Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Pentol Isi Keju yang Enak dan Mantap Buatan Rumah

Resep Pentol Isi Keju yang Enak dan Mantap Buatan Rumah

Pentol Isi Keju

Resep pentol isi keju

Resep pentol isi keju sangat istimewa karena pentol yang berbahan seperti bakso menggunakan daging sapi. Lebih istimewa lagi karena di dalam pentolnya ada potongan keju yang saat dimakan bisa meleleh. Dijamin pentolnya enak dan mantap, seperti yang dijual di luar sana.

Bedanya pentol keju yang dijual di luar dibandrol dengan harga bisa cukup mahal, sementara porsinya mungkin kurang memuaskan.

Oleh karenanya, lebih baik membuatnya di rumah agar lebih puas saat menyantapnya. Anda sekalian yang mengaku sebagai penggemar bakso atau pentol memang harus mencobanya.

Lalu, bagaimana resep pentol isi keju yang enak dan mantap? Berikut informasi selengkapnya agar bisa dipraktikkan nantinya.

Bahan pentol keju

  • 250 gram daging sapi tetelan
  • 100 gram daging ayam tanpa tulang
  • 50 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung tapioka
  • 1 butir telur ayam
  • 4 siung bawang putih dihaluskan
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan garam
  • 2 liter air
  • 1 balok keju cheddar dipotong dadu
Baca Juga :  Membuat Nasi Tempe Kering, Menu Hemat dan Enak

Bahan untuk kuah pentol

  • Air kaldu sisa rebusan pentol
  • 3 siung bawang putih dihaluskan lalu digoreng
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh kaldu bubuk

Bahan pelengkap

  1. Bawang merah goreng secukupnya
  2. Kecap manis secukupnya
  3. Saus sambal/tomat secukupnyasambal cabai rawit secukupnya

Cara membuat pentol keju

Setelah semua bahan diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan resep pentol isi keju dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Silahkan bersihkan dulu daging sapi tetelan dan daging ayam di bawah air mengalir. Setelah itu, haluskan semua daging dengan mesin giling manual, blender, atau mencincangnya dengan pisau hingga halus.
  2. Masukkan semua cincangan daging ke dalam baskom bersih, lalu tambahkan telur ayam. Aduk merata dengan tangan. Tambahkan tepung terigu, tapioka, bawang putih, merica, dan garam. Aduk merata lagi. Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonannya kalis.
  3. Setelah itu, ambil satu sendok makan adonan pentol dan pipihkan. Beri potongan keju cheddar di bagian tengahnya, lalu bulatkan.
  4. Lakukan langkah tersebut hingga semua adonan dan potongan keju habis. Setelah itu, rebus air yang sudah disiapkan hingga mendidih. Lalu, masukkan semua bulatan pentol ke dalam rebusan air tersebut.
  5. Jika pentol bakso sudah mengapung di permukaan, segera angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  6. Sementara itu, air sisa rebusan pentol jangan dibuang karena masih digunakan. Kecilkan api kompor, lalu tambahkan bawang putih goreng, merica bubuk, dan kaldu bubuk. Aduk merata.
  7. Silahkan mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah sesuai selera, matikan kompor.
  8. Waktunya plating. Siapkan beberapa mangkuk saji untuk plating, lalu beri beberapa pentol. Setelah itu, siram dengan kuahnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya. Jangan lupa beri kecap manis, saus cabai/tomat, dan sambal cabai rawit sesuai selera.
Baca Juga :  Resep Kikil Cabai Hijau Campur Petai Olahan Daging Qurban

Sekarang, Anda sekalian sudah mengetahui resep pentol isi keju selengkapnya seperti uraian diatas. Segera praktikkan resepnya agar bisa menyantap pentol daging dengan lelehan keju di dalamnya.

Lihat video membuat Pentol Isi Keju

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan