Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Tongkol Suwir Kemangi, hidangan yang segar dan gurih

Resep Tongkol Suwir Kemangi, hidangan yang segar dan gurih

resep tongkol suwir kemangi

Resep Tongkol Suwir Kemangi

Recipe By siti
Course: resep tongkol suwir kemangi Cusine:ID Difficulty:Pemula

Servings

2 minutes

Preparing Time

50 minutes

Cooking Time

20 minutes

Calories

250 kcal

INGREDIENTS

  1. tongkol segar

  2. daun kemangi

  3. bawang merah

  4. bawang putih

  5. cabai merah

  6. garam

  7. gula

  8. kaldu ayam bubuk

  9. kecap manis

  10. minyak goreng

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah merebus tongkol hingga matang

  2. Langkah 2

    Setelah itu, suwir-suwir daging tongkol dengan menggunakan garpu atau tangan

  3. Langkah 3

    Tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai merah hingga harum, lalu masukkan daging tongkol suwir ke dalam tumisan tersebut

  4. Langkah 4

    Tambahkan garam, gula, kaldu ayam bubuk, dan kecap manis secukupnya. Masak hingga bumbu meresap ke dalam daging tongkol

  5. Langkah 5

    Terakhir, tambahkan daun kemangi ke dalam hidangan tongkol suwir sebagai penambah aroma dan rasa segar

NOTES

    Untuk mendapatkan hasil masakan yang terbaik, pastikan Anda memilih bahan-bahan yang berkualitas. Pilih tongkol segar dengan tekstur yang kenyal dan tidak berbau amis. Daun kemangi yang segar akan memberikan aroma yang lebih kuat pada hidangan tongkol suwir. Pastikan juga bawang merah dan bawang putih yang Anda gunakan dalam keadaan segar dan tidak layu. Dengan memperhatikan kualitas bahan-bahan yang digunakan, Anda akan mendapatkan tongkol suwir kemangi yang lezat dan bergizi.

Tongkol suwir kemangi adalah salah satu hidangan laut yang khas dan lezat. Tongkol yang dimasak menjadi suwir-suwir dengan tambahan aroma kemangi akan menghasilkan hidangan yang segar dan gurih. Selain rasanya yang enak, tongkol suwir kemangi juga mudah untuk disiapkan di rumah. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah yang sederhana, Anda bisa mencoba membuat hidangan ini sendiri di rumah.

Baca Juga :  Resep Morel Mushroom, tekstur yang lembut dan rasa yang enak

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat tongkol suwir kemangi, Anda memerlukan beberapa bahan utama seperti tongkol segar, daun kemangi, bawang merah, bawang putih, cabai merah, garam, gula, kaldu ayam bubuk, kecap manis, dan minyak goreng. Pastikan Anda memilih tongkol yang segar untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Daun kemangi juga bisa Anda beli di pasar atau supermarket terdekat. Dengan bahan-bahan yang sederhana ini, Anda sudah siap untuk memasak tongkol suwir kemangi di rumah.

Langkah-langkah Memasak Tongkol Suwir Kemangi

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah merebus tongkol hingga matang. Setelah itu, suwir-suwir daging tongkol dengan menggunakan garpu atau tangan. Tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai merah hingga harum, lalu masukkan daging tongkol suwir ke dalam tumisan tersebut. Tambahkan garam, gula, kaldu ayam bubuk, dan kecap manis secukupnya. Masak hingga bumbu meresap ke dalam daging tongkol. Terakhir, tambahkan daun kemangi ke dalam hidangan tongkol suwir sebagai penambah aroma dan rasa segar.

Manfaat Tongkol Suwir Kemangi

Tongkol suwir kemangi mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tongkol sebagai sumber protein tinggi sangat baik untuk membangun otot dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Daun kemangi juga mengandung antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan sel-sel tubuh dan mencegah penuaan dini. Selain itu, bawang merah dan bawang putih dalam hidangan ini memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan berbagai penyakit.

Baca Juga :  Churros Keju dan Es Krim Goreng, Ide Jualan Snack Kekinian

Tips Memilih Bahan yang Berkualitas

Untuk mendapatkan hasil masakan yang terbaik, pastikan Anda memilih bahan-bahan yang berkualitas. Pilih tongkol segar dengan tekstur yang kenyal dan tidak berbau amis. Daun kemangi yang segar akan memberikan aroma yang lebih kuat pada hidangan tongkol suwir. Pastikan juga bawang merah dan bawang putih yang Anda gunakan dalam keadaan segar dan tidak layu. Dengan memperhatikan kualitas bahan-bahan yang digunakan, Anda akan mendapatkan tongkol suwir kemangi yang lezat dan bergizi.

Kesimpulan

Tongkol suwir kemangi merupakan hidangan laut yang lezat dan mudah untuk disiapkan di rumah. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan langkah-langkah yang mudah diikuti, Anda bisa mencoba membuat hidangan ini sendiri. Tongkol yang dipadu dengan aroma kemangi akan memberikan rasa segar dan gurih pada hidangan Anda. Selain rasanya yang enak, tongkol suwir kemangi juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep tongkol suwir kemangi di rumah!

FAQ

Apakah bisa menggunakan tongkol kaleng untuk resep ini? Ya, Anda bisa menggunakan tongkol kaleng sebagai alternatif jika tidak mendapatkan tongkol segar. Pastikan untuk menyaring dan membersihkan tongkol kaleng sebelum digunakan.

Bisakah mengganti daun kemangi dengan daun lain? Meskipun daun kemangi memiliki aroma yang khas, Anda bisa menggantinya dengan daun lain seperti daun basil atau daun ketumbar sesuai selera.

Baca Juga :  Pizza Ayam Saus Nanas Bercitarasa Enak untuk Camilan di Rumah

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak tongkol suwir kemangi? Waktu memasak tongkol suwir kemangi tidak terlalu lama, sekitar 30-45 menit sudah cukup untuk menyajikan hidangan ini di meja makan.

Apakah tongkol suwir kemangi bisa disimpan dalam lemari es? Ya, Anda bisa menyimpan sisa tongkol suwir kemangi dalam lemari es selama 1-2 hari. Panaskan kembali sebelum disajikan untuk menjaga kelezatannya.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info