Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Kuping Gajah, Kue tradisional yang lezat dan unik

Resep Kuping Gajah, Kue tradisional yang lezat dan unik

Resep Kuping Gajah

Resep Kuping Gajah

Peringkat: 4 dari 5.

Recipe By Siti
Course: Pemula Cusine:Indonesia Difficulty:Mudah

Servings

30 minutes

Preparing Time

30 minutes

Cooking Time

10 minutes

Calories

300 kcal

INGREDIENTS

  1. Tepung terigu

  2. Gula pasir

  3. Telur

  4. Mentega atau margarin

  5. Santan atau susu cair

  6. Vanili

  7. Garam

DIRECTION

  1. Pertama

    Pertama, siapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Kemudian, campurkan tepung terigu, gula pasir, vanili, dan garam dalam satu wadah. Aduk hingga tercampur rata.

  2. Selanjutnya

    Selanjutnya, masukkan telur dan mentega/margarin ke dalam adonan tepung. Uleni hingga adonan kalis dan mudah dibentuk. Jika adonan terlalu kering, Anda bisa menambahkan sedikit santan atau susu cair.

  3. Setelah itu

    Setelah itu, bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil dengan ukuran sesuai selera. Letakkan bulatan-bulatan tersebut di atas loyang yang telah diolesi mentega atau dialasi kertas roti.

  4. Goreng atau Panggang

    Goreng atau Panggang, Panaskan oven terlebih dahulu, lalu panggang kue kuping gajah selama 15-20 menit dengan suhu 180°C. Angkat kue dari oven ketika sudah matang dan berwarna keemasan.

  5. Terakhir

    Terakhir, dinginkan kue kuping gajah sebelum disajikan. Anda bisa menambahkan topping sesuai selera, seperti taburan gula halus, cokelat leleh, atau keju parut.

NOTES

Siapa yang tidak mengenal kue kuping gajah? Kue tradisional yang lezat dan unik ini telah menjadi favorit banyak orang, baik tua maupun muda. Dengan bentuknya yang mirip telinga gajah, kue ini memiliki cita rasa yang khas dan tekstur yang lembut di dalam serta renyah di luar. Kue kuping gajah bisa dinikmati kapan saja, baik sebagai camilan di sore hari, teman minum teh, atau bahkan dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan teman.

Sejarah Kue Kuping Gajah

Kue kuping gajah merupakan salah satu kue tradisional yang berasal dari Jawa Tengah. Konon, kue ini pertama kali dibuat oleh seorang ibu rumah tangga di Kota Solo pada awal abad ke-20. Sang ibu terinspirasi dari bentuk telinga gajah yang unik dan ingin menciptakan kue dengan bentuk serupa. Setelah beberapa kali percobaan, akhirnya ditemukanlah resep yang tepat untuk menghasilkan kue dengan tekstur yang lembut dan renyah.

Kue kuping gajah kemudian mulai menyebar ke berbagai daerah di Indonesia, terutama Pulau Jawa. Seiring berjalannya waktu, resep kue ini terus berkembang dan dimodifikasi oleh para pembuat kue tradisional. Meskipun bentuknya sama, kue kuping gajah kini hadir dengan berbagai varian rasa, mulai dari original, cokelat, keju, hingga kacang.

Keunikan bentuk dan cita rasa kue kuping gajah yang khas membuat kue ini semakin populer dan menjadi salah satu ikon kuliner tradisional Indonesia. Tidak heran jika kue ini sering dijadikan oleh-oleh khas daerah maupun disajikan dalam berbagai acara istimewa.

Baca Juga :  Resep Cakwe anti Gagal, Layak untuk Jualan lo Moms

Bahan-bahan Utama Kue Kuping Gajah

Untuk membuat kue kuping gajah yang lezat, Anda membutuhkan beberapa bahan utama yang mudah ditemukan. Bahan-bahan tersebut antara lain:

  1. Tepung terigu
  2. Gula pasir
  3. Telur
  4. Mentega atau margarin
  5. Santan atau susu cair
  6. Vanili
  7. Garam

Bahan-bahan ini merupakan komponen dasar yang akan membentuk tekstur dan rasa kue kuping gajah yang khas. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan bahan lain seperti keju, cokelat, atau kacang untuk membuat varian rasa yang lebih beragam.

Proses Pembuatan Kue Kuping Gajah

Membuat kue kuping gajah sebenarnya tidak terlalu sulit. Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatannya:

  1. Pertama, siapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Kemudian, campurkan tepung terigu, gula pasir, vanili, dan garam dalam satu wadah. Aduk hingga tercampur rata.
  2. Selanjutnya, masukkan telur dan mentega/margarin ke dalam adonan tepung. Uleni hingga adonan kalis dan mudah dibentuk. Jika adonan terlalu kering, Anda bisa menambahkan sedikit santan atau susu cair.
  3. Setelah itu, bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil dengan ukuran sesuai selera. Letakkan bulatan-bulatan tersebut di atas loyang yang telah diolesi mentega atau dialasi kertas roti.
  4. Goreng atau Panggang, Panaskan oven terlebih dahulu, lalu panggang kue kuping gajah selama 15-20 menit dengan suhu 180°C. Angkat kue dari oven ketika sudah matang dan berwarna keemasan.
  5. Terakhir, dinginkan kue kuping gajah sebelum disajikan. Anda bisa menambahkan topping sesuai selera, seperti taburan gula halus, cokelat leleh, atau keju parut.

Tips Membuat Kue Kuping Gajah yang Sempurna

Untuk mendapatkan kue kuping gajah yang lezat dan sempurna, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan:

  1. Gunakan bahan-bahan berkualitas dan segar. Telur, mentega, dan santan/susu cair yang masih baru akan memberikan hasil yang lebih baik.
  2. Jangan over-mixing adonan. Cukup aduk hingga adonan kalis dan mudah dibentuk. Terlalu banyak mengaduk dapat membuat kue menjadi keras.
  3. Bentuk bulatan-bulatan adonan dengan ukuran yang seragam agar matang merata.
  4. Atur suhu oven dengan tepat, sekitar 180°C. Jangan terlalu panas agar kue tidak gosong di bagian luar.
  5. Perhatikan waktu pemanggangan. Jangan biarkan kue terlalu lama di dalam oven agar tidak kering dan keras.
  6. Biarkan kue kuping gajah dingin sebelum dihias atau disajikan. Hal ini akan membuat tekstur kue lebih lembut dan renyah.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda akan mendapatkan kue kuping gajah yang sempurna, lezat, dan siap untuk dinikmati.

Baca Juga :  Resep Dongchimi (Kimchi Air Lobak)

Variasi Rasa Kue Kuping Gajah

Selain rasa original, kue kuping gajah juga hadir dengan berbagai varian rasa yang menggugah selera. Berikut ini adalah beberapa contoh variasi rasa kue kuping gajah yang bisa Anda coba:

Kue Kuping Gajah Cokelat Varian ini dibuat dengan menambahkan bubuk cokelat atau potongan cokelat ke dalam adonan. Rasanya yang manis dan lembut akan membuat Anda ketagihan.

Kue Kuping Gajah Keju Untuk penggemar keju, varian ini pasti akan menjadi favorit. Adonan kue diberi parutan keju atau isian keju di tengahnya, memberikan cita rasa gurih yang khas.

Kue Kuping Gajah Kacang Kue kuping gajah dengan taburan kacang tanah yang renyah akan memberikan sensasi tekstur yang unik. Kacang yang disangrai akan menambah aroma dan rasa yang lebih kaya.

Kue Kuping Gajah Pandan Varian ini dibuat dengan menambahkan perasan daun pandan ke dalam adonan, sehingga menghasilkan warna hijau alami dan aroma pandan yang segar.

Berbagai varian rasa ini membuktikan bahwa kue kuping gajah dapat dinikmati dengan beragam pilihan, sesuai dengan selera masing-masing.

Manfaat Kue Kuping Gajah

Selain lezat, kue kuping gajah juga memiliki beberapa manfaat yang mungkin tidak banyak orang ketahui. Berikut adalah beberapa manfaat dari kue kuping gajah:

Kandungan Gizi Kue kuping gajah mengandung beberapa nutrisi penting, seperti karbohidrat, protein, lemak, dan berbagai vitamin serta mineral. Nutrisi-nutrisi ini dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian.

Sumber Energi Kue kuping gajah mengandung karbohidrat yang dapat menjadi sumber energi bagi tubuh. Sehingga, kue ini bisa menjadi camilan yang baik untuk menambah energi.

Baik untuk Pencernaan Kandungan serat dalam kue kuping gajah dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Meningkatkan Mood Kue kuping gajah yang manis dan lembut dapat meningkatkan suasana hati dan memberi kebahagiaan tersendiri saat menikmatinya.

Dengan beragam manfaat tersebut, kue kuping gajah bukan hanya lezat, tetapi juga baik untuk kesehatan. Jadi, jangan ragu untuk menikmati kue tradisional yang satu ini.

Kesimpulan

Kue kuping gajah merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang memiliki cita rasa dan tekstur yang khas. Berasal dari Jawa Tengah, kue ini kini telah menyebar ke berbagai daerah dan menjadi ikon kuliner yang populer.

Untuk membuat kue kuping gajah yang lezat, Anda hanya membutuhkan bahan-bahan sederhana seperti tepung terigu, gula, telur, dan mentega. Proses pembuatannya pun cukup mudah, mulai dari mencampur adonan, membentuk bulatan, hingga memanggang dalam oven.

Baca Juga :  Enak Banget, Ini Resep Perkedel Kentang Daging Mudah untuk Dibuat

Selain rasa original, kue kuping gajah juga hadir dalam berbagai varian rasa, seperti cokelat, keju, kacang, dan pandan. Setiap varian memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri, sehingga Anda bisa memilih sesuai selera.

Tidak hanya lezat, kue kuping gajah juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, seperti kandungan gizi, sumber energi, dan baik untuk pencernaan. Sehingga, kue tradisional ini bisa menjadi camilan yang nikmat dan sehat.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera coba resep kue kuping gajah dan nikmati kelezatan serta keunikannya. Kue ini pasti akan membuat Anda ketagihan dan ingin mencobanya lagi.

FAQ

1. Apa bahan-bahan utama yang digunakan untuk membuat kue kuping gajah? Bahan-bahan utama untuk membuat kue kuping gajah adalah tepung terigu, gula pasir, telur, mentega atau margarin, santan atau susu cair, vanili, dan garam.

2. Bagaimana cara membuat kue kuping gajah yang lezat? Cara membuat kue kuping gajah yang lezat adalah dengan mencampur semua bahan hingga adonan kalis, membentuk bulatan-bulatan adonan, lalu memanggang dalam oven dengan suhu sekitar 180°C selama 15-20 menit.

3. Apa saja varian rasa kue kuping gajah yang tersedia? Selain rasa original, kue kuping gajah juga tersedia dalam varian rasa cokelat, keju, kacang, dan pandan.

4. Apa manfaat dari mengonsumsi kue kuping gajah? Kue kuping gajah memiliki beberapa manfaat, seperti mengandung nutrisi penting, menjadi sumber energi, baik untuk pencernaan, dan dapat meningkatkan mood.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info