Lompat ke konten
Home » Batagor Bandung yang Satu Ini Dijamin Mantul

Batagor Bandung yang Satu Ini Dijamin Mantul

Batagor Bandung (1)

Resep batagor Bandung

Resep batagor Bandung memang salah satu yang paling dicari saat musim penghujan seperti ini. Bakso tahu goreng atau disingkat batagor memang berasal dari Bandung, Jawa Barat.

Namun sekarang, Anda pun bisa menemukan penjual batagor di luar Bandung. Bukan hanya di pelosok Pulau Jawa saja, tetapi hingga di luar Jawa. Isian batagor yang masih hangat dan renyah disiram dengan sambal kacang yang enak. Dijamin, siapa saja yang mencicipinya pasti suka.

Hal itu dikarenakan kuliner yang termasuk makanan cemilan ini memang rasanya enak, ringan untuk sekedar mengisi perut, serta mudah dibuatnya.

Anda mungkin salah satu yang ingin membuat sendiri batagor khas Bandung, tetapi belum mengetahui bahan, bumbu, serta caranya. Tak perlu khawatir, disini diinformasikan resep batagor Bandung selengkapnya yang bisa Anda langsung praktikkan.

Bahan-bahan

  1. 300 gram ikan tenggiri fillet
  2. 150 gram tepung sagu
  3. 10 lembar kulit pangsit
  4. 6 buah tahu putih atau kuning
  5. 2 batang daun bawang dipotong kecil
  6. ½ sendok teh merica bubuk
  7. 1 sendok teh gula pasir
  8. 1 sendok teh garam
  9. 1 gelas air hangat
  10. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng
Baca Juga :  Resep Sandwich Goreng, Bekal Sehat si Kecil

Bumbu yang dihaluskan

  1. 3 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih

Bahan untuk sambal kacang

  1. 1 genggam kacang tanah digoreng
  2. 3 buah cabai merah besar digoreng
  3. 2 siung bawang putih digoreng
  4. 1 sendok makan cuka
  5. 2 sendok teh garam
  6. 2 sendok teh gula pasir
  7. 500 ml air matang

Cara membuat batagor Bandung

Setelah semua bahan dan bumbu diatas siap, Anda bisa segera mempraktikkan resep batagor Bandung dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Ambil tahu yang sudah disiapkan, lalu potong tengahnya sehingga berbentuk segitiga. Setelah itu, ambil isi tahu bagian dalam. Lakukan hal tersebut untuk semua tahu. Sisihkan.
  2. Selanjutnya, bersihkan ikan tenggiri di bawah air mengalir. Lalu, ambil sebuah wadah dan masukkan ikan tenggiri fillet ke dalamnya. Tambahkan tepung sagu, daun bawang, merica, gula pasir, dan garam. Aduk merata.
  3. Tuangkan air hangat yang sudah disiapkan ke dalam adonan sedikit demi sedikit hingga adonan mengental, tetapi jangan sampai keenceran. Silahkan Anda perkirakan sendiri.
  4. Setelah itu, ambil tahu segitiga dan kulit pangsit. Lalu, isi tahu dengan 1 sendok makan adonan yang sudah dibuat tadi. Ambil 1 sendok makan adonan lagi dan taruh di tengah kulit pangsit. Rekatkan kulit pangsit di bagian pinggirnya sehingga berbentuk seperti bunga. Lakukan hal tersebut hingga semua isi adonan habis.
  5. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menggoreng. Setelah panas, masukkan tahu isi dan pangsit yang sudah dibuat, goreng hingga berwarna kecoklatan. Pastikan tahu dan pangsit tenggelam di dalam minyak goreng agar matangnya sempurna. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  6. Selanjutnya, Anda perlu membuat sambal kacang untuk batagornya. Haluskan semua bahan sambal kacang dengan diuleg atau blender. Jangan lupa dicicipi dulu untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah pas, masak sambal kacang tersebut diatas wajan atau pan kecil hingga mendidih dan mengental. Setelah itu, angkat dan tuang di dalam mangkuk atau piring.
  7. Siapkan piring saji untuk plating. Ambil tahu dan pangsit secukupnya, lalu potong-potong ukuran sedang. Taruh diatas piring dan siram dengan sambal kacang. Batagor khas Bandung siap disantap.
Baca Juga :  Resep Opor Ayam Kuning, Sajian Tepat Kumpul Keluarga

Itulah resep batagor Bandung yang cara membuatnya cukup mudah. Anda mungkin ingin berbisnis kuliner, tidak ada salahnya berjualan batagor khas Bandung karena banyak orang menyukainya. Selamat mencoba.

Sponsor topwisata.info