Lompat ke konten
Home » Wisata » Jalan-Jalan ke Temanggung, Mampir ke Wisata Alam Posong. Harga Tiket dan Daya Tariknya

Jalan-Jalan ke Temanggung, Mampir ke Wisata Alam Posong. Harga Tiket dan Daya Tariknya

Wisata Alam Posong4 (1)

Wisata Alam Posong

Kabupaten Temanggung terletak di dataran tinggi, sehingga tanaman tembakau dapat tumbuh subur. Andalkan udara yang sejuk khas pegunungan serta letak geografis di dataran tinggi menampilkan panorama alam yang mempesona dan menakjubkan. Tak hanya itu, Temanggung diapit dua gunung terkenal, yakni Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Jika cuaca sedang cerah, pemandangan pegunungan lain seperti Gunung Ungaran, Gunung Merbabu, dan lainnya pun dapat terlihat dengan jelas. Pemandangan indah itu, dapat disaksikan secara jelas saat bertandang ke wisata alam Posong Temanggung.

Wisata Alam Posong Temanggung Jawa Tengah

Keberadaan dari wisata alam Posong jadi sangat viral. Hal tersebut tidak lepas dari sumbasih media sosial di dalam menyampaikan informasi terkait wisata alam ini berupa foto-foto keren berlatar belakang pegunungan yang indah. Bagi wisatawan, apalagi warga Temanggung akan sangat disayangkan jika saat liburan tidak berkunjung ke sini dan melewatkan keindahan dari wisata alam Posong, yang menyajikan keindahan Temanggung dari atas ketinggian.

Menurut informasi warga sekitar, nama Posong memiliki arti Kosong. Mulanya, tempat ini merupakan pos kosong yang dulunya pernah dimanfaatkan oleh Pangeran Diponegoro untuk mengelabui penjajah Belanda untuk menyerang pos kosong. Sekarang, pos tersebut sudah tidak kosong lagi, sebab sudah dijadikan sebagai tempat wisata fenomenal yang dilengkapi dengan berbagai spot foto keren

Lokasi Wisata Alam Posong

Wisata Alam Posong
Wisata Alam Posong

Wisata alam Posong terletak di lereng Gunung Sindoro. Ini jadi daya tarik para wisatawan saat berlibur di sini. Dengan alam yang indah, pengunjung dapat menjadikannya sebagai latar belakang saat berfoto. Jika ingin berburu sunrise, maka tempat wisata ini pun ideal. Supaya mendapatkan momen yang tepat, Anda bisa datang saat subuh. Sambil menikmati hangatnya kopi, tunggu perlahan-lahan matahari terbit dari balik Gunung Sumbing. Bahkan tidak jarang tampak pemandangan samudra awan yang sangat menakjubkan.

Tidak hanya bisa menikmati momen sunrise yang cantik, pengunjung pun dapat menikmati momen sunset. Ada baiknya datang saat hari cerah supaya dapatkan momen yang diinginkan. Bila sedang bagus cuacanya, maka pengunjung dapat melihat panorama indah golden sunset, pancaran sinar matahari yang membelah kedua gunung.

Baca Juga :  Tangerang Juga Punya Tempat Wisata Apik, Telaga Biru Cigaru Cisoka Wajib Disambangi. Segini Harga Tiketnya!

Lebih baik jika Anda berkunjung ke wisata alam Posong saat libur panjang. Tenang saja, banyak homestay dan penginapan yang bisa menjadi tempat istirahat Anda. Jika ingin lebih menyatu dengan alam, bawa tenda dan perlengkapan lainnya dari rumah. Maka, Anda tak akan ketinggalan untuk bisa menikmati keindahan sunrise dan sunset di sini.

Jam Operasional Wisata Alam Posong

Wisata Alam Posong2
Wisata Alam Posong2

Jam buka wisata alam ini mulai dari jam 04.00 – 17.00 WIB. Nah, apabila Anda ingin melihat keindahan sunrise bisa datang lebih awal. Hal itu karena jarak dari gerbang ke spot sunrise dan sunset cukup jauh, membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Sementara waktu tepat untuk menikmati sunrise adalah 06.00 WIB. Anda disarankan membawa makanan dan minuman hangat sendiri sembari menunggu golden sunrise datang. Anda bisa menunggu di gazebo yang tersedia sambil menikmati makanan dan minuman yang dibawa.

Pukul 06.00 WIB, Anda akan melihat keindahan dari golden sunrise. Apabila beruntung, Anda juga akan melihat keindahan samudra awan dan lalu di siang harinya, Anda akan dapatkan panorama alam yang bersih bebas dari awan.

Di puncak Posong, wisatawan bisa melihat secara jelas tujuh puncak sekaligus, yakni Merapi, Ungaran, Merbabu, Muria, Sumbing, Telomoyo, dan Sumbing.

Fasilitas Wisata Posong Temanggung

Wisata Alam Posong3
Wisata Alam Posong3

Seperti tempat wisata yang lain, pengelola wisata alam Posong sudah menyediakan sejumlah gazebo untuk para wisatawan yang berkunjung. Gazebo ini bisa digunakan untuk bersantai dan berlama-lama menikmati keindahan Posong. Selain fasilitas gazebo, pengelola pun menyediakan beberapa wahana menarik dan seru seperti Flying Fox.

Di objek wisata ini, pengunjung bisa menikmati udara sejuk khas pegunungan dengan ditemani hijaunya alam sekitar dari perkebunan warga setempat. Di sini pun disediakan kamar mandi umum yang tidak perlu membayar jika digunakan.

Baca Juga :  Seribu Batu Songgo Langit Bantul, Review

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Posong

Pembayaran retribusi serta tiket masuk ke objek wisata Posong ada di TPR. Untuk harga tiket masih tergolong cukup murah, yakni sebesar Rp. 7.000 per orang. Biaya tiket masuk termasuk tarif parkir. Namun, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sesuai kebijakan dari pengelola setempat.

Menuju ke Lokasi Wisata Alam Posong

Wisata Alam Posong1
Wisata Alam Posong1

Wisata alam Posong terletak di Desa Tlahab, Kec. Kledung, Kab. Temanggung, Jawa Tengah. Berdasarkan data geografis berada di kaki Gunung Sindoro yang terkenal akan pemandangannya menawan. Wisatawan bisa melihat sekaligus 7 puncak dan samudra awan di sana.

Letaknya memang cukup jauh dari pusat kota Temanggung. Anda harus menempuh jarak kurang lebih 26 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam untuk sampai ke lokasi wisata alam ini.

Sementara, untuk rute menuju ke wisata Posong, jika datang dari Semarang bisa mengambil jalur ke Pantura Semarang-Yogyakarta lewati Bawen, Ambarawa, dan terakhir perempatan Secang. Dari sana, Anda belok ke kanan dan ikuti jalan ke Alun-Alun Kota Temanggung.

Sementara, jika Anda datang dari Yogyakarta bisa mengambil jalan ke Yogyakarta-Semarang, lewat Magelang dan terakhir di perempatan Secang. Setelah itu, Anda belok kiri dan ikuti jalan utama/aspal sampai ke Alun-Alun Kota Temanggung.

Jika sudah sampai ke Alun-Alun Kota Temanggung, ambilah arah ke Wonosobo lewat Parakan. Tiba di pasar Parakan, ambil arah lurus dengan jalan yang menanjak hingga Kecamatan Keledung. Lalu, ikutilah jalan ke Wonosobo sekitar 5-7 km, maka setelahnya Anda akan temukan gerbang masuk dan juga TPT wisata Posong yang ada di kanan jalan.

Tips Berwisata di Wisata Alam Posong

Wisata Alam Posong

Agar liburan Anda lebih berkesan, menyenangkan, dan bisa sampai dengan selamat ke tujuan serta meminimalisir semua kemungkinan buruk, sebaiknya Anda menyimak sejumlah tips wisata ini.

  • Setelah sampai ke gerbang loket Anda perlu melanjutkan perjalanan lewat jalanan menanjak dan bebatuan. Selain itu jalannya cukup santai.
  • Sampai Kecamatan Kledung, Anda perlu sangat waspada karena jalur terdapat cukup banyak belokan tajam rawan kecelakaan.
  • Pihak pengelola wisata belum sediakan sewa tenda dan perlengkapan camping, maka sebaiknya Anda membawa sendiri dari rumah jika ingin berkemah.
  • Bawa dan kenakan pakaian yang hangat dan tebal, penutup kepala, kaos kaki, sarung tangan, sepatu yang nyaman, dan celana training. Sebab udara di Posong sangat dingin.
  • Pengunjung disarankan datang saat musim kemarau, karena saat musim penghujan kondisi wisata berkabut dan sulit temukan momen sunrise dan sunset yang indah. Tak hanya itu, saat musim hujan medan jalan ke wisata Posong pun cukup licin dan berbahaya.
Baca Juga :  Review Wisata Camping Bumi Perkemahan Bedengan Malang

Nah, demikianlah informasi singkat mengenai wisata alam Posong Temanggung. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari referensi tempat-tempat wisata keren di daerah Temanggung.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info