Minggu, 29 Desember 2019

Candi Arjuna Dieng, lokasi tepat nikmati pergantian tahun

Candi Arjuna Dieng






Berbagai Spot foto instagramable bisa kalian ciptakan di tempat wisata Candi Arjuna dataran tinggi Dieng dan Usahakan kalau ke tempat wisata ini datang lebih pagi antara pukul 4 pagi sampai dengan pukul 9 siang
Liburan panjang adalah salah satu hal yang paling membahagiakan dalam kehidupan ini apalagi kalau kita Mengisi waktu liburan ini untuk berlibur bersama keluarga ataupun pasangan kita.

Berlibur di tempat yang dingin merupakan salah satu tujuan wisata yang sangat favorite apalagi tempat itu menyajikan beragam wahana seru seperti hujan salju ataupun Spot foto selfie yang begitu mengagumkan.

Kali ini topwisata akan mereferensikan tempat wisata yang sangat bagus bagi kalian untuk mengisi liburan panjang agar tahun ini yaitu mengunjungi tempat wisata Candi Arjuna di dataran tinggi Dieng.

Dataran tinggi Dieng ini memang terkenal dengan memiliki suhu udara yang fantastis bahkan saat musim dingin suhu di dataran tinggi Dieng ini bisa mencapai 0 derajat Celcius. Dan kita tidak heran jika di dataran tinggi Dieng ini sering terjadi hujan salju.

Dataran Tinggi Dieng adalah kawasan vulkanik aktif di Jawa Tengah, yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letaknya berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Dieng memiliki Ketinggian rata-rata adalah sekitar 2.000 m di atas permukaan laut.

Nah berlibur di Candi Arjuna dataran tinggi Dieng ini merupakan salah satu tujuan favorit wisatawan yang berada di Jawa Tengah ya karena dengan nuansa edukasi dan suasana alam yang begitu bagus tempat wisata ini sangat cocok untuk liburan kalian.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang tempat wisata Candi Arjuna dataran tinggi Dieng yuk simak ulasan top wisata berikut.

Lokasi wisata Candi Arjuna Dieng


Lokasi wisata Candi Arjuna Dieng ini terletak di alamat Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah 53456.

Tempat wisata Candi Arjuna Dieng ini adalah secara administratif masuk wilayah Kabupaten Wonosobo meskipun secara kasat mata Jika dilihat dari peta wilayahnya masuk ke dalam lingkup Kabupaten Banjarnegara. rute termudah dan terdekat untuk mencapai Dieng adalah dari Kabupaten Wonosobo.

Tempat wisata Candi Arjuna Dieng ini bisa kalian tempuh dengan menggunakan kendaraan umum yang ada di terminal Wonosobo. Untuk kalian yang menggunakan jasa kendaraan umum sebaiknya kalian sampai di terminal Wonosobo ini sebelum pukul jam 16 sore. Karena saat itu adalah kendaraan terakhir untuk mengangkut penumpang. 

Kalian akan menempuh waktu 1 jam perjalanan dari terminal Wonosobo menuju tempat wisata Candi Arjuna Dieng.

Harga tiket masuk dan jam buka wisata Candi Arjuna Dieng


Bagi kalian yang ingin mengunjungi tempat wisata Candi Arjuna Dieng ini berikut adalah harga tiket masuknya :

Harga Tiket
Tiket masuk Candi Arjuna Rp 5.000 per orang. Harga tiket masuk Candi Arjuna Dieng ini tidak ada perubahan itu hari libur ataupun hari biasa dan juga high season atau libur panjang.

Jam buka wisata Candi Arjuna Dieng ini mulai pukul 00.00 - 24.00. Atau dalam arti buka 24 jam ya.

Menikmati sensasi wisata Candi Arjuna Dieng


Candi Arjuna adalah salah satu Candi Bangunan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno. Terletak di ketinggian 2000 m diatas permukaan laut membuat Candi Arjuna ini memiliki suhu udara yang begitu rendah alias sangat dingin sekali.

Bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi tempat wisata ini harus siap dengan perbekalan untuk menghangatkan tubuh karena Hawa dingin dataran tinggi Dieng ketika pagi atau malam hari sangat menusuk saraf dan tulang.

Berdasarkan catatan sejarah, Kompleks Candi Arjuna merupakan candi tertua di tanah Jawa. Diperkirakan kompleks candi ini dibangun pada awal abad ke-9 Masehi. Hal ini diperkuat dengan bukti penemuan sebuah prasasti dengan aksara jawa kuno pada sekitar tahun 731 Caka (tahun 809 masehi) dan menjadi prasasti tertua yang disimpan di Galeri Museum Nasional, Jakarta.

Candi Arjuna ini juga memiliki Spot foto instagramable ya karena ketika kalian mengunjungi tempat wisata ini terdapat 5 bangunan candi yang berjajar lurus dari sisi Utara ke selatan.

Candi-candi tersebut memiliki ketinggian dan bentuk ukuran yang berbeda-beda mungkin kurang lebih setinggi 5 meter saja. Jadi kalian bisa menikmati sensasi Spot foto di sini dengan landscape pemandangan pegunungan yang indah dan berjajar candi candi Arjuna.

Kelima candi tersebut antara lain adalah Candi Arjuna sendiri sebagai candi utama, Candi Semar yang letaknya berhadapan langsung dengan candi utama. Kemudian berjajar berurutan hingga ke utara terdapat Candi Srikandi, Candi Sembadra, dan Candi Puntadewa.

Di sekeliling candi terdapat jalur bebatuan kerikil yang difungsikan sebagai jalur bagi umat Hindu yang sedang bersembahyang untuk berkeliling mengitari candi.

Jadi kalian yang mengunjungi tempat wisata Candi Arjuna ini tidak hanya bisa menikmati sensasi pemandangan yang indah di dataran tinggi Dieng saja Kalian juga bisa mempelajari edukasi sejarah asal muasal Candi Arjuna ini.

Kalian bisa beraktivitas apa saja asalkan tidak mengganggu ketentraman orang lain serta tidak merusak tatanan candi Arjuna. Candi Arjuna ini merupakan Kompleks candi yang begitu indah dengan suasana sekeliling yang sejuk hijau dan asri fasilitas untuk pejalan kaki di Kompleks Candi Arjuna ini cukup baik untuk kalian lalui serta bersua foto.

Di sepanjang jalan jalan kalian di Kompleks Candi Arjuna ini kalian akan menikmati sajian bunga dandelion yang tumbuh di halaman candi.



Apabila kalian ingin mendapatkan foto yang instagenic ada baiknya kalian datang ke tempat wisata Candi Arjuna ini pada pukul 4 pagi sampai dengan pukul jam 9 pagi karena di saat itu embun pagi sedang menyelimuti semua candi-candi dan sinar matahari pun masih malu-malu bersinar.

Dijamin deh dengan kamera apapun kalian akan mendapatkan sensasi foto Instagram yang luar biasa untuk segera diupload di media sosial kalian.

Jika kalian ingin menikmati berwisata di Candi Arjuna Dieng ini dengan maksimal ada baiknya kalian datang ke tempat wisata ini pada pertengahan tahun antara bulan Juli atau pun bulan Agustus. Dieng Culture Festival akan memanjakan para wisatawan yang datang.

Biasanya dilakukan pada hari jumat sampai minggu, dan sebagai acara inti ada prosesi pemotongan rambut anak gimbal. Acara ini biasa dilangsungkan pada pertengahan tahun, sekitar bulan Juli atau awal Agustus. Satu hal yang menarik dari acara ini adalah pesta kembang api serta penerbangan lampion yang meriah. Inilah salah satu festival di Indonesia yang layak kamu saksikan.

Spot foto instagramable Candi Arjuna Dieng



Pagi-pagi bisa langsung jepret-jepret Candi Arjuna dataran tinggi Dieng


Raisa aja ke dataran tinggi Candi Arjuna Dieng Masa kalian tidak ?

Bagaimana top wisata lovers Apakah kalian tertarik untuk mengunjungi Candi Arjuna di dataran tinggi Dieng ?



TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA
Disqus Comments