Lompat ke konten
Home » Resep » Variasi Resep Batagor Kuah, Cocok saat Musim Penghujan

Variasi Resep Batagor Kuah, Cocok saat Musim Penghujan

Batagor Kuah

Resep batagor kuah

Resep batagor kuah menjadi variasi dari menu kuliner aslinya. Biasanya, bakso tahu goreng atau disingkat batagor disajikan kering dan renyah, lalu disiram saus kacangnya.

Kuliner khas Bandung, Jawa Barat tersebut cocok dimakan saat masih hangat dijamin lezat dan mengenyangkan. Seporsi batagor bisa mengganti sepiring nasi dengan lauknya karena sudah mengandung karbohidrat dan protein di dalamnya.

Ternyata, batagor juga bisa disajikan dan disantap dalam wujud ada kuahnya, seperti bakso atau sejenisnya. Dengan begitu, batagdor kuah sangat cocok disantap saat musim penghujan karena udara di luar sedang dingin.

Pasti sangat menarik mengetahui cara memasaknya, lalu segera mempraktikkan langkah-langkahnya. Maka dari itu, silahkan membaca informasi resep batagor kuah selengkapnya berikut yang semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 250 gram daging ikan tenggiri dihaluskan
  2. 50 gram tepung sagu
  3. 1 gelas air putih
  4. 1 sendok teh garam
  5. 1 sendok teh merica bubuk
  6. 6 buah tahu putih dipotong menjadi dua bagian
  7. 12 butir bakso sapi
  8. 12 buah bakso sapi gepeng
  9. 1 helai daun bawang dipotong kecil
  10. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Hidangan Lezat Ikan Kembung Asam Pedas

Bahan untuk kuah batagor

  1. 250 gram tulang ayam
  2. 1½ liter air
  3. 3 siung bawang putih digeprek
  4. 2 cm jahe digeprek
  5. 1 sendok teh garam
  6. 1 sendodk teh merica bubuk
  7. 1 sendok makan kecap ikan

Bahan pelengkap

  1. Sambal cabai rawit secukupnya
  2. Bawang merah goreng secukupnya
  3. Kecap manis secukupnya
  4. 1 buah jeruk nipis
  5. Saus cabai/tomat secukupnya

Cara membuat batagor kuah

Setelah semua bahan diatas disiapkan, Anda bisa segera mempraktikkan resep batagor kuah dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Siapkan wadah baskom dulu, lalu masukkan daging ikan tenggiri. Tambahkan tepung sagu, air,  garam, dan merica bubuk. Lalu, aduk merata dengan tangan hingga adonan kalis.
  2. Setelah itu, ambil sepotong tahu dan beri satu adonan batagor satu sendok makan diletakkan di bagian tengahnya. Tekan sedikit agar adonan menempel pada tahu. Lakukan langkah tersebut untuk semua potongan tahu hingga adonan habis. Sisihkan.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menggoreng tahu bakso. Pastikan minyak sudah panas, lalu masukkan satu per satu tahi bakso ke dalam wajan. Goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan. Jangan lupa membolak-balikannya agar matangnya merata. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  4. Langkah berikutnya membuat kuah batagornya. Caranya, rebus tulang ayam bersama bawang putih, dan jahe hingga mendidih. Tambahkan garam, merica bubuk, dan kecap ikan. Aduk merata.
  5. Setelah itu, masukkan semua bakso yang sudah disiapkan dan masak hingga matang. Jangan lupa mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah sedap, matikan kompor dan batagor kuah siap diplating.
  6. Siapkan mangkuk saji untuk plating. Beri dan tata batagor yang sudah matang ke dalam mangkuk. Jika ukuran batagor terlalu besar, Anda bisa memotongnya menjadi beberapa bagian. Lalu, tuangkan kuah beserta bakso secukupnya ke dalam mangkuk. Taburi potongan daun bawang dan bawang merah goreng secukupnya agar lebih sedap. Lengkapi dengan kecap manis, saus cabai/tomat, sambal rawit, dan perasan jeruk nipis jika Anda menginginkannya.
Baca Juga :  Resep Ayam Gepuk Sambal Terasi yang Rasanya Menggoyang Lidah

Ternyata cukup mudah mempraktikkan resep batagor kuah yang cocok waktu musim penghujan. Oleh karenanya, silahkan Anda coba sendiri di rumah untuk disantap bersama keluarga tercinta dan orang terdekat. Selamat mencoba.

Lihat Videonya :

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan