10 tempat wisata Surabaya yang harus kamu tahu

10 Tempat Wisata di Surabaya yang Wajib Dikunjungi


Kota Surabaya adalah kota kedua terbesar di Indonesia memiliki kesibukan arus lalu lintas yang sangat padat, bagi Anda yang tinggal di Surabaya pasti sangat tahu dengan keseharian lalu lintas Surabaya yang begitu padat, bahkan kemacetan hampir dirasa setiap hari.


Namun sisi lain Surabaya juga memiliki destinasi wisata alam dan hiburan yang sangat bagus dan indah, apa saja wisata itu top wisata akan membahas wisata unggulan Kota Surabaya, mulai dari :

1. Taman Bungkul

Taman Bungkul
Taman Bungkul

Taman Bungkul adalah wisata buatan yang terletak di jantung Kota Surabaya, lokasinya sangat mudah ditemukan karena berada di jalan Darmo Wonokromo.

Wisata Bogor ini dulunya adalah wisata religi yaitu tempat ziarah ke makam Kyai Ageng Suro atau dikenal dengan sunan Bungkul. Namun dengan sentuhan pemerintah yang begitu baik lokasi tersebut disulap menjadi taman wisata rakyat dengan fasilitas yang cukup lengkap.

Fasilitas-fasilitas Taman Bungkul yang disediakan oleh Pemkot seperti ayunan anak-anak perosotan dan area jungkat-jungkit, tidak luput pula area skateboard dan jalur jogging juga ada. Di tengah-tengah Taman Bungkul ini juga terdapat panggung teater dan biasanya juga ada pagelaran musik setiap akhir pekan. Di area Taman Bungkul ini juga disediakan jaringan wifi gratis untuk para pengunjung dan Keran air minum.

Area wisata Taman Bungkul Biasanya banyak dikunjungi wisatawan pada akhir pekan atau hari libur nasional. Tua muda laki perempuan Semuanya berkumpul di taman wisata Bungkul untuk menikmati suasana di kota Surabaya.

2. Hutan Bambu dan Taman Harmoni Keputih

Hutan Bambu dan Taman Harmoni Keputih

Hutan bambu dan taman Harmoni Keputih ini terletak di Jalan Raya Marina Asri Keputih. Pengunjung biasanya menghabiskan waktu untuk berfoto selfie, karena background pemandangan ini hampir sama dengan wisata di Asia Timur.

Banyak juga wisatawan yang berkunjung ke sini untuk kegiatan pra wedding

Hutan Bambu dan Taman Harmoni Keputih

Tidak perlu jauh-jauh ke Asia Timur untuk berfoto dengan latar belakang bambu yang memesona. Datang saja ke hutan yang terletak bagian timur Kota Surabaya, yaitu di Jl. Raya Marina Asri, Keputih. Banyak pengunjung yang datang ke tempat wisata di Surabaya ini untuk jalan-jalan, bersantai, bahkan untuk pemotretan pranikah. Di tempat wisata yang satu ini, kamu bisa mendapatkan foto yang Instagramable secara cuma-cuma.

Setelah menyusuri Hutan Bambu, cobalah menuju Taman Harmoni yang berada di belakang Terminal Keputih. Suasananya tidak kalah rindang dan ada banyak bunga yang indah. Tempat ini sangatlah sesuai untuk jogging dan olah raga pada pagi hari, apalagi ditambah dengan adanya area refleksi kaki yang dapat menyehatkan tubuh.

Jangan ragu membawa buah hati ke tempat wisata di Surabaya yang satu ini. Di sini, mereka tidak akan merasa bosan. Sebab, ada arena anak-anak yang dilengkapi bermacam permainan.

3. Kebun Bibit Wonorejo

Kebun bibit Wonorejo
Kebun bibit Wonorejo

Kebun bibit Wonorejo adalah salah satu wisata edukasi tentang kembang biak bibit berbagai jenis tanaman yang akan ditanam di seluruh penjuru Kota Surabaya.

Kebun bibit woonosari adalah wisata edukasi kebun bibit kedua, karena kebun bibit pertama adalah Taman Flora di daerah Bratang.

Di kebun bibit Wonorejo tidak hanya wisata edukasi tentang tanaman tetapi di dalamnya ada area bermain anak seperti climbing anak ,zona refleksi kaki Danau Telaga kecil ,rumah kompos dan sentra wisata kuliner

Kota Surabaya memang memiliki suhu yang panas dikala siang hari , Tetapi ketika wisatawan masuk ke dalam kebun bibit Wonorejo udara segar akan terasa, ditambah lagi di dalamnya terdapat beberapa ekor satwa Seperti Rusa dan bebek.

Untuk masuk ke Taman Wisata Kebun Bibit Wonorejo pengunjung tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis dan jam buka wisata Kebun Bibit Wonorejo dari pukul 08.00 pagi sampai pukul 04.00 sore.

4. Taman Prestasi
Taman Prestasi Surabaya
Taman Prestasi Surabaya

Nama Taman Prestasi Surabaya berasal dari banyaknya penghargaan yang diraih kota Surabaya dalam berbagai hal. Lokasi wisata Taman Prestasi ini terletak di Jalan Ketabang Kali nomor 6 genteng.

Para pengunjung tidak dikenakan biaya masuk ke dalam Taman Prestasi alias gratis, fasilitas yang didapat para pengunjung Taman Prestasi termasuk jaringan wifi dan berbagai macam permainan anak dan dewasa.

 Destinasi wisata andalan Taman Prestasi adalah naik perahu motor menyusuri Sungai Kalimas di wisata kali ini para pengunjung akan dikenakan biaya Rp4.000 per orang dan gratis untuk anak dibawah 2 tahun.

Wisata perahu motor ini dibuka mulai 06.00 sore sampai 9 malam di hari Sabtu dan pukul 07.00 pagi sampai 12.00 siang di hari Minggu. Dengan menaiki perahu motor ini wisatawan bisa melihat keindahan malam Kota Surabaya dengan kerlap kerlip lampu malam yang indah.

5. Pantai Ria Kenjeran Park
Pantai Ria Kenjeran
Pantai Ria Kenjeran

Pantai Ria Kenjeran merupakan pusat wisata bahari di Kota Surabaya yang begitu dikenal masyarakat. Kasih Pantai Kenjeran ini terletak 1 km timur laut dari pusat Kota Surabaya.

Tiket masuk kawasan Pantai Kenjeran ini dipatok seharga Rp15.000 per orang sedangkan parkir kendaraan dipatok Rp8.000 per kendaraan.

Dengan harga Cuma Rp15.000 pengunjung bisa Menikmati keindahan laut Timur Surabaya dan juga bisa melihat sunrise dan sunset di kawasan Indah Pantai Kenjeran. Pasir Pantai Kenjeran yang begitu indah bisa membuat ide ide untuk membangun miniatur bangunan. Di area wisata Pantai Kenjeran pengunjung juga bisa menikmati bangunan-bangunan besar bersejarah, seperti bangunan candi yang merupakan replika Temple Of Heaven di Tiongkok serta Buddha catur muka seperti bangunan di Thailand dan patung dewi Kwan In setinggi 20 meter yang begitu megah.

Di dalam kawasan Indah Pantai Kenjeran terdapat berbagai destinasi wisata lain termasuk area berkuda, kolam pemancingan ,arena Gokart dan taman bermain anak, untuk biaya masuk rata-rata pengunjung dikenakan biaya Rp25.000 per orang

Jangan lupa ketika berkunjung ke wisata Indah Pantai Kenjeran untuk sempatkan berfoto di jembatan Suroboyo dengan latar belakang Kampung warna-warni Bulak.

6. Ekowisata Mangrove
Ekowisata mangrove
Ekowisata mangrove

Ekowisata mangrove kembali gencar dibangun oleh Walikota Surabaya supaya bisa menghambat derasnya air laut yang bisa menyebabkan abrasi daratan. Namun ternyata ide tersebut juga bisa membuat wisatawan datang berkunjung ke ekowisata Mangrove Surabaya.

Pengunjung yang datang biasanya ingin Menikmati keindahan hutan mangrove dari dekat. Lokasi wisata hutan mangrove ini terletak di Jalan Raya Wonorejo Rungkut dan dibuka mulai pukul 08.00 pagi sampai 4 sore.

Para pengunjung dikenakan tarif Rp25.000 untuk dewasa dan Rp15.000 untuk anak kecil , para pengunjung sudah bisa menikmati hijau dan indahnya hutan mangrove menggunakan perahu motor serta menyusuri jalan yang terbuat dari kayu pinus.

7. Kebun Binatang Surabaya
Wisata edukasi Kebun Binatang Surabaya
Wisata edukasi Kebun Binatang Surabaya

Wisata edukasi Kebun Binatang Surabaya adalah salah satu wisata paling lama yang dibangun di Surabaya dan wisata ini mampu menjadi icon kebun binatang terbesar di Indonesia kala itu.

Lokasi kebun binatang Surabaya ini terletak di Jalan setail No 1 Darmo Wonokromo dan untuk harga tiket masuk Kebun Binatang Surabaya dipatok Rp15.000 pada hari kerja dan Rp20.000 saat weekend. Jam buka Kebun Binatang Surabaya mulai pukul 08.00 pagi sampai jam 05.00 sore.

Koleksi satwa yang ada di Kebun Binatang Surabaya ini terdapat begitu lengkap karena memiliki 351 Jenis satwa dan membuatnya menjadi kebun binatang terbesar di Asia Tenggara.

Pada tahun 2018 ini penataan ulang Kebun Binatang Surabaya begitu bagus , karena pemandangan asri dan penataan satwa yang  rapi membuat para pengunjung tidak kebingungan pada saat berkunjung di Kebun Binatang Surabaya.

8. Taman Hiburan Rakyat (THR)
Taman hiburan rakyat surabaya
Taman hiburan rakyat surabaya

Taman hiburan rakyat surabaya ini terletak di dekat Taman Makam Pahlawan dan HiTech Mall Tepatnya di Jalan Kusuma Bangsa no 116-118 Tambaksari Surabaya.

Taman Hiburan Remaja Surabaya ini merupakan pusat wisata murah meriah dan di dalamnya terdapat berbagai macam permainan yang sangat lengkap termasuk, kereta api mini , Rollercoaster, komedi putar rumah hantu, bombomkart dan masih banyak lagi

Harga tiket masuk Taman Hiburan rakyat ini dipatok Rp15.000 dan apabila para pengunjung ingin menikmati Wahana lain bisa mengeluarkan uang tambahan sekitar Rp5.000 sampai Rp30.000 per wahana.

9. Monumen Kapal Selam (Monkasel)
Wisata edukasi Monumen Kapal Selam
Wisata edukasi Monumen Kapal Selam

Wisata edukasi Monumen Kapal Selam ini adalah memang benar kapal selam sungguhan yaitu bernama KRI Pasopati 410 yang dulu ikut dalam peristiwa bersejarah pembebasan Irian Jaya Barat.

Kapal selam Pasopati ini sudah sangat Tertinggal dalam hal teknologi maka dari itu pihak TNI ingin menunjukkan sejarah kapal selam Pasopati ini kepada masyarakat dengan membangun Monumen Kapal Selam di Surabaya.

Para pengunjung bisa masuk ke dalam kapal selam ini dan melihat kecanggihan teknologi kapal selam kala itu. Ada juga salah satu ruangan yang menampilkan audio visual visual film dokumentasi tentang sejarah kapal selam ini.

Monumen Kapal Selam ini buka dari jam 08.00 pagi sampai jam 08.00 malam dan buka pada hari Senin sampai dengan Jumat. Harga tiket masuk Monumen Kapal Selam ini dipatok Rp10.000 saja.

10. Museum Surabaya
Museum Surabaya
Museum Surabaya

Museum Surabaya adalah salah satu bangunan yang menyimpan sejarah Surabaya dari tempo dulu sampai dengan sekarang. Di dalamnya terdapat berbagai macam gambar kondisi Surabaya pada waktu itu.

Lokasi museum Surabaya ini terletak di Jalan Tunjungan kecamatan Genteng dan di sekitar museum Surabaya ini terdapat sentra UKM masyarakat.

Barang-barang yang terdapat di dalam Museum Surabaya ini seperti meriam perang , replika biola milik WR Supratman dan meja kursi di tahun 1950. Tidak hanya itu di dalam Museum Surabaya ini juga ada pokok administrasi kependudukan pada zaman dulu.

Jam buka museum Surabaya ini dimulai pukul 09.00 pagi sampai 9 malam dan pengunjung tidak dikenakan tarif apapun atau gratis.

TOPWISATA.INFO
INFO TOP UNTUK ANDA

Related Posts

10 tempat wisata Surabaya yang harus kamu tahu
5/ 5
Oleh