Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Ayam Cah Jamur yang Mudah dan Praktis Memasaknya untuk Lauk Makan

Resep Ayam Cah Jamur yang Mudah dan Praktis Memasaknya untuk Lauk Makan

Ayam Cah Jamur1 (1)

Resep ayam cah jamur

Resep ayam cah jamur menjadi menu lauk yang praktis untuk Anda masak karena tidak begitu sulit. Bukan hanya tidak begitu sulit menyiapkan bahan-bahan yang digunakan saja, tetapi juga cara memasaknya.

Meskipun sederhana, tetapi rasanya tetap mantul dan sangat cocok dijadikan menu lauk untuk sarapan pagi, makan siang, hingga makan malam.

Anda sekalian yang terlalu sibuk dengan aktifitasnya masing-masing, tetapi harus tetap memasak di rumah. Ayam cah jamur menjadi salah satu yang direkomendasikan.

Oleh karenanya, silahkan Anda coba sekarang juga dengan terlebih dulu membaca resep ayam cah jamur selengkapnya berikut. Semoga bermanfaat.

Bahan dan bumbu

  1. 250 gram daging ayam segar bagian dada atau paha tanpa tulang
  2. 1 sendok teh kecap asin
  3. 1 sendok makan minyak wijen
  4. 3 siung bawang putih dihaluskan (untuk marinasi)
  5. 3 siung bawang putih diiris putih (untuk ditumis)
  6. 200 gram jamur merang
  7. 3 sendok makan kecap manis
  8. 1 sendok makan saus tiram
  9. 1 sendok teh kaldu jamur
  10. ½ sendok teh merica bubuk
  11. 2 batang daun bawang dipotong kecil
  12. 5 buah cabai rawit merah atau sesuai selera dipotong kecil
  13. 2 sendok makan margarin untuk menumis
  14. Air matang secukupnya
Baca Juga :  Ayam Panggang Oven Ala Restoran, Mudah dan Lezat

Cara memasak ayam cah jamur

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep ayam cah jamur dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ayam yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Lalu, dipotong-potong ukuran sedang atau sesuai selera Anda.
  2. Masukkan semua potongan ayam ke dalam baskom bersih, lalu beri kecap asin, minyak wijen, dan bawang putih. Aduk merata dan masukkan ke dalam kulkas sekitar 30 menit.
  3. Bersihkan juga semua jamur merah yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Lalu, potong masing-masing jamur menjadi dua bagiah. Sisihkan dulu.
  4. Setelah 30 menit, keluarkan ayam dari kulkas. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri margarin untuk menumis. Setelah panas dan meleleh, tumis bawang putih hingga harum.
  5. Masukkan semua ayam yang sudah dimarinasi dan masak hingga berubah warna. Lalu, tambahkan kecap manis dan aduk merata.
  6. Masukkan semua jamur merang dan bumbui dengan saus tiram, merica bubuk, dan kaldu jamur. Aduk merata lagi.
  7. Tuangkan air secukupnya dan kecilkan api kompor. Setelah itu, masukkan potongan cabai dan daun bawang. Masak hingga mendidih dan pastikan ayam sudah empuk dan matang.
  8. Silahkan mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah sesuai selera dan matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  9. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu tuangkan masakan ayam cah jamur yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng agar masakannya lebih sedap. Jangan lupa menyiapkan nasi putih sesuai selera sangat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Nasi Goreng, Cocok Bagi Pecinta Pedas

Setelah membaca dan mengetahui beberapa langkah memasak resep ayam cah jamur diatas, Anda bisa mempraktikkannya di rumah sekarang juga. Jika sudah matang, ajak seluruh keluarga dan orang terdekat untuk mencicipinya.

Lihat video membuat Ayam Cah Jamur

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan