Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Bakso Sapi 1kg, rasa yang gurih dan tekstur yang kenyal

Resep Bakso Sapi 1kg, rasa yang gurih dan tekstur yang kenyal

resep bakso sapi 1kg

Resep Bakso Sapi 1kg

Recipe By siti
Course: resep bakso sapi 1kg Cusine:Indonesia Difficulty:Mudah

Servings

4 minutes

Preparing Time

60 minutes

Cooking Time

30 minutes

Calories

500 kcal

INGREDIENTS

  1. daging sapi

  2. tepung sagu

  3. es batu

  4. telur

  5. garam

  6. gula

  7. merica

  8. bawang putih

  9. bawang merah

  10. seledri

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memotong daging sapi sesuai dengan selera

  2. Langkah 2

    Kemudian, haluskan daging sapi tersebut dengan menggunakan food processor atau blender

  3. Langkah 3

    Setelah itu, tambahkan bawang putih, bawang merah, garam, gula, merica, dan seledri ke dalam daging sapi yang telah dihaluskan tadi

  4. Langkah 4

    Aduk rata semua bahan tersebut hingga meresap ke dalam daging sapi

  5. Langkah 5

    Selanjutnya, masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur dengan baik

  6. Langkah 6

    Jangan lupa tambahkan telur dan es batu ke dalam adonan untuk memberikan tekstur yang kenyal pada bakso

NOTES

    Setelah adonan bakso siap, saatnya untuk membentuk bakso-bakso tersebut. Ambil sedikit adonan bakso, lalu bulatkan dengan telapak tangan Anda. Ulangi langkah ini hingga adonan habis. Pastikan ukuran bakso yang dibentuk seragam agar hasilnya nantinya juga merata. Setelah semua adonan dibentuk menjadi bakso-bakso, rebus bakso-bakso tersebut dalam air mendidih hingga matang. Angkat dan tiriskan bakso, kemudian bakso sapi 1kg siap disajikan dengan kuah kaldu hangat dan mie.

Siapa yang tidak suka dengan bakso? Makanan yang satu ini memang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Bakso sendiri memiliki berbagai jenis, salah satunya adalah bakso sapi. Bakso sapi memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang kenyal, membuatnya menjadi pilihan favorit banyak orang. Jika biasanya Anda membeli bakso di luar, bagaimana jika kali ini Anda mencoba membuat sendiri bakso sapi di rumah, bahkan dalam jumlah besar, yaitu 1kg? Di dalam artikel ini, kita akan membahas resep dan cara membuat bakso sapi sebanyak 1kg.

Baca Juga :  Coba Dulu Resep Sotong Pedas Menggugah Selera Makan Berikut

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pembuatan bakso sapi sebanyak 1kg, pastikan Anda menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Beberapa bahan yang harus disiapkan antara lain daging sapi, tepung sagu, es batu, telur, garam, gula, merica, bawang putih, bawang merah, dan seledri. Pastikan untuk memilih daging sapi yang segar dan berkualitas agar hasil bakso yang dihasilkan juga berkualitas tinggi.

Langkah Pembuatan Bakso Sapi 1kg

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memotong daging sapi sesuai dengan selera. Kemudian, haluskan daging sapi tersebut dengan menggunakan food processor atau blender. Setelah itu, tambahkan bawang putih, bawang merah, garam, gula, merica, dan seledri ke dalam daging sapi yang telah dihaluskan tadi. Aduk rata semua bahan tersebut hingga meresap ke dalam daging sapi. Selanjutnya, masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur dengan baik. Jangan lupa tambahkan telur dan es batu ke dalam adonan untuk memberikan tekstur yang kenyal pada bakso.

Proses Pembentukan Bakso

Setelah adonan bakso siap, saatnya untuk membentuk bakso-bakso tersebut. Ambil sedikit adonan bakso, lalu bulatkan dengan telapak tangan Anda. Ulangi langkah ini hingga adonan habis. Pastikan ukuran bakso yang dibentuk seragam agar hasilnya nantinya juga merata. Setelah semua adonan dibentuk menjadi bakso-bakso, rebus bakso-bakso tersebut dalam air mendidih hingga matang. Angkat dan tiriskan bakso, kemudian bakso sapi 1kg siap disajikan dengan kuah kaldu hangat dan mie.

Baca Juga :  Enaknya Kuah dan Rasa Laksa Udang Singapore, Ini Tipsnya !

Tips Tambahan

Agar bakso sapi 1kg yang Anda buat memiliki tekstur yang kenyal dan rasanya enak, ada beberapa tips tambahan yang bisa Anda ikuti. Pertama, pastikan adonan bakso Anda diaduk secara merata sehingga semua bahan tercampur dengan baik. Kedua, gunakan tepung sagu sesuai takaran yang diperlukan agar tekstur bakso tidak terlalu keras atau terlalu lembut. Terakhir, pastikan air rebusan bakso dalam keadaan mendidih sebelum memasukkan bakso agar bakso tidak hancur saat dimasak.

Kesimpulan

Membuat bakso sapi 1kg sendiri di rumah ternyata tidaklah terlalu sulit. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan langkah-langkah yang sederhana, Anda bisa menikmati bakso sapi buatan sendiri dengan kualitas yang terjamin. Selain itu, dengan membuat sendiri bakso sapi, Anda juga bisa mengontrol kualitas bahan yang digunakan sehingga lebih sehat dan higienis. Jadi, coba buat bakso sapi 1kg sendiri di rumah dan rasakan sensasi memasak yang menyenangkan!

FAQ (Frequently Asked Questions)

Berapa lama bakso sapi bisa disimpan? Bakso sapi yang sudah dimasak bisa disimpan dalam lemari es selama 3-4 hari. Pastikan untuk menyimpannya dalam wadah kedap udara agar bakso tidak cepat basi.

Apakah bisa menggunakan daging sapi cincang untuk membuat bakso? Tentu saja bisa. Namun, tekstur bakso yang dihasilkan mungkin akan sedikit berbeda dengan menggunakan daging sapi yang dihaluskan.

Baca Juga :  Yuk, Memasak Resep Tumis Usus Telur Puyuh yang Disukai Banyak Orang

Haruskah menggunakan telur dalam adonan bakso? Telur berfungsi sebagai perekat dalam adonan bakso sehingga membantu tekstur bakso menjadi lebih kenyal. Namun, jika Anda tidak suka telur, Anda bisa mengurangi atau menghilangkan telur dalam adonan.

Apakah tepung sagu bisa diganti dengan tepung terigu? Tepung sagu memiliki tekstur yang lebih kenyal daripada tepung terigu, sehingga disarankan untuk tetap menggunakan tepung sagu. Namun, jika tidak tersedia, Anda bisa mencoba menggunakan tepung terigu sebagai pengganti.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info