Sabtu, 08 Februari 2020

Arak Bali Legal, Wisatawan menyambut Gembira




Berkunjung ke Bali kurang lengkap jika tidak memborong oleh-oleh khas Bali ya. Mengingat Bali adalah destinasi wisata yang sangat populer di Dunia, Bali juga punya oleh-oleh khasnya lo seperti Brem Bali dan Arak Bali yang saat ini sudah dilegalkan.

Kedua oleh-oleh khas bali ini baru saja di legalkan pemerintah dan sudah diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 20/M-Dag/PER/4/2014 tentang pengendalian dan pengawasan terhadap pengadaan, peredaran, dan penjualan minuman beralkohol.

Jadi untuk minuman arak bali ini sudah beredar bebas di Bali tanpa harus adanya larangan seperti tempoe-tempoe dulu ya. Minuman arak atau yang mengandung alkohol memang kerap kali di asosiasikan sebagai perilaku negatif ya.

Memang saat ini sudah banyak minuman jenis ini yang beredar di Indonesia seperti tuak Batak, arak Bali, sopi dari Maluku, moke dari NTT dan lain sebagainya.

Namun dengan adanya peraturan tentang beredarnya minuman maupun oleh-oleh jenis ini tidak bisa ditemui di semua tempat.  Lewat Peraturan Menteri Perdagangan, keberadaan alkohol juga dilarang di mini market. Hanya tempat tertentu dengan izin khusus saja yang diperbolehkan menjualnya.

Legalitas minuman Arak Bali dan Brem Bali ini sudah dituangkan dalam Peraturan Gubernur No 1 Tahun 2020 tentang Tata Kelola Minuman Fermentasi dan/atau Destilasi Khas Bali dan juga sudah diumumkan langsung oleh Gubernur Bali I Wayan Koster.

Pergub yang melegalkan izin ini tertuang dalam Bab IX dan 19, dan didalamnya dilatarbelakangi oleh realitas bahwa minuman fermentasi khas Bali, seperti arak, tuak, dan brem Bali, merupakan salah satu sumber daya keragaman budaya Pulau Dewata.

Harga Arak Bali saat ini masih sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp 115.000 per botol ukuran 350 ml. Harga tersebut tentunya sangat jauh lebih rendah dibandingkan dengan harga minuman sejenis lainya.

Hal ini juga disambut gembira oleh para pemandu wisata, karena mereka selalu ditanya wisatawan asing tentang minuman fermentasi lokal di Bali seperti apa. Namun dari para pemandu wisata tersebut tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut karena Mereka yang memproduksi atau menjual arak, lanjutnya, kerap ditangkap polisi.

Namun sekarang dengan adanya payung hukum ini, para petani minuman fermentasi arak bali ini bisa tersenyum lebar dan para pemandu lokal juga bisa dengan tegas menjelaskan kalau di Bali ada oleh-oleh khas minuman fermentasi seperti Arak Bali.

Dengan hadirnya oleh-oleh khas Bali yang baru ini, diperkirakan akan menggeser pangsa pasar minuman sejenis lainnya. Seperti yang sudah dibahas tadi, kalau minuman ini tetap termonitoring.

Jadi tidak bisa sembarangan diperjual belikan seperti gelanggang remaja, pedagang kaki lima, penginapan, bumi perkemahan, tempat yang berdekatan dengan sarana peribadatan, lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan dan fasilitas kesehatan serta tempat-tempat sebagaimana diatur dalam ketentuan Peraturan Perundang-undangan.

Jadi kalau kalian masih sekolah atau masih dibawah umur 21 tahun, kalian tidak diperkenankan untuk membeli dan mengkonsumsi Arak Bali sebagai minuman oleh-oleh khas bali ini.
Oleh sebab itu, legalnya arak dan brem Bali lebih jadi simbol pengakuan budaya Bali terkait minuman tradisional. Legalnya minuman tersebut pun tidak serta merta jadi simbol pengakuan akan sahnya konsumsi alkohol di mata masyarakat. Tentu hal ini perlu disikapi dengan bijak.

Nah, tahukah anda tentang khasiat dan Manfaat Arak Bali untuk kesehatan


1. Baik untuk jantung
2. Turunkan risiko Alzheimer dan Parkinson
3. Baik untuk kesehatan ginjal
4. Baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut
5. Mencegah flu dan masuk angin

Referensi tentang khasiat dan manfaat arak bali diatas kami dapat dari situs https://www.antvklik.com/rehat/ini-manfaat-minuman-keras-untuk-kesehatan.

Tidak hanya itu, khasiat dan manfaat arak bali untuk kesehatan juga dipertegas oleh situs https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-minuman-keras-untuk-kesehatan/

Bagaimana kawan. Bagi kalian yang sedang berlibur di Bali jangan lupa bawa pulang oleh-oleh Brem dan Arak Bali ya.

Referensi tempat wisata di Bali :





TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA
Disqus Comments