap segar.

Apakah kue lapis susu dapat dibekukan? Ya, Anda dapat membekukan kue lapis susu dalam wadah kedap udara untuk disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama. Sebelum disajikan, biarkan kue mencapai suhu ruang terlebih dahulu.

Baca Juga :  Resep Kroket Panggang Sayuran, Cemilan Lezat Mengenyangkan Ide Berbisnis Kuliner

Bisakah menggunakan keju parut dan keju slice untuk lapisan keju kue lapis susu? Tentu saja, Anda dapat menggunakan keju parut ataupun keju slice untuk lapisan keju dalam kue lapis susu. Pilihlah keju favorit Anda untuk mendapatkan cita rasa yang sesuai dengan selera.

Apakah kue lapis susu dapat dimodifikasi menjadi versi tanpa telur? Ya, Anda dapat mencoba mengganti telur dengan susu kental manis atau susu almond untuk membuat versi kue lapis susu tanpa telur. Pastikan untuk menyesuaikan proporsi bahan agar tekstur kue tetap lembut.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info