Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Bandeng Bakar Bumbu Merah dan Sambal Tomat untuk Lauk Makan Siang

Resep Bandeng Bakar Bumbu Merah dan Sambal Tomat untuk Lauk Makan Siang

Bandeng Bakar Bumbu Merah (2)

Resep bandeng bakar bumbu merah

Resep bandeng bakar bumbu merah bisa Anda coba di rumah untuk menu makan siang yang menggugah selera. Hal itu dikarenakan bandeng bakar mungkin tidak umum di tengah masyarakat. Biasanya, ayam, bebek, atau seafood saja yang dibakar, tetapi sekarang ikan bandeng juga bisa diolah dengan cara membakarnya.

Tentu saja tidak langsung dibakar karena ada bumbu olesannya berwarna merah dan sedap. Dengan begitu, bandeng bakar menjadi lebih spesial lagi rasanya. Apalagi dilengkapi dengan sambal tomat yang pedas dan segar. Dijamin makan siang Anda bisa menghabiskan banyak nasi.

Lalu, bagaimana resep bandeng bakar bumbu merah selengkapnya? Silahkan membaca uraian berikut agar bisa segera mempraktikkannya di rumah.

Bahan-bahan

  • 2 – 3 ekor ikan bandeng segar ukuran sedang
  • 1 sendok makan minyak goreng

Bumbu uleg kasar

  • 1 buah cabai merah besar
  • 2 buah cabai merah keriting
  • 2 siung bawang putih
  • ½ sendok teh garam
  • ¼ sendok teh merica bubuk

Bahan sambal tomat

  • 1 buah tomat merah besar dipotong dua
  • 10 buah cabai rawit merah
  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • ½ sendok teh gula Jawa
  • ½ sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis
Baca Juga :  10+ Resep Nasi Goreng Rumahan, Rasa Mewah, Coba Pilih

Cara membuat bandeng bakar bumbu merah

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disediakan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan resep bandeng bakar bumbu merah dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua ikan bandeng yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang semua sisik di tubuhnya dan kotoran di bagian insang serta perutnya.
  2. Setelah itu, belah tubuh ikan menjadi dua bagian, tetapi jangan sampai putus. Ambil dan buang tulang dan duri di bagian tengah tubuhnya.
  3. Lumuri bagian dalam ikan dengan bumbu uleg kasar yang sudah disiapkan. Lakukan langkah tersebut untuk semua ikan bandeng. Diamkan dulu beberapa saat agar bumbunya meresap.
  4. Selanjutnya, siapkan tempat pembakarannya. Anda bisa memakai wajan teflon datar bergelombang untuk membakarnya. Olesi dulu permukaan wajan dengan minyak goreng.
  5. Nyalakan api kompor kecil saja, lalu letakkan masing-masing ikan bandeng diatasnya. Bakar hingga semua sisi tubuhnya berwarna kecoklatan dan ada bagian yang hangus. Jangan lupa dibolak-balik agar kematangannya merata. Setelah matang, angkat dan sisihkan dulu.
  6. Langkah berikutnya membuat sambal tomat.
  7. Panaskan dulu wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua cabai rawit, tomat, bawang merah, dan bawang putih.
  8. Tumis hingga setengah matang saja, lalu angkat. Siapkan cobek, lalu tuangkan semua tumisan diatasnya. Tambahkan gula Jawa dan garam. Setelah itu, uleg hingga semua bahan tercampur dan lembut.
  9. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu letakkan bandeng bakar bumbu merah yang sudah matang diatasnya. Siapkan juga sebuah mangkuk kecil untuk wadah sambal tomat. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep dan Cara Membuat Alpukat Kocok

Sekarang, Anda sekalian sudah mengetahui resep bandeng bakar bumbu merah selengkapnya setelah mambaca uraian diatas. Silahkan Anda coba resepnya di rumah dan semoga sesuai selera. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info