Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Bibimbap Saessak Sederhana dan Mudah dengan Microgreens

Resep Bibimbap Saessak Sederhana dan Mudah dengan Microgreens

Bibimbap Saessak (1)

Resep Bibimbap Saessak

Bibimbap yang dapat dibuat dengan cepat dan mudah dengan menggunakan sayuran segar daripada memasak semua sayuran.

Bibimbap Saessak dengan Microgreens atau Fledglings ini adalah jawaban terhadap mangkuk nasi Korea dasar yang ditumpuk dengan sayuran hijau dan rasa baru!

Apa itu Bibimbap Saessak? Saessak adalah bahasa Korea yang berarti kecambah. Terlebih lagi, mengejar arah kecambah menjadi makanan yang baik, seseorang memikirkan Saessak Bibimbap beberapa waktu yang lalu yang merupakan varian lain yang dihabisi dengan sebagian besar kecambah baru dan bukan dimasak dengan namul seperti yang biasa dilakukan.

  1. Nasi: merekomendasikan penggunaan 100% beras merah (Hyeonmi Bap) atau beras putih + beras merah (Heuimibap), yang memiliki tekstur sedikit lebih padat daripada beras putih biasa. Namun, kamu dapat menggunakan nasi putih biasa jika mau.
  2. Sayuran mikro: disarankan untuk mengombinasikan berbagai macam sayuran hijau atau kecambah karena mereka memberikan rasa pedas dan pahit yang luar biasa. Cobalah kangkung, daikon dan bahkan daun ketumbar jika bisa menemukannya. Kecambah bekerja dengan sempurna jika tidak dapat menemukan sayuran hijau  dapat menggunakan campuran yang baik dari salad musim semi bayi.
  3. Akar Burdock, ini adalah topping opsional yang memberikan tekstur kenyal dan meningkatkan rasa pada hidangan.
  4. Protein: daging sapi adalah topping yang paling umum, tetapi juga dapat mencoba ayam dan tahu, yang dapat digoreng hingga garing. Disarankan resep bulgogi ayam.
  5. Telur – Bibimbap biasa biasanya dilengkapi dengan telur ceplok, namun untuk Bibimbap Saessak yang sangat ringan ini, saya lebih menyukai telur goreng. Hal ini sama sekali tidak mengurangi kesegaran hidangan ini.
  6. Semangkuk nasi ditaburi dengan sayuran hijau, daging sapi, akar burdock, dan saus gochujang asam manis dalam versi Bibimbap dengan Sayuran Hijau.
Baca Juga :  Buat Gurita Asam Manis Pedas, Mudah kok, Begini Resepnya

Bahan – Bahan :

  1. 1 cangkir nasi merah atau nasi putih yang sudah dimasak
  2. 1,5 cangkir sayuran hijau (kangkung, lobak daikon) atau kecambah atau baby greens – dikemas longgar
  3. Saus Gochujang Asam Manis
  4. 1 sendok makan Gochujang
  5. 2 sendok teh cuka beras
  6. 0,5 sendok makan gula pasir
  7. 1 sendok teh madu
  8. 0,5 sdt minyak wijen, tambahkan lebih banyak jika Anda suka minyak wijen
  9. Daging Sapi Giling Berbumbu
  10. 1/4 kg daging sapi giling
  11. 2 sdt kecap asin
  12. 2 sdt gula
  13. 1 sdt mirin – arak beras
  14. 2 sdt minyak wijen
  15. 1 sdt bawang putih cincang
  16. 1/8 sdt lada hitam
  17. Akar Burdock Tumis (opsional) – tetapi menambah rasa dan tekstur yang luar biasa
  18. 0,5 kg akar burdock yang sudah dipotong-potong
  19. 1 sendok teh minyak sayur
  20. 1 sdt kecap asin jin ganjang
  21. 1 sendok teh gula
  22. 1 sdt mirim atau mirin (arak beras)

Cara Membuat :

  1. Masaklah nasi jika tidak memilikinya. Menggabungkan beras putih dan beras merah bekerja dengan baik. Bisa menggunakan fungsi Beras Merah (Hyunmi) di penanak nasi untuk memasak beras merah dengan perbandingan 2:1 dengan beras putih. Jika mau, kamu bahkan bisa makan hanya nasi putih atau Beras Merah 100%. Selain itu, beras ungu juga bisa digunakan. Kamu juga bisa menggunakan Haetban, yang bekerja dengan baik meskipun nasinya sedikit terlalu basah untuk selera.
  2. Daging Sapi Giling: Campurkan semua bumbu (kecap asin, bawang putih, minyak wijen, gula, mirin, lada hitam, dan biji wijen) ke dalam mangkuk sebelum menambahkan daging sapi giling. Masak daging giling yang telah dibumbui di atas dalam wajan dengan api sedang-besar selama X menit, atau hingga benar-benar matang dan sebagian besar cairannya menguap.
  3. Telur: Dalam wajan berukuran sedang, panaskan sekitar satu sendok teh atau satu putaran minyak sayur. Pecahkan telur dengan spatula dan buat orak-arik setelah dipecahkan di atas wajan dan tunggu sekitar 20 detik hingga sebagian besar putihnya matang. Ini adalah cara yang benar-benar cepat dan sederhana untuk membuat telur goreng! Tidak perlu dikocok di dalam mangkuk (satu mangkuk lebih sedikit untuk dibersihkan!). Cukup langsung di dalam wadah, telur yang benar-benar matang ini benar-benar terasa lebih enak dalam bibimbap Saessak ini daripada telur yang encer.
  4. Kupas akar burdock, iris tipis-tipis dan rendam dalam air selama beberapa saat. Setelah ditiriskan dalam saringan, tumis dengan mirin, gula dan kecap asin. Gochujang, cuka, madu, gula, dan minyak wijen harus dicampur dalam mangkuk untuk membuat saus gochujang. Cicipi. Rasanya sedikit manis. Kurangi gula jika ingin rasanya lebih manis.
  5. Tiriskan atau gunakan alat pemeras salad untuk meniriskan sayuran hijau atau kecambah dari kelebihan air.
  6. Tambahkan nasi ke dalam mangkuk besar. Nasi harus hangat, jangan terlalu panas. Tambahkan microgreens atau kecambah, tambahkan telur, daging, akar burdock (jika ada) di atas nasi, lalu balut dengan saus gochujang yang manis.
Baca Juga :  Resep Sup Krim Seafood, Menu Sarapan Pagi ala Barat yang Menggugah Selera

8. Setelah semua terkumpul bisa dicampurkan semua bahannya.

Ide Penyajian untuk Bibimbap dengan Sayuran Mikro

  1. Biasanya menyajikan hiasan tambahan seperti hamburger, burdock bokkeum dan saus gochujang sehingga setiap orang dapat menambahkannya sesuai selera.
    1. Padukan dengan sup ringan seperti Sup Lobak Daging Sapi atau Bugeok Guk.
    1. Semangkuk kelezatan ini sangat lezat jika dimakan sendiri, tetapi juga dapat menambahkan lauk seperti Gamja Jeon, yang merupakan sejenis panekuk kentang, atau Jeon ringan

Lihat video membuat Bibimbap Saessak

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan