Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Membuat Nasi dengan Kecambah Kedelai (Kongnamul Bap)

Resep Membuat Nasi dengan Kecambah Kedelai (Kongnamul Bap)

Kongnamul Bap1

Resep Kongnamul Bap

Kongnamul Bap adalah nasi tradisional Korea yang dimasak dalam satu panci dengan kecambah kedelai dan kecap yang dibumbui dengan lezat. Rasanya lezat dan mudah disiapkan.

Kecambah kedelai ini, yang juga dikenal sebagai Kongnamul, mungkin disajikan sebagai lauk di restoran Korea.

Mereka juga sangat baik dalam semur dan sup, dan orang Korea mengatakan bahwa Kongnamul Guk (sup) dapat menyembuhkan pilek.

Kecambah kedelai merupakan sumber vitamin B, tiamin, dan folat yang baik, serta banyak vitamin C. Protein berlimpah di bagian kepala (bagian kacang), dan serat disediakan oleh akarnya.

Kecambah yang lezat dan bergizi ini juga dapat dimakan sebagai bagian dari makanan dengan nasi (Kongnamul Bap).

Bahan-bahan untuk Kongnamul Bap :

Waktu persiapan: 15 menit. Waktu memasak: 40 menit. Porsi: 4

  1. 3 cangkir beras berbiji pendek (1 gelas takar beras sebenarnya setara dengan 3/4 C dalam pengukuran volume standar)
  2. 3 cangkir air
  3. 14 ons kecambah kedelai
  4. 1 sendok teh garam
  5. 1/3 kg daging giling yang sudah dibumbui dan dimasak (atau potongan daging sapi yang diiris tipis)

– bumbu untuk daging sapi –

  1. 2 sdt kecap asin
  2. 1 sdt gula pasir
  3. 2 sdt arak beras
  4. 1 sdt minyak wijen
  5. 1 sdt bawang putih cincang
  6. 1/8 sdt bubuk bawang putih (opsional)
  7. 1/8 sdt lada hitam bubuk

– Saus untuk nasi

  1. 3 T kecap asin
  2. 2 T daun bawang cincang
  3. 2 sdt ~ 1 T bubuk cabai merah (sesuai selera)
  4. 1 sdt bawang putih cincang
  5. 2 sdt gula pasir
  6. sejumput lada hitam
  7. 1 T minyak wijen
  8. 1 T biji wijen
  9. 1 sdt cabai hijau cincang (opsional)
Baca Juga :  Pepes Ayam Bumbu Putih Khas Sunda yang Rasanya Dijamin Mantul

Cara Membuat :

  1. Campurkan semua bumbu ke dalam daging giling sebelum menumisnya di atas api sedang hingga matang.
  2. Bersihkan kecambah kedelai dengan mencucinya. Biasanya kecambah dibersihkan dengan memotong ujung akarnya. Cukup pilih kecambah yang tampak lembek atau kecoklatan, memiliki kepala yang menghitam, atau terdapat bintik-bintik hitam. Seharusnya hanya ada sedikit kecambah yang perlu dipilih dari sekantong tauge segar dengan kualitas yang baik.
  3. Tambahkan beras yang sudah dicuci ke dalam penanak nasi. Tuangkan campuran air garam ke atas beras.
  4. Letakkan daging giling yang sudah dimasak dan tauge yang sudah dibersihkan di atas nasi.
  5. Masak nasi dengan memilih fungsi memasak nasi standar.
  6. Biasanya, yang terbaik adalah memulai dengan memasukkan kecambah dan daging sapi ke dalam panci, lalu tambahkan nasi. Buka tutupnya hanya setelah tauge atau nasi matang; jika tidak, tauge akan berbau dan berasa amis.
  7. Saat memasak nasi di dalam panci di atas kompor, didihkan, kemudian kecilkan api hingga kecil dan didihkan selama 15 menit, tutupi, hingga semua cairan menguap. Sebelum membuka tutupnya, matikan api dan biarkan selama dua menit atau lebih.
  8. Kamu dapat membuat yangnyum jang saat nasi sedang dimasak. Perlu diingat bahwa karena saus ini sangat asin dan kuat, sedikit saja sudah cukup. Mengencerkannya dengan air (1 T air) bisa menjadi pilihan.
  9. Aduk nasi dengan lembut setelah semuanya matang agar daging sapi dan kecambah merata. Sekarang, sajikan nasi dengan saus di sampingnya sehingga orang dapat menambahkan atau mengurangi sesuai dengan preferensi mereka. Suami saya selalu menambahkan terlalu banyak saus pada nasinya, yang membuatnya terlalu asin! Mulailah dengan menambahkan sekitar 1 hingga 2 sendok teh ke dalam semangkuk nasi, lalu tambahkan lagi sesuai kebutuhan. Sajikan kimchi sebagai pelengkap untuk dinikmati!
Baca Juga :  Gurihnya tumis udang sosis dan telur puyuh, Ternyata ini Resepnya

Variasi pada resep Kongnamul Bap :

  1. Memasak nasi dan kecambah kedelai secara terpisah (bagus untuk membuatnya rendah karbohidrat) Jika nasi terlalu lembek, masak kecambah secara terpisah dalam panci dengan 1/3 cangkir air, sekantong kecambah, dan sedikit garam selama 6 menit dengan api sedang. Kecambah harus matang tetapi masih memiliki sedikit kerenyahan. Buang kecambahnya.
  2. Masak nasi secara terpisah, dengan jumlah air yang sama seperti biasanya.
  3. Siapkan saus, lalu isi mangkuk dengan nasi dan kecambah. Buatlah nasi merah dan tambahkan lebih banyak kecambah kedelai daripada nasi agar rendah karbohidrat.
  4. Secara tradisional, kongnamul bap dimasak di atas tungku kayu bakar dalam panci besi besar. Selain itu, sebelum nasi ditambahkan, kecambah didistribusikan di bagian bawah panci. Hal ini disebabkan oleh dua faktor: pertama, tidak mungkin kecambah akan berbau busuk dengan cara ini karena tertutup oleh beras, kedua, kecambah akan kehilangan kelembapannya. Namun, belakangan ini, penanak nasi elektrik telah secara efektif menyegel kelembapan dan rasa nasi saat dimasak. Selain itu, sebagian orang tidak menyukai kecambah yang cenderung gosong di bagian bawahnya. Namun, saya lebih suka kecambah diletakkan di bagian atas karena lebih renyah.
  5. Tambahkan wortel yang sudah dipotong-potong dan jamur tiram atau jamur shitake. Meskipun ini bukan resep tradisional, saya rasa tidak ada salahnya. Saya sendiri bisa melakukannya tanpa menambahkan bahan tambahan sembarangan pada resep hanya untuk variasi atau permukaan, jadi jika tidak terlalu merepotkan, cobalah resep yang valid ini terlebih dahulu sebelum menambahkan bahan lainnya.
Baca Juga :  Resep Empal Gentong untuk Santapan Spesial Hari Ini

Lihat video membuat Kongnamul Bap

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan