Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep membuat Tempe Goreng Kecap, Cocok buat vs Nasi Sebaskom

Resep membuat Tempe Goreng Kecap, Cocok buat vs Nasi Sebaskom

Resep membuat Tempe Kecap (2)

Resep membuat Tempe Kecap

Langkah-langkah membuat Tempe Kecap

  1. Langkah pertama dalam membuat kecap tempe adalah menyiapkan tempenya. 
  2. Iris tipis bawang merah, bawang putih, dan cabai, lalu goreng tempe hingga tidak kering. 
  3. Sisihkan tempenya. Selanjutnya tumis irisan bawang bombay, bawang putih, dan cabai hingga harum[1].
  4. Langkah kedua adalah membuat bumbu. campurkan tepung terigu, tepung maizena, bawang putih, kemiri, kunyit, ketumbar, lengkuas, dan garam. Kupas bawang merah dan bawang putih, cincang halus bersama cabai, lalu tumis dengan minyak hingga harum. Kemudian tambahkan air dan garam pada bumbu yang telah ditumis, lalu didihkan [2].
  5. Langkah terakhir adalah memfermentasi tempe bersama kecap. Goreng tempe hingga agak kering lalu tiriskan. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum, lalu masukkan semua cabai dan daun salam[3]. 
  6. Masukkan tempe goreng ke dalam tumisan bumbu, lalu tuang kecap. Masak adonan hingga kecap terserap oleh tempe, dan tempe berubah warna menjadi coklat tua. 

Secara ringkas langkah-langkah pembuatan kecap tempe adalah sebagai berikut: 

  1. Siapkan tempe dengan cara iris tipis bawang merah, bawang putih, dan cabai, lalu goreng tempe hingga tidak kering. Sisihkan tempenya. 
  2. Buat bumbu dengan mencampurkan tepung terigu, tepung maizena, bawang putih, kemiri, kunyit, ketumbar, lengkuas, dan garam. Tumis irisan bawang bombay, bawang putih, dan cabai hingga harum, lalu tambahkan air dan garam pada bumbu tumis, lalu masak hingga mendidih. 
  3. Fermentasi tempe bersama kecap dengan cara menumis bawang putih dan bawang merah hingga harum, masukkan semua cabai dan daun salam, masukkan tempe goreng ke dalam bumbu tumis, lalu tuang kecap. Masak adonan hingga kecap terserap oleh tempe, dan tempe berubah warna menjadi coklat tua.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Gunakan Kedelai Berkualitas Tinggi** – Mulailah dengan kedelai berkualitas tinggi untuk memastikan rasa dan tekstur terbaik pada kecap tempe Anda. Carilah kedelai organik atau non-transgenik untuk hasil yang optimal.

Baca Juga :  Resep Tekwan Palembang yang Menggugah Selera

**Jaga Kondisi Fermentasi yang Benar** – Pertahankan suhu yang konsisten sekitar 85-90°F (29-32°C) dan pastikan sirkulasi udara yang baik selama proses fermentasi. Ini akan membantu mendorong pertumbuhan jamur yang bermanfaat dan menciptakan profil rasa yang diinginkan pada kecap.

**Pantau Kemajuan Fermentasi** – Periksa tempe secara rutin selama proses fermentasi untuk memastikan tempe berkembang dengan baik. Carilah jaringan miselium padat yang menutupi biji, yang menandakan fermentasi berhasil.

**Gunakan Lingkungan yang Bersih dan Steril** – Pastikan seluruh peralatan, wadah, dan permukaan yang digunakan dalam proses pembuatan kecap bersih dan disterilkan untuk mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya serta menjamin kualitas dan keamanan produk akhir.

**Eksperimen dengan Waktu Fermentasi Berbeda** – Bereksperimenlah dengan waktu fermentasi yang berbeda untuk menemukan profil rasa yang sesuai dengan preferensi selera Anda. Waktu fermentasi yang lebih singkat dapat menghasilkan rasa yang lebih lembut, sedangkan waktu fermentasi yang lebih lama dapat menghasilkan rasa yang lebih pekat dan kompleks. Ingat, tips berikut ini dimaksudkan untuk memandu Anda dalam proses pembuatan tempe kecap, namun jangan takut untuk bereksperimen dan menyesuaikan resep dengan selera pribadi Anda.

Baca Juga :  Memasak Resep Ayam Bakar Bumbu Ungkep Merica Hitam untuk Lauk Makan Siang Sekeluarga

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Kecap Tempe? A: Untuk membuat Kecap Tempe, Anda membutuhkan tempe, kedelai, air, garam, dan bahan starter seperti ragi atau cuka.

Q: Bagaimana cara menyiapkan tempe untuk pembuatan Kecap Tempe? A: Mulailah dengan mengiris tempe menjadi potongan tipis atau kubus, karena ini akan membantu tempe menyerap kecap lebih baik selama proses fermentasi.

Q: Bisa dijelaskan proses pembuatan kecap untuk Kecap Tempe? A: Untuk membuat kecap, Anda perlu merendam dan memasak kedelai, mencampurkannya dengan air, lalu memfermentasi campuran tersebut dengan kultur starter dan garam untuk menghasilkan kecap yang kaya dan beraroma.

Q: Bagaimana proses fermentasi pembuatan Kecap Tempe? A: Setelah menyiapkan tempe dan kecap, langkah selanjutnya adalah menggabungkan keduanya dan membiarkan campuran terfermentasi selama beberapa waktu, biasanya beberapa hari hingga seminggu, tergantung pada rasa dan kekuatan kecap yang diinginkan.

Q: Apakah Kecap Tempe bisa digunakan untuk masakan, dan jika iya, masakan apa saja yang bisa digunakan? A: Ya, Kecap Tempe merupakan bahan serbaguna yang dapat digunakan dalam berbagai masakan, seperti tumisan, bumbu marinasi untuk daging atau sayuran panggang, dan sebagai penambah rasa pada sup dan semur.

Baca Juga :  Cara mudah bikin Lumpia Basah khas Bandung

Referensi : 

1.   Resep Tempe kecap sederhana oleh Rani.  (n.d.)   Diperoleh January 31, 2024, dari cookpad.com/id/resep/9245618-tempe-kecap-sederhana 

2.   Rincian Resep – Tempe Kecap.  (n.d.)   Diperoleh January 31, 2024, dari www.fatsecret.co.id 

3.   5 Resep Orek Tempe Kecap Praktis yang Enaknya Bikin ….  (n.d.)   Diperoleh January 31, 2024, dari www.fimela.com 

4.   5 Resep Tumis Tempe Kecap Praktis dan Murah Meriah.  (n.d.)   Diperoleh January 31, 2024, dari www.fimela.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan