Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Memasak Resep Tumis Kangkung Ikan Cue yang Mudah dan Sederhana di Rumah

Memasak Resep Tumis Kangkung Ikan Cue yang Mudah dan Sederhana di Rumah

Tumis Kangkung Ikan Cue

Resep tumis kangkung ikan cue

Resep tumis kangkung ikan cue cukup sederhana untuk dimasak di rumah. Cocok untuk menu lauk makan siang penghilang lapar.

Tentu saja menyantapnya dengan nasi putih hangat agar lebih mengenyangkan. Ikan cue atau ada yang menyebutnya pindang banyak dijual di pasar tradisional yang biasanya diwadahi keranjang bambu.

Ikan cue bukan nama jenis ikan, tetapi hasil dari proses perebusan dan penggaraman terhadap ikannya. Lalu, ikan akan dikeringkan secara alami atau menggunakan mesin. Sementara itu, beberapa jenis ikan cue yang sering dijumpai di pasar, yaitu ikan kembung, bandeng, tongkol, cekalang, dan lainnya.

Harga ikan cue cukup terjangkau dan rasanya sangat enak untuk sekedar digoreng saja. Namun sekarang, ikan cue akan dimasak dengan tumis kangkung yang lezat. Untuk lebih jelasnya, berikut resep tumis kangkung ikan cue yang harus Anda ketahui.

Bahan-bahan

  • 2 – 3 ekor ikan pindang cue ukuran sedang digoreng matang lalu disuwir kasar
  • 2 ikat kangkung segar disiangi
  • 3 lembar daun jeruk dibuang tulang daunnya
  • 1 buah tomat merah dipotong-potong
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh gula pasir
  • ½ sendok teh perasan air jeruk nipis
  • 50 ml air matang
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis
Baca Juga :  Resep Tumis Kangkung Sederhana, Sandingan Enak Berbagai Menu Makanan

Bumbu yang dihaluskan

  1. 5 butir bawang merah
  2. 5 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  3. 3 buah cabai merah keriting

Cara memasak tumis kangkung ikan cue

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan resep tumis kangkung ikan cue dengan langkah-langkah memasaknya sebagai berikut.

  1. Panaskan wajan penggorengan, lalu beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis semua bumbu halus hingga harum.
  2. Tambahkan daun jeruk dan tumis lagi hingga layu. Setelah itu, masukkan suwiran ikan cue yang sudah disiapkan. Aduk merata.
  3. Tambahkan potongan tomat dan kangkum. Aduk merata dan masak hingga sayuran layu. Setelah itu, tuangkan air dan kecilkan api kompor.
  4. Bumbui dengan garam, gula pasir, dan air jeruk nipis. Aduk merata hingga semua bahan dan bumbu tercampur rata. Masak hingga mendidih dan kuahnya menyusut.
  5. Jangan lupa mencicipi sedikit masakannya untuk memastikan rasanya sudah sesuai selera atau belum. Jika sudah sesuai, matikan kompor untuk segera menyajikan masakannya.
  6. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu tuangkan masakan tumis kangkung ikan cue yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Jangan lupa juga menyiapkan nasi putih hangat untuk menjadikannya lauk makan.
Baca Juga :  Membuat Bubur Kacang Hijau dengan Cara Sederhana

Setelah resep tumis kangkung ikan cue diatas selesai dimasak, jangan lupa mengajak seluruh keluarga untuk mencicipinya. Dijamin rasanya sedap, sehingga jangan ragu untuk mencobanya.

Lihat video membuat Tumis Kangkung Ikan Cue

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan