Skip to main content

Manfaat dan Resep Olahan Bunga Kecombrang Untuk Imunitas

Rizky Vanrio Pradhana Nusantara

Manfaat dan Resep Olahan Bunga Kecombrang

Bunga Kecombrang menjadi salah satu tumbuhan rempah yang mempunyai cita rasa paling khas. Bumbu ini bisa Moms temukan di berbagai bahan makanan salah satunya adalah pecel Purwokerto yang selalu menambahkannya. Tidak hanya di Indonesia saja, kecombrang juga bisa ditemukan di Malaysia dan Thailand.

Untuk kali ini Top wisata ingin mengajak Moms dirumah mengetahui manfaat rempah satu ini. Sekaligus, mengolahnya dalam sebuah menu masakan yaitu Ayam bumbu bali dengan sambal kecombrang. Makanan ini sangat nikmat karena, ada banyak sekali rempah Indonesia yang digunakan. Sebelum mengetahui manfaatnya, mari simak bagaimana cara membuatnya.

Bahan Sambal Kecombrang

  1. 2 buah bunga kecombrang
  2. 2 buah tomat hijau
  3. Jeruk purut
  4. 2 lembar daun jeruk
  5. Terasi
  6. Minyak 
  7. 2 siung bawang merah
  8. Garam
  9. 2 siung bawang putih
  10. Gula pasir
  11. 3 cabai merah keriting
  12. 3 cabai rawit

Bahan Ayam Bumbu Bali

  1. 500 gram Ayam cuci bersih kemudian, tambahkan air jeruk nipis dan garam
  2. 5 siung bawang putih
  3. 2 ruas jari kunyit
  4. Garam
  5. 2 butir kemiri
  6. 2 sendok makan kecap manis
  7. 2 batang serai
  8. 1 ruas jari jahe
  9. 4 cabai rawit
  10. 5 siung bawang merah

Cara Memasak

  1. Untuk menggugah selera mari membuat sambalnya terlebih dulu
  2. Cincang semua bahan hingga halus dan kecil
  3. Masak dulu beberapa bahan seperti bawang merah, putih, serta beberapa cabai, terasi, gula pasir, serta bunga kecombrang menggunakan api kecil
  4. Tambahkan beberapa bumbu lain seperti jeruk purut, gula, garam jangan lupa untuk dirasakan bila season kurang bisa ditambahkan. Kemudian angkat dan tiriskan
  5. Selanjutnya, membuat ayam bumbu bali, cara pertama adalah goreng ayam setengah matang
  6. Haluskan beberapa bumbu seperti,bawang merah, cabai merah, bawang putih, cabai rawit, jahe, dan kunyit.
  7. Tumis bumbu sampai harum
  8. Tambahkan kecap manis dan serai
  9. Tambahkan garam
  10. Setelah semuanya sudah tepat, masukkan ayam hingga matang

Tips Memasak

  1. Cabai rawit di atas hanya saran saja, bila Anda ingin lebih pedas tambahkan lagi lebih banyak semua tergantung selera Anda.
  2. Jangan masak hingga matang agar aromaticnya keluar.
  3. Bagian ayam yang bisa dipilih adalah paha, karena rasanya lebih juicy sehingga, saat berpadu dengan aromatic dari rempah ini terasa segar dan nikmat.

Saran Penyajian

Untuk saran penyajiannya lebih baik, sambal ditempatkan pada wadah kecil atau mangkuk. Kemudian, sajikan bersama dengan nasi putih. Untuk garnish,  tambahkan jeruk purut untuk ditabur sebelum makan agar menambahkan aroma kesegaran. Tidak ada salahnya pula menambahkan bawang merah goreng di atasnya.

Manfaat Kecombrang

Resep di atas bisa disajikan untuk 3 hingga 4 orang. Baik untuk makan siang atau malam. Setelah tahu resep makanan yang nikmat tersebut, mari kita lihat apa saja manfaat bunga kecombrang untuk kesehatan.
  1. Antioksidan sangat tinggi karena kandungan flavonoidnya sehingga, bisa menangkal radikal bebas karena, sinar matahari sehingga mampu mencegah tumbuhnya sel kanker.
  2. Mempunyai bahan anti bakteri sehingga mencegah pertumbuhan beberapa bakteri, mengandung minyak atsiri untuk bahan pengawet alami
  3. Mampu mencegah anemia karena, mempunyai jumlah zat besi yang cukup tinggi kurang lebih 4 mg. Dengan pemenuhan tersebut, dijamin badan Anda akan terasa segar.

Dengan banyaknya manfaat bunga kecombrang untuk kesehatan, membuatnya tidak salah bila dijadikan sebagai salah satu menu pilihan setiap hari. Selain, kelopak kecombrang juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis baik pada ikan atau daging. Cukup masukkan saja, kelopak tersebut ke dalam rebusan daging. Selamat Mencoba Moms.

Kamu Mungkin Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar