Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Tumis jamur tiram, Menu Hemat dan Enak

Membuat Tumis jamur tiram, Menu Hemat dan Enak

Membuat Tumis jamur tiram (2)

Membuat Tumis jamur tiram

Bahan-bahan

  1. 1 Bungkus Jamur Tiram Putih
  2. 2 Siung Bawang Putih (Iris)
  3. 2 Siung Bawang Merah (Iris)
  4. 1 Cm Lengkuas (Geprek)
  5. 1/4 Sachet Ladaku
  6. 3 Buah Cabai Merah Keriting (Iris)
  7. 1 Batang Daun Bawang
  8. 1 Buah Tomat
  9. 1 Sdm Saus Tiram
  10. 1 Sdm Saus Sambal
  11. 5 Buah Pentol
  12. Air
  13. Minyak untuk menumis
  14. Gula putih, royco, micin

Langkah-langkah membuat tumis jamur tiram

  1. Langkah pertama dalam membuat tumis jamur tiram adalah membersihkan dan menyiapkan jamurnya[1]. Untuk membersihkan jamur kita bisa menggunakan kain bersih yang telah direndam dalam air[2]. Seka permukaan jamur dengan kain untuk menghilangkan kotoran atau kotoran. Kemudian suwir jamur dan rendam dalam air garam untuk selanjutnya membersihkannya [3]. Setelah jamur bersih dan siap, kita bisa melanjutkan ke langkah resep berikutnya.
  2. Langkah selanjutnya adalah menumis jamur dengan bumbu dapur sederhana[4]. Panaskan wajan dengan minyak lalu tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai rawit hingga harum[3]. Kemudian masukkan jamur suwir dan tumis terus hingga matang. Agar masakannya lebih lengkap, kita juga bisa menambahkan sayuran lain seperti wortel, jagung, atau sawi [5]. Langkah ini sangat penting dalam mengembangkan cita rasa masakan dan menciptakan tumis jamur tiram yang lezat.
  3. Terakhir, untuk menambah cita rasa dan penyajian hidangan, kita bisa menambahkan saus tiram pada tumisan jamur[6]. Bahan ini akan memberikan rasa gurih dan umami pada masakan. Setelah saus ditambahkan, aduk semuanya dan masak beberapa menit lagi hingga saus mengental dan bumbu menyatu. Hidangan kini siap disajikan dan dinikmati[7]. Tumis jamur tiram adalah hidangan sederhana namun lezat yang bisa dinikmati sebagai lauk atau hidangan utama.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih dan Menyiapkan Jamur Tiram Segar** – Saat membuat tumis jamur tiram, penting untuk memulai dengan jamur segar dan berkualitas tinggi. Carilah jamur tiram yang padat dan montok dengan aroma segar dan bersahaja. Hindari produk yang tampak berlendir, berubah warna, atau berbau menyengat. Sebelum dimasak, bersihkan kotoran atau kotoran secara perlahan menggunakan sikat lembut atau kain lembab, karena membilas jamur dapat membuatnya basah.

Baca Juga :  Resep Memasak Soto Banjar

**Pengirisan yang Tepat untuk Memasak Merata** – Untuk memastikan tumis jamur tirammu matang secara merata, penting untuk mengirisnya menjadi potongan-potongan yang seragam. Bidik irisan yang tebalnya sekitar 1/4 hingga 1/2 inci. Ini akan membantu mereka memasak secara konsisten dan mencegah beberapa potongan menjadi terlalu matang sementara yang lain masih kurang matang.

**Menggunakan Lemak Masak yang Tepat** – Saat menumis jamur tiram, penggunaan lemak masak yang tepat sangat penting untuk menentukan rasa dan teksturnya. Pilihlah minyak dengan suhu tinggi seperti minyak biji anggur, minyak alpukat, atau bahkan mentega murni (ghee). Minyak ini memiliki titik asap yang tinggi, yang berarti dapat menahan panas yang dibutuhkan untuk menumis tanpa gosong dan memberikan rasa yang nikmat pada jamur.

**Bumbu dan Penyedap** – Meskipun tumis jamur tiram memiliki rasa alami yang lezat, melengkapinya dengan bumbu pelengkap dapat meningkatkan kualitas hidangan. Pertimbangkan untuk menambahkan bawang putih cincang, bawang merah, thyme, atau sedikit anggur putih untuk meningkatkan profil rasa. Bumbui dengan garam dan merica sesuai selera, dan tambahkan sentuhan akhir herba segar seperti peterseli atau daun bawang untuk menambah kesegaran.

**Hindari Pan yang Terlalu Penuh** – Wajan yang terlalu penuh saat menumis jamur tiram bisa menyebabkan timbulnya uap, bukan warna kecoklatan. Untuk mendapatkan warna coklat keemasan yang diinginkan dan mencegah jamur menjadi lembek, pastikan ada ruang yang cukup di antara potongan jamur di dalam wajan. Jika perlu, masak jamur secara bertahap agar warnanya menjadi kecoklatan dan karamelisasi. Kiat dan praktik terbaik ini akan membantu memastikan tumis jamur tiram Anda menghasilkan cita rasa yang indah dan dimasak dengan sempurna, menjadikannya hidangan lezat atau bahan serbaguna dalam berbagai resep.

Baca Juga :  Yuk, Praktikkan Memasak Resep Garang Asem Buncis untuk Lauk Makan Siang Hari Ini

FAQ

Q: Bagaimana cara membersihkan dan menyiapkan jamur tiram? A: Untuk membersihkan jamur tiram, pertama-tama bilas jamur di bawah air dingin untuk menghilangkan kotoran dan potong bagian bawah batangnya. Setelah itu, rendam jamur dalam air selama beberapa menit untuk menghilangkan sisa kotoran. Kemudian tiriskan jamur dan potong sesuai keinginan sebelum dimasak.

Q: Apa langkah-langkah dalam memasak tumis jamur tiram? A: Untuk memasak tumis jamur tiram, panaskan sedikit minyak zaitun atau mentega di wajan. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, lalu tambahkan jamur tiram. Aduk secara teratur dan biarkan jamur matang hingga teksturnya lembut dan cairan yang dihasilkan menguap.

Q: Bagaimana cara menambahkan rasa pada tumis jamur tiram? A: Untuk menambahkan rasa pada tumis jamur tiram, Anda dapat menambahkan rempah-rempah seperti garam, lada hitam, atau rempah lain sesuai selera. Tambahan lain yang bisa dimasukkan adalah saus tiram, kecap, atau sedikit air kaldu untuk memberikan rasa yang lebih kaya.

Q: Bagaimana cara menyajikan tumis jamur tiram? A: Tumis jamur tiram dapat disajikan sebagai hidangan utama dengan nasi atau pasta, atau sebagai pelengkap hidangan daging atau sayuran lainnya. Anda juga dapat menghidangkan tumis jamur tiram sebagai topping untuk roti atau sebagai tambahan pada pizza.

Q: Apakah jamur tiram harus dimasak dalam waktu yang lama? A: Tidak perlu memasak jamur tiram terlalu lama. Cukup masak jamur hingga teksturnya lembut dan cairan yang dihasilkan menguap. Pengolahan yang terlalu lama dapat membuat jamur menjadi terlalu lembek dan kehilangan tekstur serta rasa alaminya.

Baca Juga :  Resep Masakan Thailand yang Cocok untuk Lidah Warga +62

Referensi : 

1.   Tips Memasak Cepat Jamur Tiram, Perlukah Dicuci Dulu ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.parapuan.co 

2.   Agar Tumis Jamur Tidak Lembek, Ikuti 3 Tips Mudah Ini.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.fimela.com 

3.   5 Resep Tumis Jamur Tiram Praktis Gurih dan Enak.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.fimela.com 

4.   Resep Tumis Jamur Tiram Simpel buat Lauk Sarapan.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.kompas.com 

5.   29 Resep tumis jamur tiram ala rumahan, sederhana bikin ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.briliofood.net 

6.   Resep Tumis Jamur Saus Tiram, Menu Rumahan Praktis.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari jateng.idntimes.com 

7.   Selerasa.com – Resep Membuat Ati Ampela Tumis Jamur ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.facebook.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan