Lompat ke konten
Home » Bebek Liwet Khas Masakan Jawa yang Dijamin Mantul

Bebek Liwet Khas Masakan Jawa yang Dijamin Mantul

Bebek Liwet (1)

Resep bebek liwet

Resep bebek liwet merupakan salah satu masakan khas Jawa yang rasanya mantul dan disukai banyak orang. Menggunakan bahan daging bebek yang sudah diungkep, sehingga rasanya empuk dan gurih khas bumbu ungkep.

Setelah itu, daging bebek digoreng dan disajikan dengan kuah liwetnya. Biasanya, dilengkapi dengan lalapan dan sambal tomat yang menjadikannya semakin menggugah selera.

Anda mungkin salah satu yang sudah pernah mencicipinya dan ingin menyantapnya lagi. Namun sayanganya, tidak ada warung atau rumah makan di sekitar tempat tinggal Anda menjual menu kuliner tersebut.

Tidak perlu bersedih hati karena Anda bisa memasaknya sendiri di rumah dengan resep bebek liwet selengkapnya berikut. Semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 500 gram bebek segar di bagian mana saja (Anda bisa memilih kepala dan ati ampelanya juga)
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 1 sachet bumbu ungkep marinasi
  4. Minyak goreng secukupnya

Bahan untuk kuah liwet

  1. 5 siung bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 1 batang serai digeprek
  4. 1 cm jahe
  5. 1 cm lengkuas
  6. 2 lembar daun salam
  7. 3 lembar daun jeruk
  8. 200 ml santan
  9. ½ sendok teh garam
  10. ½ sendok teh gula pasir
  11. ¼ sendok teh merica bubuk
  12. Kaldu bubuk secukupnya

Bahan untuk sambal

  1. 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  2. 2 buah cabai merah besar
  3. 1 buah tomat merah dipotong dua
  4. 5 siung bawang merah
  5. 2 siung bawang putih
  6. 1 sendok teh gula Jawa disisir
  7. ½ sendok teh kaldu bubuk
Baca Juga :  Lezat, Begini Resep dan Cara Buat Ramyeon Asli Korea

Bahan pelengkap

  1. 1 buah timun dipotong-potong
  2. ¼ buah kol dipotong-potong

Cara memasak bebek liwet

Setelah semua bahan diatas sudah disediakan, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep bebek liwet dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu bebeknya di bawah air mengalir. Buang semua kotoran dan bulu-bulu halus yang masih menempel di kulitnya. Setelah itu, potong-potong menjadi beberapa bagian sesuai selera Anda.
  2. Masukkan semua potongan bebek di dalam wadah baskom, lalu beri perasan jeruk nipis. Aduk merata dan diamkan sekitar 15 menit untuk menghilangkah bau amisnys. Setelah 15 menit, cuci lagi potongan bebek di bawah air mengalir. Sisihkan. 
  3. Siapkan panci ukuran sedang, lalu rebus potongan daging bebek hingga mengeluarkan busanya. Angkat dan tiriskan. Setelah itu, panaskan lagi air untuk merebus daging bebek kedua kali. Masukkan bumbu ungkep marinasi ke dalamnya dan aduk merata. Rebus hingga air menyusut dan pastikan daging bebek sudah empuk. Setelah itu, angkat dan tiriskan.
  4. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak cukup banyak untuk menggoreng bebek. Pastikan minyak sudah panas barulah masukkan potongan bebek ke dalam wajan satu per satu. Goreng hingga berwarna kuning kecoklatan. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  5. Langkah berikutnya membuat kuah liwetnya. Caranya, haluskan dulu bawang merah, bawang putih, jahe, dan lengkuas. Setelah itu, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum.
  6. Tambahkan batang serai, daun jeruk, dan daun salam. Aduk merata dan tumis hingga semua layu. Setelah itu, tuangkan santan yang sudah disiapkan. Kecilkan api kompor dan aduk terus menerus perlahan saja agar santan tidak pecah.
  7. Bumbui dengan garam, gula pasir, merica bubuk, dan kaldu bubuk. Aduk merata. Silahkan untuk mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasa. Setelah matang, matikan kompor dan biarkan sejenak agar tidak terlalu panas.
  8. Langkah berikutnya membuat sambal. Caranya cukup mudah, yaitu Anda panaskan lagi wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, masukkan bawang merah, bawang putih, semua cabai, dan potongan tomat. Tumis hingga setengah matang.
  9. Setelah itu, siapkan cobek dan tuangkan semua tumisan diatasnya. Tambahkan gula Jawa dan kaldu bubuk, lalu uleg hingga tercampur semua dan lembut. Sisihkan.
  10. Semua masakan sudah matang dan tinggal di plating. Siapkan dulu piring saji untuk plating bebek gorengnya. Taruh semua bebek goreng diatasnya. Siapkan juga mangkuk untuk plating kuah liwetnya. Tuangkan saja semua kuah liwet diatasnya. Selain itu, siapkan mangkuk kecil untuk wadah sambalnya. Jangan lupa melengkapi dengan nasi putih hangat dan lalapan yang sudah disiapkan.
Baca Juga :  Memasak dan Mencicipi Pedas Gurih Dangkot Ayam

Resep bebek liwet sudah matang dan siap disantap. Silahkan mengambil nasi putih dan bebek gorengnya, lalu siram dengan kuah liwet secukupnya. Jangan lupa mengambil sambal dan lalapannya. Dijamin mantul dan maknyus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sponsor topwisata.info