Selasa, 18 Februari 2020

SETIGI sekapuk, Bukit Kapur Jadi Wisata Instagramable

Wisata SETIGI sekapuk Gresik


Gresik merupakan salah satu kabupaten yang support pusat perekonomian di Jawa Timur selain ibukota Surabaya. Tidak jarang banyak sekali lalu lalang kendaraan besar di sepanjang jalan Manyar Gresik.

Selama ini pula, jarang sekali terlihat munculnya wisata-wisata alam baru gresik yang sangat potensial. Namun, hal itu terjawab sudah dengan munculnya wisata baru di Gresik yaitu wisata Setigi Sekapuk yang terletak di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik.

Sensasi berwisata di Setigi Sekapuk ini menawarkan sensasi perpaduan keindahan alam dengan wahana-wahana kekinian, sehingga memberikan sensasi berswafoto yang instagramable bagi para pengunjungnya.

Dulunya tempat wisata Setigi ini adalah lokasi tandus dan banyak sekali sampah berserakan. Memang warga sekitar banyak yang kurang paham tentang potensi alam di Sekapuk ini, sehingga mereka membuang sampah seenaknya di tempat ini.

Namun di tahun 2018, melihat potensi wisata yang begitu besar. Maka kepala desa Sekapuk Abdul Halim, mendorong warganya untuk membersihkan sampah dan tidak lagi membuang sampah disini.

Lahan seluas 1,5 hektar ini berhasil disulap menjadi tempat wisata yang instagramable banget. Dengan menelan anggaran sebesar Rp 2 Miliar, dimana biaya tersebut tidak sepenuhnya menyusu ke anggaran pemerintah.

Biaya untuk membangun tempat wisata Setigi Sekapuk ini berasal dari  iuran warga lo, dengan rincian dana desa untuk paving Rp 222 juta, dan sisanya adalah investasi masyarakat melali taplus. Jadi setiap hari warga yang ikut investasi bayar Rp 8.000, dan dana ini yang kami gunakan untuk membangun," ucap Halim.

Nah, jika kalian tertarik dan ingin mengunjungi wisata Setigi Sekapun gresik ini. Yuk simak ulasan topwisata berikut.

Lokasi wisata Setigi Sekapuk


Lokasi wisata Setigi Sekapuk ini terletak di alamat  Sekapuk, Slolok, Sekapuk, Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61154.

Lokasinya memang terlihat lumayan jauh dari pusat kota gresik, yaitu kurang lebih 30 kilometer dari exit tol manyar gresik. Para pengunjung untuk mencapai lokasi wisata Setigi Sekapuk ini bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Dengan menempuh jarak sejauh 30 kilometer atau membutuhkan waktu perjalanan 1 jam melalui jalan manyar. Kalian akan sampai di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik.

Perjalanan menuju ke tempat wisata Setigi Sekapuk ini sangatlah padat saat jam-jam kerja ( Senin - Jumat jam 9 - 15 ), karena banyak sekali aktivitas lalu lalang kendaraan besar di pelabuhan internasional gresik.

Sebaiknya, jika kalian ingin mengunjungi wisata Setigi sekapuk ini pada hari sabtu atau minggu saja, karena waktu itu aktivitas kendaraan besar sudah mulai reda.

Jika kalian masih bingung dengan lokasi pasti tempat wisata Setigi Gresik ini, tenang saja, topwisata akan bagikan link lokasinya kok. https://goo.gl/maps/4YeVJk1DS6rCWgRz6

Harga tiket masuk dan Jam buka wisata Setigi Sekapuk Gresik


Harga tiket masuk ke tempat wisata Bukit Kapur Setigi sekapuk gresik ini terbilang masih sangat terjangkau ya, karena para pengunjung hanya membayar Rp 15.000 saja sekali masuk, dan kalian sudah bisa menikmati berbagai wahana seru di dalamnya.

Harga tiket masuk untuk anak-anak dibandrol berbeda dengan dewasa, yaitu Rp 10.000 saja per anak. Disamping biaya tiket masuk, para pengunjung juga dikenakan biaya lain seperti parkir kendaraan, untuk roda dua Rp 5.000 dan roda empat Rp 10.000.

Ada juga wahana lainnya yang bisa kalian nikmati disini seperti wahana atv dan motor mini trail, hanya dengan mengeluarkan Rp 25.000 saja, sudah bisa muter-muter area Setigi sekapuk ini.

Memang, tempat wisata Setigi sekapuk ini diluar ekspetasi topwisata. Biasanya tempat wisata bekas tambang kapur itu dibangun tidak semegah dan selengkap tempat wisata di setigi gresik ini.

Banyak sekali spot-spot keren yang layak untuk diabadikan, memang harapan kami adalah terus dipercantik lagi suasana didalam tempat wisata Setigi sekapuk ini dengan menanam ratusan pohon. Supaya tempat ini tampak rindang dan tidak panas kalau siang hari.

Kemudian jam buka wisata SETIGI sekapuk gresik ini mulai pukul 07.00 - 17.00 dan buka setiap hari. Biasanya para pengunjung menghabiskan waktunya di tempat wisata setigi sekapun ini kurang lebih 1,5 jam.

Jam kunjung wisatawan paling populer antara pukul 15.00 - 16.00. Kenapa sangat populer di jam tersebut, karena disaat itu matahari tidak begitu terik dan suasana spot foto sunset yang sangat indah, menjadikan waktu-waktu itu sangat padat para pengunjung.

Maka dari itu, jika kalian ingin mengunjungi tempat wisata ini, ada baiknya hindari jam-jam kunjungan paling populer wisatawan lain. Agar kalian bisa mengabadikan momen disini dengan leluasa.

  1. Harga tiket masuk dewasa Rp 15.000
  2. Harga tiket masuk anak-anak Rp 10.000
  3. Biaya Parkir Rp 10.000 roda empat
  4. Biaya Parkir Rp 5.000 roda dua
  5. Sewa wahana adventure Rp 25.000


Apa saja yang menarik di wisata SETIGI sekapuk gresik


Seperti yang sudah saya bahas diatas, bahwa tempat wisata Bukit Kapur SETIGI sekapuk ini menawarkan sensasi keindahan alam di areal penambangan. Dimana didalamnya terdapat berbagai macam wahana seru mulai dari spot foto sampai fasilitas-fasilitas yang disediakan pihak pengelola.

Nah, jangan sampai ketinggalan untuk mengunjungi keseruan tempat wisata setigi ini ya.

Landscape wisata penambangan SETIGI Sekapuk


Pemandangan yang luar biasa di tempat wisata ini, perpaduan dari tebing-tebing hasil galian tambang kapur yang dipadukan dengan pernak-pernik menarik dari tempat wisata ini. Saya rasa tempat wisata SETIGI sekapuk ini akan menjadi sangat populer dikemudian hari.

Pemandangan yang begitu indah juga tersaji ketika sore hari, ketika matahari mulai sayup-sayup turun. Kalian bisa memanfaatkan potensi ini untuk berswafoto selfie dengan berbagai spot yang ada.

Hamparan kebun bunga mini juga menjadi hiasan cantik wisata SETIGI sekapun gresik ini.

Lebih indah lagi, kalau tempat wisata ini ditanami ratusan pohon, agar lebih indah dan menyejukan di kemudian hari.

Baca Juga Wisata Gresik Lainnya :

Spot Foto Selfie yang Instagramable


Selain menyajikan pemandangan yang spektakuler indahnya, ternyata tempat wisata SETIGI sekapuk gresik ini juga memiliki beragam spot foto instagramable lo, dan pastinya semua itu gratis ya.

Mulai dari spot foto di dekat danau sekapuk, spot foto di I Love Sekapuk, spot foto di rumah dayak, spot foto di replika patung, spot foto di goa penambangan dan masih banyak lagi wahana spot foto instagramable disini.

kemungkinan dalam waktu tiga bulan lagi, tempat wisata SETIGI sekapuk ini bakalan tambah ramai karena banyak sekali pengembangan-pengembangan wisata baru disini.

Wahana Adventure


Wisata SETIGI sekapuk ini juga memiliki wahana adventure yang tidak kalah seru dengan tempat wisata lainnya lo, yaitu wahana menjelalah sekapuk dengan ATV dan motor trail.

Kalian hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 25.000 saja untuk bisa menikmati wahana adventure yang menarik ini.

Tidak lupa, ajak keluarga ataupun anak untuk ikut menikmati wahana ini ya, karena kalau rame-rame bakalan seru nih.

Fasilitas wisata


Meskipun tergolong tempat wisata baru, SETIGI sekapuk ini memiliki fasilitas umum yang lengkap lo. Mulai dari area Food Court yang menawarkan sajian makanan dan minuman lengkap disini, tidak luput juga makanan khas gresik Nasi Krawu juga ada disini lo.

Kemudian fasilitas lain seperti tempat parkir, toilet, area free wifi, mushola, gazebo semuanya juga sudah ada di tempat wisata keren ini. Meskipun masih dalam proses pembangunan, namun sudah cukup menarik dan recomended sbg tempat  wisata keluarga.

Sbg masukan bagi pengunjung sebaiknya  datang pada waktu pagi atau sore hari karena siang hari udara sangat panas sekali meskipun musim hujan. Jika kalian tetap ingin datang kesini waktu siang hari, jangan lupa bawa payung dan krim sinar matahari ya.


Galeri Foto Bukit Kapur Setigi Sekapuk Gresik










Nah, gimana topwisata lovers tentang pembahasan wisata SETIGI sekapuk gresik ini. Apakah kalian berminat mengunjungi tempat wisata ini di liburan kalian nanti ?




TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA
Disqus Comments